Motivasi Beprestasi Ala Mahasiswa Bidikmisi Berprestasi Terpilih Pendataan Prestasi 2019

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) memiliki salah satu program kerja yaitu pendataan prestasi yang berfungsi untuk mendata prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh Mahasiswa Bidikmisi UM. Program kerja pendataan prestasi ini juga digunakan sebagai bentuk apresiasi terhadap prestasi-prestasi yang telah dicapai oleh Mahasiswa Bidikmisi. Pendataan Prestasi Mahasiswa Bidikmisi 2019 periode 1 sudah dibuka sejak bulan April 2019 dan ditutup pada bulan Juni 2019.

Nah, Tim Pendataan Prestasi telah memilih Mahasiswa Bidikmisi berprestasi dari masing-masing fakultas di Universitas Negeri Malang. Reporter Formadiksi UM News berhasil merangkum hasil wawancara motivasi berprestasi dari Mahasiswa Bidikmisi berprestasi tersebut. Yuk, simak liputannya!

Eko Anis Setyorini dari Fakultas Ilmu Pendidikan, Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Pagelaran Pendidikan Sekolah Dasar Nasional ke-4 Universitas Negeri Padang (UNP) 2018

“Motivasi saya karena kita hidup untuk hari ini kenapa kita tidak mencoba hal baru saat ini, masa perkuliahan sendiri adalah tempat ternyaman saat kita ingin menempa dan mengasah kemampuan yang kita punya. Juara itu menurut saya adalah bonus.”

Iing Merillarosa Kharisma Wardani dari Fakultas Ilmu Keolahragaan, Juara Harapan 2 LKTI Tingkat Nasional 2018 di Universitas Andalas

“Motivasi utama adalah untuk membanggakan ibu dan ayah saya, selain itu dari ikut lomba bisa mengenal teman-teman dari universitas lain, bisa belajar hal baru dari mereka, juga bisa mengunjungi daerah di Indonesia yang belum pernah  didatangi sebelumnya.”

Amanatul Haqqil Ibad dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan, Juara 1 LKTI Mathematics Paper 2019

“Saya terima tawaran ketua tim saya (Sayyidati Fatimah), karena awalnya saya memang ingin ikut kompetisi ini. Punya gambaran produk solusi, tapi belum menemukan masalahnya. Akan tetapi kemudian dipertemukan Allah sama kawan saya itu, ya sudah ikut. Lagi, saya juga pingin membuktikan kalau anak matematika itu tidak hanya berkutat dengan angka. Huruf-huruf juga dapat mereka susun membentuk rentetan konjungsi menjadi suatu rangkaian paralel, sehingga menghasilkan probabilitas untuk menghasilkan suatu nilai tertentu.”

Naili Khorirotul Afiana dari Fakultas Ekonomi, Juara 1 Essay Tingkat Mahasiswa National Islamic Festival 4 Tahun 2019

“Kalau ikut kompetisi bisa mencari pengalaman sebanyak mungkin dan belajar bagaimana perkembangan terkini bisa saya ketahui dan kuasai. Dengan berkompetisi nantinya juga bisa buat mengukur seberapa jauh kemampuan yang sudah dicapai.”

Tamima Rubbama F. dari Fakultas Sastra, Juara 1 Khayangan English Newbie Debate Competition 2018

“Motivasinya ya karena sudah tahu kompetisi, pasti rasa ingin menang itu ada. Kalo orang yang menginspirasi banyak, kebanyakan senior debat tapi. Seringkan pasti mikirkan sebelum debat sering pas buntu gitu mikir ‘apa berhenti debat aja ya’, pas kalah lomba juga sering gitu.”

Syahroni Al Khadir dari Fakultas Ilmu Sosial, Juara 1 dan Best Presenter International Conference Brawijaya

“Saya mengikuti kompetisi untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan saya di level internasional. Di situ (International Conference Brawijaya) semuanya berbahasa Inggris, teman-teman dari berbagai negara jadi saat mereka berbicara jadi kita berfikir apa yang dikatakan dalam bahasa Inggris, tapi itu tantangannya.”

Lilla Pranti Mulyani dari Fakultas Teknik, Pemakalah International Conference Islamic on Phylosophy 2019

“Menurutku kenapa kita harus berprestasi, karena untuk kita bisa berbagi kita perlu diisi. Nah, kemampuan diri akan terasa jika kita mempunyai prestasi. Prestasi bukan sekedar lomba, tetapi tentang kemampuan mengasah diri agar kita dapat bermanfaat.”

Fia Nur Fitriana dari Fakultas Pendidikan Psikologi, Juara 2 Presentasi Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta (PKM KC) Pekan Ilmiah, Olahraga, dan Seni (PIOS) Maba Universitas Negeri Malang 2019

“Motivasi sampai saat ini itu orang tua dan diri sendiri karena aku punya mimpi dan aku berusaha semaksimal mungkin untuk meraih mimpiku itu. Jadi tidak ada kemenangan yang diraih secara mudah, kita harus benar-benar bekerja keras karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil, dan aku percaya itu.”

Nah, banyak hal yang dapat dijadikan motivasi untuk berprestasi di bidang apapun ya kawan-kawan. Jangan ragu lagi untuk terus mencoba hal baru! Jadilah Mahasiswa Bidikmisi yang berprestasi dan berikan hasil yang terbaik sebagai Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang 2019!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter: Nadya Erawati

Editor: Rindiani Sholikatun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *