Mengenal Seluk Beluk Pendataan Prestasi dan Minat Bakat Tahun 2020

Formadiksi UM News – Divisi Minat dan Bakat (Minbak) merupakan salah satu divisi di Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang menjaring dan mewadahi potensi serta minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2017−2019 dan KIP Kuliah UM angkatan 2020. Oleh karena itu, Divisi Minbak menyelenggarakan program kerja yang dinamakan Pendataan Prestasi dan Minat Bakat. Program kerja ini dahulu bernama Pendataan Prestasi yang telah dilaksanakan selama 4 tahun dan pada tahun ini diberikan tambahan yakni pendataan minat dan bakat.

Bagi teman-teman yang masih bingung tentang apa itu Pendataan Prestasi dan Minat Bakat, Reporter Formadiksi UM News telah berkesempatan untuk mewawancarai Annisa Fitria Nuril Faradise, Ketua Pelaksana Pendataan Prestasi dan Minat Bakat pada Rabu (22/4/2020). Yuk, simak ulasannya!

Latar belakang dilaksanakannya Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

“Hal yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah perlunya merekap data-data prestasi yang diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2017−2019 dan KIP Kuliah UM angkatan 2020 sebagai apresiasi dari pihak kampus dan Formadiksi UM serta perlunya merekap minat dan bakat mahasiswa yang dimiliki penerima Bidikmisi UM (angkatan 2017−2019) dan KIP Kuliah UM (angkatan 2020), yang memang masih memerlukan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat yang dimiliki untuk menciptakan prestasi-prestasi baru,” ungkap mahasiswa Fakultas Sastra yang kerap disapa Fara itu.

“Seperti yang kita tahu, banyak prestasi-prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM. (Dan) tidak dapat dipungkiri bahwa prestasi-prestasi yang telah diraih juga memerlukan sebuah apresiasi. Oleh karena itu, pendataan ini berfokus pada pendataan prestasi yang diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah di UM. Selain itu, program kerja ini juga berfokus pada pendataan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, di mana pendataan ini diharapkan mampu menjembatani mereka untuk mencetak prestasi-prestasi baru sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki. Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ini disebar dalam bentuk form yang dapat diakses dengan mudah di manapun dan kapanpun,” jelas Fara.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2020 pada Selasa (28/4/2020).

“Pendataan Prestasi dan Minat Bakat sangat penting dikarenakan kita akan mengetahui seberapa banyak prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM serta seberapa banyak minat dan bakat yang belum dikembangkan. Adanya data ini, Formadiksi UM dapat mengetahui bakat-bakat yang dimiliki mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dari berbagai bidang. Melalui data-data tersebut pula, Formadiksi UM senantiasa memberikan program kerja yang akan mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki pada berbagai bidang seperti olahraga, kesenian, kepenulisan, ilmiah, kejurnalistikan, debat, dan lain sebagainya. (Sehingga) Formadiksi UM dapat memberikan informasi kegiatan yang dapat mengembangkan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” ungkap mahasiswa Fakultas Teknik yang kerap disapa Fiqran itu.

Manfaat yang dapat diambil dari Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

“Data-data yang telah masuk ke dalam form pendataan akan menjadi database Formadiksi UM guna melihat potensi dan perkembangan prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, serta digunakan sebagai bukti perkembangan potensi mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah UM kepada pihak universitas, khususnya kepada Kepala Sub Bagian Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa (Kasubbag Pelkesma) UM. Selain itu, database tersebut juga digunakan sebagai bahan laporan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) apabila diperlukan,” ungkap Fara terkait manfaat pengisian form Pendataan Prestasi.

“Tambahan untuk Pendataan Minat dan Bakat, mahasiswa yang telah mengisi di form nantinya akan dibantu dalam menyalurkan minat dan bakatnya, berupa pemberian informasi mengenai kompetisi-kompetisi yang dapat diikuti sesuai dengan minat dan bakatnya terutama di tingkat nasional. Tentunya hal ini dapat memberikan peluang besar kepada mereka untuk mencetak prestasi-prestasi yang baru,” tambah Fara terkait manfaat pengisian form Pendataan Minat Bakat.

Ketentuan dalam pengisian form Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

“Tidak semua mahasiswa dapat mengisi form pendataan ini. Target dari Pendataan Prestasi dan Minat Bakat adalah mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2017−2019 dan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM tahun 2020,” ungkap Fara.

“(Dan) segala jenis prestasi yang diraih selama menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi boleh di masukkan ke dalam form Pendataan Prestasi, baik di tingkat universitas, kabupaten/kota, provinsi, nasional, maupun  internasional,” tambah Fara.

Harapan untuk program kerja Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ke depannya

“Harapannya data ini benar-benar diisi oleh seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, agar Formadiksi UM dapat membantu mengembangkan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM sesuai bidangnya serta bagi yang sudah berprestasi baik tingkat universitas hingga tingkat internasional dapat mengisi juga. Dengan data ini pula harapannya bagi yang sudah berprestasi, dapat membantu bagi mereka yang belum mengembangkan minat dan bakat yang dimiliki melalui program kerja Formadiksi UM,” ungkap Fiqran.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Fara mengenai harapannya untuk program kerja ini ke depannya.

“Harapan saya untuk program kerja ini, semoga berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan awal yaitu mampu menjembatani mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM dalam menyalurkan minat dan bakatnya di dalam kompetisi yang akan menggugah semangat mereka mencetak prestasi-prestasi baru,” tutup Fara.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pendataan Prestasi dan Minat Bakat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengisi form Pendataan Prestasi dan Minat Bakat yang dapat diakses melalui link berikut:

Pendataan Prestasi: http//formadiksi.um.ac.id/pendataan-prestasi.

Pendataan Minat dan Bakat: http//formadiksi.um.ac.id/pendataan-minat-dan-bakat.

Pengisian form telah dibuka sejak 1 April 2020 dan dapat diakses setiap saat. (Dan) jika teman-teman memiliki pertanyaan seputar Pendataan Prestasi dan Minat Bakat bisa menghubungi Fara melalui WhatsApp dengan nomor 0895630612656. Yuk! Tunggu apalagi? Segera klik link di atas ya!

Your Story Begin Here!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter         : Anggi Icha Larasati

Editor             : Syani Yemima Syahrul

One thought on “Mengenal Seluk Beluk Pendataan Prestasi dan Minat Bakat Tahun 2020”

  1. Perogram yang bagus, apakah dari hasil pendataan bakat ini dapat di salurkan? Misalnya ke wilayah kerja ya g tentunya memiliki MOU dengan perusahaan perusahaan atau instansi pemerintah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *