Menjalin Silaturahmi, Menambah Relasi, dan Menciptakan Inovasi melalui Kunjungan Kerja

Formadiksi UM News – Di era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), setiap organisasi selalu berupaya untuk menjalin silaturahmi, menambah relasi, dan membuat berbagai inovasi agar tujuan organisasi tersebut dapat tercapai. Oleh karena itu, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menerima Kunjungan Kerja dari Aliansi Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Ambisi UINSA) Surabaya yang dilaksanakan pada Minggu, 13 September 2020 secara online via Google Meet.

Pada Minggu (13/9/2020) Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2020, Fauziah Novita mahasiswi penerima Bidikmisi Jurusan Hubungan Internasional FISIP UINSA angkatan 2018 selaku Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dari Ambisi UINSA, dan Ikmalur Rosyidin mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UINSA angkatan 2017 selaku Ketua Umum Ambisi UINSA.

“Alhamdulillah berbagai informasi dari Ambisi UINSA cukup bagus dan kita sharing berbagai program kerja serta bisa menjadi referensi untuk program kerja di kepengurusan tahun depan,” jawab Fiqran ketika ditanya mengenai manfaat yang diperoleh dalam kunjungan kerja ini.

Pertanyaan yang sama juga diajukan oleh Reporter Formadiksi UM News kepada Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dan Ketua Umum Ambisi UINSA.

“Banyak sekali, alhamdulillah proker (program kerja) dari Formadiksi UM jujur membuat saya kagum, inovasinya ada gitu, dan hal lain yang saya peroleh adalah tentang sebuah loyalitas berorganisasi. Saya melihat banyak sekali peserta yang ikut kunker tadi dari Formadiksi UM, mereka sanggup meluangkan waktu untuk menghadiri acara di organisasi mereka sendiri,” ungkap Fauziah Novita yang akrab disapa Zia.

“Yang kami peroleh banyak sekali di antaranya ilmu, pengalaman, relasi, dan masih banyak lagi. Kami terutama saya pribadi sangat berterima kasih atas sambutan hangat dari Pengurus Formadiksi UM dan seluruh panitia, terutama kepada Ketua Formadiksi UM atas pemaparan yang sangat kompleks dan mendetail tentang tugas pokok dan fungsi Ketua Formadiksi UM. Saya sangat mengapresiasi sekali atas pencapaian dari Formadiksi UM yang mana mampu mengelola organisasi dengan sangat baik, mampu mengoordinasikan dan menjaga komunikasi sekitar 5000 mahasiswa penerima Bidikmisi UM dengan sangat baik. Sedangkan kami yang hanya sekitar 600-an mahasiswa penerima Bidikmisi UINSA masih belum bisa maksimal dan ini menjadi salah satu PR bagi Ambisi UINSA untuk evaluasi ke depannya agar bisa mencontoh dan merangkul anggota kami lebih baik lagi,” tutur Ikmal.

Ada pula penyampaian kesan dari masing-masing narasumber pada Kunjungan Kerja ini.

“Alhamdulillah Kunker (Kunjungan Kerja) yang kedua ini berjalan dengan lancar, meskipun dilaksanakan online, namun tujuannya bisa tercapai dengan baik. Alhamdulillah dengan persiapan yang baik akan memberikan kesan yang baik saat dilaksanakan. Bisa kita ketahui dari kesan dari salah satu Anggota Ambisi UINSA saat sesi pemberian kesan dan pesan,” ungkap Fiqran.

“Kesannya sangat menyenangkan, friendly dan enjoy. Dari awal sampai akhir, totalitas sekali dari Formadiksi UM. Saya baru tahu alasan kenapa sekretaris umum merekomendasikan buat kunjungan kerja bersama Formadiksi UM, ternyata biar Pengurus Ambisi UINSA termotivasi,” ucap Zia.

“Kesan saya pribadi saya sangat senang sekali dengan adanya kegiatan ini, meskipun dilakukan secara virtual, tidak mengurangi rasa hormat saya, ilmu dan pengalaman, serta teman baru tetap bisa saya dapatkan,” ungkap Ikmal.

Tentunya ada harapan yang ingin disampaikan setelah mengikuti kunjungan kerja ini.

“Harapannya bisa terus menjalin silaturahmi dan membangun relasi antar forum baik Formadiksi UM ke Ambisi UINSA dan begitu pun sebaliknya, hingga kepengurusan kapanpun, itu artinya tidak hanya pada kepengurusan tahun 2020 saja, tapi bisa lanjut hingga tahun-tahun berikutnya,” harap Fiqran.

Selaras dengan Ketua Formadiksi UM, Ketua Pelaksana Kunjungan Kerja dan Ketua Umum Ambisi UINSA menyampaikan harapan agar silaturahmi tetap terjaga.

“Harapan saya, semoga tali silaturahmi antara Ambisi UINSA dan Formadiksi UM tidak terputus sampai di sini, dan semoga hari ini antara Formadiksi UM dan Ambisi UINSA mendapatkan ilmu yang bermanfaat sehingga dapat diterapkan di kemudian hari,” tambah Zia.

“Harapan saya semoga kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua, hubungan silaturahmi kita tetap terjaga, apa yang sekarang kita lakukan dan yang akan datang semoga diridai Allah SWT, dan semoga menjadi organisasi yang lebih baik dan lebih bermutu dari tahun-tahun sebelumnya,” tutup Ikmal.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Indra Setiawan

Editor              : Indra Setiawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *