Pandemi Bukan Penghalang Berprestasi, Ini Kata Sang Juara National Competition

Pandemi Bukan Penghalang Berprestasi, Ini Kata Sang Juara National Competition

Formadiksi UM News – Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang belum berakhir, mahasiswa sebagai agent of change tentu tetap diharapkan untuk berkarya, berprestasi, dan memberikan inovasi. Salah satu prestasi tersebut dibuktikan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) yang berhasil menjadi Juara 2 Kategori Poster, Guidance and Counseling National Competition (GCNC) 2020 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan dan Bimbingan (Hima PPB) Universitas Negeri Yogyakarta pada 8–30 Oktober 2020.

Pada Sabtu (31/10/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai narasumber yakni Hengki Tri Hidayatullah, mahasiswa penerima Bidikmisi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan UM, angkatan 2019. Mari simak bersama liputannya!

“Topik artikel ilmiah yang saya angkat dalam kompetisi ini adalah online shaming,” ungkap Hengki.

Topik artikel ilmiah yang membahas tentang online shaming ini memang telah berhasil menjuarai kompetisi tingkat nasional. Akan tetapi, Hengki tidak memungkiri bahwa keberhasilan yang diraihnya banyak menemui hambatan. Namun, di situlah letak perjuangannya.

“Saya sering terkendala pada laptop, laptop milik saya seringkali mati. Jadi, saya dipinjami laptop oleh teman saya untuk menyelesaikan pekerjaan saya,” ucapnya.

Berkat bantuan dari berbagai pihak, Hengki tetap dapat menyelesaikan apa yang dimulainya. Perasaan senang dan bersyukur pun mengiringi narasumber menjadi Juara 2 Kategori Poster, Guidance and Counseling Nasional Competition 2020.

“Tentu saya senang dan bersyukur. Terutama bisa menjadi juara dan membanggakan almamater tercinta,” tutur Hengki.

Tak hanya menjuarai lomba tersebut, Hengki pernah pula meraih prestasi lain seperti Juara 2 Lomba Esai National Guidance and Counseling Festival (GCF) III 2020 di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka dan Juara 1 Lomba Kreatif Mahasiswa Esai Mahasiswa Peneliti dan Penulis Produktif (MP3) di Universitas Negeri Malang.

“Selama mengerjakan project lomba, banyak pengalaman yang saya rasakan. Misalnya harus mengorbankan waktu tidur dan waktu untuk menonton anime,” papar Hengki.

Tak lupa, narasumber juga membagikan tips kepada teman-teman Bidikmisi agar tetap bersemangat dalam berprestasi walaupun di tengah pandemi.

“Ada bebapa tips yang dapat dilakukan untuk tetap berprestasi di tengah pandemi, di antaranya yaitu mandi dengan air dingin ketika bangun di pagi hari. Hal itu akan membantu kita mengatasi kemalasan atau yang biasa dikenal dengan mager. Selain itu, kita dapat menjaga kesehatan mental dengan melakukan hal-hal positif yang kita sukai. Ingat pula bahwa kita selaku mahasiswa penerima Bidikmisi UM, memiliki tanggung jawab kepada negara yang telah memberikan kita kesempatan untuk mengenyam pendidikan yang layak. (Dan) tentunya berprestasi menjadi salah satu trik agar kita terlihat keren di depan doi,” ungkap Hengki.

Sebagai penutup, narasumber menyampaikan pesan untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Di situasi pandemi seperti sekarang ini memberikan kita peluang untuk terus melampaui batasan yang kita miliki. Daripada takut untuk gagal, lebih baik gagal dan berani bangkit,” tutup Hengki.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

Reporter          : Indra Setiawan

Editor              : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *