Menyajikan Berbagai Inovasi, Formadiksi UM YouTube Go Capai 2.250 Subscriber

Menyajikan Berbagai Inovasi, Formadiksi UM YouTube Go Capai 2.250 Subscriber

Formadiksi UM News – Kanal YouTube Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) merupakan salah satu media penyedia informasi kebidikmisian dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah UM yang didesain seinformatif mungkin. Hal ini ditunjukkan dengan update-nya berbagai video yang telah diunggah di kanal YouTube Formadiksi UM. Baik tentang kebidikmisian dan KIP Kuliah UM, maupun tentang berbagai program kerja dari Formadiksi UM di kepengurusan tahun 2020 ini. Pada tahun ini, kanal YouTube Formadiksi UM telah memberikan cukup banyak inovasi dibanding tahun sebelumnya, baik dari segi konten, judul, maupun thumbnail, beserta profilnya.

 

“Terdapat beberapa inovasi yang sudah diterapkan dalam video produksi. Contohnya, seperti menggunakan judul dan thumbnail yang menarik pada setiap video. Hal ini dapat membangun rasa ketertarikan penonton untuk menonton video tersebut sehingga akan meningkatkan jumlah viewers dari YouTube Formadiksi UM sendiri. Tak hanya itu, video yang diunggah juga sudah dikemas sedemikian rupa sehingga informasi yang diberikan dapat diterima dengan mudah oleh penonton, apalagi beberapa video disajikan dalam bentuk animasi explainer yang tentunya sangat menarik,” jelas Firda Imroatus Solekah selaku Koordinator Tim Produksi Formadiksi UM YouTube Go Tahun 2020.

 

Berbagai inovasi yang telah diberikan oleh Tim YouTube Go pada tahun ini memberikan pengaruh besar bagi kemajuan kanal YouTube Formadiksi UM. Meningkatnya jumlah subscriber menjadi salah satu ketercapaian target kuantitatif dari program kerja Fomadiksi UM YouTube Go. Semula, hanya 1,14 ribu subscriber, saat ini meningkat menjadi 2,25 ribu subscriber dalam kurun waktu satu tahun. Tidak hanya itu, meningkatnya jumlah jam tayang yang melampaui target juga menjadi kebanggaan tersendiri bagi Formadiksi UM dalam melayani dan memberikan informasi melalui kanal YouTube. Rasa syukur dan bangga disampaikan langsung oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas selaku Ketua Formadiksi UM Tahun 2020, dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News pada Kamis (24/12/2020).

 

“Alhamdulillah, kanal YouTube Formadiksi UM semakin rapi dan juga semakin teratur. Terlihat dari thumbnail yang disajikan dan alhamdulillah juga target jam tayang serta target 1500 subscriber tercapai, bahkan melebihi target. Oleh karena itu, kanal YouTube Formadiksi UM sudah dapat digunakan secara bijak ke depannya,” ungkap Fiqran.

 

Kesuksesan program kerja Formadiksi UM YouTube Go tentu tidak lepas dari partisipasi aktif mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang menjadi sasaran utama dari program kerja ini. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Tim YouTube Go Formadiksi UM untuk meningkatkan atensi para mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, seperti mempromosikan video terbaru di akun media sosial pribadi dan bekerja sama dengan Divisi Hubungan Internal Mahasiswa (HIM) untuk menge-share video di Grup Official Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Upaya ini mendapat respon positif dari para mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM.

 

Di samping itu, Reporter Formadiksi UM News juga mendapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM pada Jumat (25/12/2020), untuk mengulik seputar perkembangan kanal YouTube Formadiksi UM saat ini. Giova Wahyu Cyntya, mahasiswa S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Kampus III UM, angkatan 2019 berpendapat bahwa kanal YouTube Formadiksi UM telah mengalami perkembangan yang cukup pesat dan mampu menjadi media informasi yang inovatif dari Formadiksi UM.

 

“Menurut saya, secara keseluruhan Formadiksi UM YouTube Go sudah lebih baik daripada sebelumnya. Konten lebih bervariasi dan tampilan serta editing-nya juga sudah bagus. Tampilannya tidak monoton dan lebih elegan sehingga tidak mudah membuat bosan,” tutur Giova.

 

Hal-hal baik yang telah dicapai oleh Tim YouTube Go Formadiksi UM Tahun 2020 ini menjadi motivasi dan juga dorongan untuk selalu dan terus meningkatkan kualitas dari kanal YouTube Formadiksi UM. Harapan dan doa juga disampaikan oleh Ketua Formadiksi UM dan Koordinator Tim Produksi Formadiksi UM YouTube Go Tahun 2020 untuk keberlangsungan kanal YouTube Formadiksi UM di tahun berikutnya.

 

“Harapannya, ke depan diperhatikan kembali musik dan video gambar yang diambil untuk dimasukkan ke dalam video YouTube Formadiksi UM, serta lebih ditingkatkan kembali untuk publikasinya sehingga dapat mencapai target penonton yang lebih banyak lagi,” ungkap Fiqran.

 

“Harapan kami untuk kanal YouTube Formadiksi UM, semoga ke depannya dapat terus menyajikan video yang menarik dan tentunya bermanfaat bagi mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM, serta seluruh subscriber kanal YouTube Formadiksi UM,” tutup Firda.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Della Fitriani

Editor              : Syani Yemima Syahrul

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *