Paras Batik Nusantara dalam 2 Oktober

Karya: Lucky Meidianti Darmawan

Sejak tahun 2009, tepatnya tanggal 2 Oktober 2009 mulai diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Pada masa itu, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan Batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi atau bisa disebut dengan Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity. Walaupun sempat diklaim sebagai warisan budaya oleh Negara lain, Indonesia tetap pertahankan status batik sebagai kebudayaan milik Indonesia dengan mendaftarkan batik ke dalam daftar representatif budaya tak benda warisan manusia UNESCO pada tahun 2008 hingga resmi diakui pada tahun 2009. Maka dari itu, setiap tanggal 2 Oktober masyarakat Indonesia disarankan untuk mengenakan batik, terutama bagi pegawai instansi pemerintahan serta warga instansi pendidikan contohnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, pemerintah daerah sudah mulai menggencarkan promosi batik miliknya lewat kegiatan bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisatanya. Mulai dari menggelar pameran hingga mengadakan workshop yang dipandu oleh pengrajin batik setempat. Tak dipungkiri, dunia fashion saat ini memang sudah mulai mengembangkan inovasinya dengan menggunakan kain batik sebagai komoditas utama. Corak batik yang begitu beragam antara satu daerah dengan daerah lainnya pun menjadikannya dipilih sebagai salah satu bahan baku untuk pembuatan barang-barang fashion yang hasilkan profit. Kini, dengan berkembangnya tren busana batik yang santai dan sesuai dengan jiwa anak muda, telah berhasil memunculkan pemikiran bahwa batik tak melulu soal acara formal serta memberikan kesan tua dan kaku.

Dengan adanya peringatan Hari Batik Nasional ini, setidaknya Bangsa Indonesia bisa memaknai dan menjaga salah satu warisan nenek moyangnya. Jangan beranggapan bahwa berbatik itu kuno dan terkesan tua, toh batik juga identitas dari Bangsa Indonesia. Cukup sekali saja kita dibuat geram oleh bangsa lain yang mengatasnamakan batik milik yang selain Indonesia. Berterimakasihlah lewat tindakan melestarikan kebudayaan ini, dengan bangga berbatik tampilkan Paras Batik Nusantara nan sani. Selamat Hari Batik Nasional untuk segenap kita, memang patutlah berbangga akan identitas luhur yang tersemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *