MERAIH KEBERKAHAN IDULFITRI 1441 H

Idulfitri adalah salah satu dari dua hari raya umat Islam. Hari raya ini dirayakan tepat setelah umat Islam melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Hari raya Idulfitri ini adalah untuk dirayakan. Tidak boleh ada yang berpuasa pada hari tersebut dan seharusnya setiap umat Islam bergembira menyambutnya. Akan tetapi, perayaan ini harus tetap dirayakan dengan batasan yang wajar dan tidak berlebihan.

Untuk meraih keberkahan di hari raya Idulfitri ini, dapat dilakukan hal-hal yang disunnahkan ketika hari raya Idulfitri dengan ikhlas dan diniatkan hanya kepada Allah SWT. Hal-hal yang termasuk sunnah di hari raya Idulfitri, di antaranya:

  1. Mengumandangkan takbir, takbir ini tidak harus dilakukan di masjid, lapangan, atau dengan berkeliling. Akan tetapi, dapat dilakukan di mana saja. Disunnahkan bagi laki-laki untuk mengeraskan suaranya ketika bertakbir. (Dan) takbir ini dimulai semenjak terbenam matahari (masuk bulan Syawal) hingga shalat Idulfitri

Terdapat dalam hadits nabi:

كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ فَيُكَبِّرُ حَتَّى يَأْتِيَ الْمُصَلَّى وَحَتَّى يَقْضِيَ الصَّلاَةَ، فَإِذَا قَضَى الصَّلاَةَ؛ قَطَعَ التَّكْبِيْرَ

“Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar di hari raya Idulfitri lalu beliau bertakbir sampai datang ke tempat shalat dan sampai selesai shalat. Apabila telah selesai shalat beliau memutus takbir.” (HR Ibnu Abi Syaibah)

  1. Melaksanakan shalat Idulfitri, hukum shalat Idulfitri ini adalah sunnah muakkad. Akan tetapi, ada beberapa ulama yang mewajibkan. Karena itu, sangat dianjurkan bagi umat Islam untuk melaksanakan shalat Idulfitri ini. Sebagaimana hadits nabi:

عَنْ أُمِّ عَطِيَّةَ قَالَتْ: أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَهُنَّ فِي الْفِطْرِ وَاْلأَضْحَى الْعَوَاتِقَ وَالْحُيَّضَ وَذَوَاتِ الْخُدُوْرِ، فَأَمَّا الْحُيَّضُ فَيَعْتَزِلْنَ الصَّلاَةَ وَيَشْهَدْنَ الْخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِيْنَ. قُلْتُ: يَا رَسُوْلَ اللهِ، إِحْدَانَا لاَ يَكُوْنُ لَهَا جِلْبَابٌ؟ قَالَ: لِتُلْبِسْهَا أُخْتُهَا مِنْ جِلْبَابِهَا

Dari Ummu ‘Athiyyah ia mengatakan: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami untuk mengajak keluar (kaum wanita) pada (hari raya) Idulfitri dan Iduladha yaitu gadis-gadis, wanita yang haid, dan wanita-wanita yang dipingit. Adapun yang haid maka dia menjauhi tempat shalat dan ikut menyaksikan kebaikan dan dakwah muslimin. Aku berkata: “Wahai Rasulullah, salah seorang dari kami tidak memiliki jilbab?” Nabi menjawab: “Hendaknya saudaranya meminjamkan jilbabnya.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

  1. Makan sebelum shalat Idulfitri, terdapat dalam hadits nabi,

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لاَ يَغْدُو يَوْمَ الْفِطْرِ حَتَّى يَأْكُلَ تَمَرَاتٍ. وَقَالَ مُرَجَّأُ بْنُ رَجَاءٍ: حَدَّثَنِي عُبَيْدُ اللهِ قَالَ: حَدَّثَنِي أَنَسٌ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيَأْكُلُهُنَّ وِتْرًا

dari Anas bin Malik, ia berkata “Adalah Rasulullah Saw. tidak keluar di hari fitri sebelum beliau makan beberapa kurma. Murraja’ bin Raja’ berkata, ‘Abdullah berkata kepadaku, “Ia mengatakan bahwa Anas berkata kepadanya, Nabi memakannya dalam jumlah ganjil.’”(HR. Bukhari)

  1. Berpakaian rapi dan berhias, maksudnya berpakaian rapi layaknya menyambut tamu, namun tidak harus berupa pakaian baru, dan berhias sesuai dengan tuntunan syariat. Hadits nabi mengatakan:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ قَالَ: أَخَذَ عُمَرُ جُبَّةً مِنْ إِسْتَبْرَقٍ تُبَاعُ فِي السُّوْقِ فَأَخَذَهَا فَأَتَى بِهَا رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ: يَا رَسُوْلَ اللهِ ابْتَعْ هَذِهِ تَجَمَّلْ بِهَا لِلْعِيْدِ وَالْوُفُوْدِ. فَقَالَ لَهُ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: إِنَّمَا هَذِهِ لِبَاسُ مَنْ لاَ خَلاَقَ لَهُ

Dari Abdullah bin Umar bahwa Umar mengambil sebuah jubah dari sutera yang dijual di pasar maka dia bawa kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu Umar radhiallahu ‘anhu berkata: “Wahai Rasulullah, belilah ini dan berhiaslah dengan pakaian ini untuk hari raya dan menyambut utusan-utusan.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun berkata: “Ini adalah pakaian orang yang tidak akan dapat bagian (di akhirat).” (HR. Bukhari)

  1. Mandi pagi, dalam sebuah atsar disebutkan:

سَأَلَ رَجُلٌ عَلِيًّا رَضِيَ اللهُ عَنْهَ عَنِ الغُسْلِ قَالَ اِغْتَسِلْ كُلًّ يَوْمٍ إِنْ شِئْتَ فَقَالَ لاَ الغُسْل الَّذِي هُوَ الغُسْلُ قَالَ يَوْمَ الجُمُعَةِ وَيَوْمَ عَرَفَةَ وَيَوْمَ النَّحْرِ وَيَوْمَ الفِطْرِ

Seseorang bertanya kepada Ali RA. tentang mandi, maka Ali berkata, “Mandilah setiap hari jika kamu mau.” Seseorang itu berkata, “Tidak. Mandi itu yang benar-benar mandi.” Ali berkata, “Hari Jumat, hari Arafah, hari Iduladha, dan hari Idulfitri.” (HR. Al Baihaqi)

  1. Pulang dari tempat shalat Idulfitri dengan rute yang berbeda, hikmah yang diambil yaitu agar dapat mengucapkan salam dan bersilaturrahmi dengan orang-orang di sekitar rute yang berbeda tersebut, serta untuk syiar Islam.

Disebutkan dalam hadits nabi:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا كَانَ يَوْمُ عِيْدٍ خَالَفَ الطَّرِيْقَ

Dari Jabir, ia berkata: ”Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila di hari Id, beliau mengambil jalan yang berbeda”. (HR. Al-Bukhari)

  1. Mengucapkan ucapan selamat hari raya, ucapan yang dianjurkan sebagaimana yang dilakukan para sahabat dan ulama’ salafus shalih ialah Taqabbalallahu minna wa minkum (semoga Allah menerima amal ibadah dari kami dan dari kalian).

Sebuah atsar menyebutkan:

فعن جُبَيْرِ بْنِ نُفَيْرٍ قَالَ : كَانَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا اِلْتَقَوْا يَوْمَ الْعِيدِ يَقُولُ بَعْضُهُمْ لِبَعْضٍ : تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ

Dari Jubair bin Nufair, ia berkata bahwa jika para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berjumpa dengan hari ‘ied (Idulfitri atau Iduladha), satu sama lain saling mengucapkan, “Taqobbalallahu minna wa minkum.” (Hadits Hasan, Riwayat Al Hafidz Ibnu Hajar)

Wallahu a’lam.

Karya: Firda Imroatus Solekah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *