MEET UP Perdana PKTI: Peserta Antusias, Siap Kembangkan Ide dan Inovasi

MALANG, Formadiksi UM News – Senin (9/4/2019) telah dilaksanakan meet up pertama antara peserta dan mentor Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (PKTI Formadiksi UM) 2019. Kegiatan ini dilaksanakan di Sekretariat Formadiksi UM Gedung G1 Lantai 1. Adapun sebelumnya telah dilaksanakan pendaftaran peserta PKTI pada 4-8 April 2019 lalu.

PKTI sendiri merupakan progam kerja inovasi baru dari kepengurusan Formadiksi UM 2019 untuk mewadahi dan mengembangkan ide-ide serta inovasi Mahasiswa Bidikmisi UM dalam bidang kepenulisan karya tulis ilmiah.

“PKTI merupakan progam kerja baru yang menggabungkan program kerja lama yaitu Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Coaching Clinic dan tahun sekarang ada penambahan inovasi baru yaitu PKTI. Alasan penambahan karena kita melihat kalau dasar dari membuat PKM itu adalah kita harus bisa membuat karya tulis ilmiah, PKM itu merupakan pengembangan dari karya tulis ilmiah. Jadi kita harus menguasai dulu dasarnya itu baru kita bisa membuat PKM,” jelas Rindiani Sholikatun, Ketua Pelaksana PKTI.

Mahasiswa Bidikmisi UM sangat antusias sekali dalam menyambut program kerja PKTI ini. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya peserta yang mendaftar PKTI, namun PKTI sendiri memiliki kuota yang terbatas yaitu hanya untuk 30 Mahasiswa Bidikmisi UM.

“Jumlah pendaftar terakhir yaitu 61 mahasiswa, yang berhasil diterima yaitu 30 mahasiswa dengan 3 tentor. Jadi 1 tentor nanti akan memegang 10 mahasiswa. Kriteria penerimaan peserta yaitu saat peserta melakukan pendaftaran istilahnya siapa cepat dia dapat. Faktor kedua yaitu menyesuaikan KRS, kita juga mengatur apakah peserta itu sesuai dengan KRS dan tidak ada jadwal yang bertabrakan dengan agenda lain,” ungkap Rindi.

Kegiatan PKTI ini mendapatkan sambutan yang baik dari peserta. Yanuar Widisyamsih dan Yesilyn Erwiana dari Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2018 mengungkapkan kesan dan harapannya terhadap pelaksanaan PKTI saat meet up pertama dilaksanakan.

“Kesannya ya menyenangkan mbak, dapat ilmu baru dan ilmu baru. Harapannya semoga PKTI ini bisa memberikan manfaat untuk kita untuk terus berprestasi dan bisa memberikan pengalaman membuat karya tulis yang utamanya,” ujar Yesilyn.

Yanuar juga menambahkan, “Harapannya itu agar bisa membuat karya ilmiah itu menjadi lebih baik, kalau saya sebelumnya kan belum mengerti mungkin bisa belajar di sini.”

Rindi juga berpesan agar peserta PKTI bisa konsisten dalam mengikuti pelatihan ini dari awal hingga akhir karena jika peserta hanya mengikuti di awal saja maka ilmu yang akan diberikan oleh tentor itu tidak bisa diserap dengan baik oleh peserta. Kemudian peserta nanti harapannya juga bisa mengikuti lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Formadiksi UM maupun organisasi-organisasi lainnya. Jadi sebagai Mahasiswa Bidikmisi kita harus ikut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ide-ide yang kita miliki sehingga dapat bermanfaat bagi orang lain, bangsa, dan negara, serta dapat menyelesaikan permasalahan umum yang terjadi di dalam masyarakat.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Nadya Erawati dan Himami Absawati

Editor              : Dewangga Andhika, Nanda Ayu, dan Andy Ihsan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *