Pelatihan Desain Formadiksi UM Bantu Produktif selama Pandemi Covid-19

Formadiksi UM News – Sabtu, 11 Juli 2020 Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM), mengadakan pelatihan desain yang dimulai pukul 10.00 WIB melalui Google Meet. Pelatihan desain ini diikuti oleh Pengurus Formadiksi UM Tahun 2020.

Sebelum pelatihan dimulai, para peserta pelatihan desain diberi buku panduan dalam bentuk PDF berisi pengenalan dari aplikasi CorelDRAW serta dua format warna yang diperlukan yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK) dan Red, Green, Blue (RGB). Isi buku panduan juga mencakup penjelasan warna saat membuat lembar kerja baru. Selain itu, panduan ini berisi berbagai menu yang ada di CorelDRAW, fungsi, dan langkah-langkah untuk menggunakan setiap tool yang terdapat di dalam CorelDRAW. Itu semua dapat membantu Pengurus Formadiksi UM dalam membuat desain dan memahami cara memasukkan objek foto ke dalam objek lain dengan menggunakan PowerClip.

Setelah mengikuti pelatihan desain, banyak ilmu dan hal baru yang diperoleh Pengurus Formadiksi UM. Salah satunya diungkapkan oleh Anggi Icha Larasati, Anggota Divisi Minat dan Bakat Formadiksi UM yang turut serta dalam pelatihan desain kali ini.

“Setelah mengikuti pelatihan desain, banyak ilmu perdesainan yang saya dapat di mana sebelumnya tidak saya ketahui. Contohnya, pertanyaan saya terkait bagaimana meng-export hasil desain dengan kondisi background yang tidak bisa di-export ke format PNG. Setelah mendapat jawaban dari pemateri, akhirnya saya mengetahui bahwa ada yang keliru dengan setting-nya. Selain itu, saya jadi tahu berbagai nama dan kegunaan tools yang ada pada CorelDRAW di mana sebelumnya hanya saya pakai untuk coba-coba. Intinya banyak pengetahuan yang diperoleh, tidak bisa disebutkan satu persatu,” ujar Icha dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Manfaat diadakannya pelatihan desain ini dapat dirasakan oleh Pengurus Formadiksi UM. Pada Sabtu (11/7/2020), Reporter Formadiksi UM juga mewawancarai salah satu Pengurus Formadiksi UM yang berpartisipasi dalam pelatihan desain kali ini.

“Banyak sekali manfaat yang kami dapatkan dari pelatihan desain yang diadakan oleh Divisi PSDM ini. Seperti yang saya ketahui, hampir semua program kerja Formadiksi UM berkaitan dengan mendesain. Mulai dari poster, sertifikat, dan lain sebagainya. Dengan adanya pelatihan ini, Pengurus Formadiksi UM dapat belajar lebih mendetail mengenai penggunaan CorelDRAW. Dalam pelatihan desain ini, Pengurus Formadiksi UM juga diberikan kesempatan untuk bertanya tentang semua hal yang masih membutuhkan penjelasan lebih dalam terkait bagaimana cara mendesain dan lain sebagainya. Hal tersebut sangat membantu saya untuk mengatasi berbagai kesulitan yang ditemui oleh Pengurus Formadiksi UM saat mendesain menggunakan CorelDRAW dan dapat pula membantu Pengurus Formadiksi UM untuk bisa mendesain lebih baik lagi,” ungkap Annisa Nuril Faradise yang juga Anggota Divisi Minat dan Bakat Formadiksi UM.

Selain itu, terdapat buku panduan yang dibagikan agar Pengurus Formadiksi UM dapat lebih mengetahui secara rinci tentang manfaat pelatihan kali ini. Beberapa manfaat tersebut di antaranya sebagai berikut:

  1. Kita dapat mengetahui pengenalan dari aplikasi yang mudah dan sering digunakan yakni CorelDRAW yang memiliki beberapa versi mulai dari X3, X4, X5, X6, X7, X8, dan
  2. Kita dapat mengetahui dua format warna yang diperlukan yaitu Cyan, Magenta, Yellow, Black (CMYK) yaitu format warna yang digunakan untuk diproses pada printer karena printer memiliki warna dasar CMYK. (Dan) yang satu lagi yaitu Red, Green, Blue (RGB) yaitu format warna yang digunakan untuk tampilan monitor komputer, televisi, kamera, dan smartphone.
  3. Kita dapat mengetahui apa saja menu-menu yang ada di dalam CorelDRAW.
  4. Kita dapat mengetahui dasar-dasar, fungsi, dan langkah-langkah untuk menggunakan setiap tool yang terdapat di dalam CorelDRAW yang dapat membantu kita dalam membuat desain.

“Semoga pelatihan desain edisi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini dapat menjadi terobosan sekaligus inovasi baru. Saya kira pelatihan ini sangat bagus mulai dari persiapan, pengukuran yang disusun rapi terkait pra dan pascapelatihan, simulasi, dan konsekuensi bagi yang berhalangan hadir agar tetap mendapatkan pengetahuan yang sama. Semoga semakin baik lagi ke depannya meskipun dilakukan secara dalam jaringan (daring),” harap Amanatul Haqqil Ibad selaku Wakil Ketua Formadiksi UM.

Tidak lupa, dengan diadakannya pelatihan ini dapat menjadikan Pengurus Formadiksi UM lebih kreatif serta terus mengembangkan minat dan kemampuan yang dimilikinya.

“Untuk seluruh pengurus, semoga pelatihan ini dan berbagai pelatihan selanjutnya dapat selalu bermanfaat. Pengurus sudah aktif dan sangat kooperatif di dalam room meeting. Semoga apa yang disampaikan pemateri dapat menjadi pengetahuan tambahan dan pemancing pengetahuan lainnya. Bukan hanya mendapat pengalaman berorganisasi, tetapi juga mendapat bekal keterampilan,” seru mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan UM tersebut.

 

Reporter          : Tim Reporter (Pelatihan Desain)

Editor              : Syani Yemima

One thought on “Pelatihan Desain Formadiksi UM Bantu Produktif selama Pandemi Covid-19”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *