Muswil VII Jawa Timur sebagai Ajang Silaturahmi dan Diskusi

Formadiksi UM News — Delegasi Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) mengikuti kegiatan Musyawarah Wilayah (Muswil) VII tepatnya pada Sabtu–Minggu (17–18/4/2021). Muswil merupakan kegiatan yang diadakan oleh Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) pada tingkat regional Jawa Timur. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Tulungagung, tepatnya di Gedung Majelis Wakil Cabang Nahdhatul Ulama (MWC NU) Boyolangu.

Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai dua delegasi Formadiksi UM, Zidni Akbarorrizki (Koordinator Divisi Keilmuan dan Pengabdian) dan Lisa Julkarnain (Anggota Divisi Hubungan Internal Mahasiswa), pada Sabtu (24/4/2021). Yuk simak liputannya!

Agenda Muswil VII

Kegiatan Muswil yang dilakukan di hari pertama yaitu penyampaian evaluasi wilayah dari masing-masing forum di setiap wilayah di Jawa Timur, penyampaian evaluasi regional selama satu tahun kepengurusan, pendemisioneran Pengurus FKMB 2020, buka puasa bersama, dan sharing session bersama para alumni.

Sedangkan hari kedua, kegiatannya yaitu pemilihan koordinator wilayah FKMB Jawa Timur yang baru, dilanjutkan dengan serah terima jabatan. Kemudian kegiatan terakhir yaitu field trip mengunjungi makam Bung Karno dan buka puasa bersama di Pantai Serang, Blitar.

Dihadiri oleh delegasi organisasi mahasiswa penerima Bidikmisi di 67 perguruan tinggi

Muswil tersebut dihadiri oleh delegasi dari beberapa komunitas/forum/organisasi mahasiswa penerima Bidikmisi dengan jumlah kurang lebih 67 perguruan tinggi yang ada di Jawa Timur, salah satunya UM yang menjadi bagian dari wilayah Malang Raya. Ada pula dua kampus lain dari wilayah Malang Raya yaitu Politeknik Negeri Malang (Polinema) dan Universitas Islam Raden Rahmat Malang (Unira).

Muswil VII menjadi ajang silaturahmi dan diskusi seputar kebidikmisian dan KIP Kuliah

“Sebelumnya, saya pribadi hanya tahu Forum Bidikmisi Tingkat Nasional, yaitu Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi (Permadani Diksi) Nasional. Namun, ternyata forum seperti ini juga ada di tingkat wilayah. Tentunya forum seperti ini akan sangat membantu terjalinnya silaturahmi dan komunikasi antar mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah dari berbagai penjuru perguruan tinggi. Kita bisa sharing dan berdiskusi, juga saling belajar dari perguruan tinggi lain. Mengingat informasi seputar kebidikmisian dan KIP Kuliah ini juga biasanya banyak yang simpang siur. Dengan adanya forum semacam ini, kita juga bisa bersama-sama mengelola dan menyebarkan informasi yang seragam, sehingga harapannya akan ada keselarasan informasi di wilayah Jawa Timur nantinya,” jelas Zidni.

“Pandangan saya terhadap adanya kegiatan Muswil ini cukup memberikan sebuah tempat untuk ajang silaturahmi dan juga diskusi bersama dengan berbagai organisasi Bidikmisi lainnya. Dengan adanya regenerasi kepengurusan yang ditentukan pada Muswil kemarin juga diharapkan dapat membawa FKMB Jawa Timur lebih baik ke depannya,” ungkap Lisa.

Manfaat dan kesan yang didapat dari kegiatan Muswil VII

“(Yang) pasti mendapat pengalaman dan wawasan yang baru. Cukup berkesan bisa mengenal beragam organisasi yang memiliki visi dan misi serupa dengan Formadiksi UM. Saya pribadi melihat bahwa teman-teman penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah dari kampus lain juga memiliki semangat yang sama untuk mengabdikan diri dan memiliki semangat untuk menebar manfaat kepada orang lain. Dari sini saya bisa lebih termotivasi lagi untuk lebih meng-upgrade diri,” tutur Zidni.

“Tentunya yang saya peroleh dari kegiatan Muswil kemarin yaitu pengalaman, ajang silaturahmi, dan juga relasi baru dari berbagai perwakilan pengurus atau anggota organisasi Bidikmisi lainnya. Kemudian kesannya saat mengikuti kegiatan Muswil ini, menurut saya teman-teman dari organisasi Bidikmisi lainnya cukup memberikan kesan baik. Akhir kegiatan dibungkus dengan field trip yang mana hal itu semakin membangun sebuah kekeluargaan dari FKMB Jatim sendiri. Pada intinya, Muswil  VII kali ini cukup memberikan kesan dan pengalaman yang terkenang baik bagi saya,” jelas Lisa.

Nah, itu tadi hasil wawancara Reporter Formadiksi UM News dengan Zidni dan Lisa yang merupakan delegasi dari Formadiksi UM dalam kegiatan Muswil VII. Semoga hubungan kekeluargaan Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi di wilayah Jawa Timur ini selalu terjalin baik dan semakin erat tentunya.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Rosidatul Avivah

Editor              : Agnes Tiara Sabila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *