Pelatihan Desain Pengurus Formadiksi UM: Asah Kemampuan Desain, Berikan Kebermanfaatan

Formadiksi UM News – Sabtu, 11 Juli 2020 Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah mengadakan Pelatihan Desain Pengurus Formadiksi UM yang diperuntukkan bagi segenap pengurus tahun 2020. Pelatihan yang diadakan merupakan agenda rutinan yang dinaungi oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) yang sekaligus menjadi panitia pada agenda ini. Pelatihan Desain diadakan sebagai salah satu upaya meningkatkan kompetensi pengurus di bidang desain yang kali ini dilakukan secara daring via Google Meet.

Agenda pelatihan ini tentunya bukan dilaksanakan tanpa tujuan dan manfaat. Bahkan, antusias pun ditunjukkan oleh para peserta. Oleh karena itu, Reporter Formadiksi UM News berhasil merangkum liputan agenda Pelatihan Desain Formadiksi UM sebagai berikut:

Tujuan Diadakannya Pelatihan Desain Pengurus Formadiksi UM

“(Tujuan) yang pasti adalah untuk mengasah softskills Pengurus Formadiksi UM khususnya di bidang desain, karena dalam pelaksanaan program kerja-program kerja Formadiksi UM membutuhkan kemampuan desain,” tutur Made selaku Koordinator Divisi PSDM.

Target secara kualitatif juga disampaikan oleh Made pada wawancara Sabtu siang, (11/7/2020).

“(Targetnya) pengurus yang belum menguasai desain, bisa desain. Minimal desain sederhana untuk menunjang kompetensi mereka di program kerja yang akan datang,” jelas Made.

Manfaat Pelatihan, Membawa Perubahan

“Ada perubahan yang saya rasakan setelah mengikuti pelatihan ini, khususnya yaitu sudah mulai mengenal tentang alat-alat dalam aplikasi ini (CorelDRAW) beserta fungsi dan dasar pengaplikasiannya,” tutur Elsa, salah satu peserta pelatihan desain.

Pelatihan Desain Pengurus Formadiksi UM  juga menuai kebermanfaatan yang dirasakan oleh para peserta.

“Ada banyak manfaat yang dapat saya rasakan setelah mengikuti pelatihan ini, dari yang awalnya tidak tahu dan tidak paham sehingga mulai terbuka wawasan saya terkait aplikasi ini beserta cara pengaplikasiannya. Setelah mengantongi dasar-dasarnya, saya rasa akan semakin mempermudah saya untuk belajar ke tahap berikutnya. Selain itu, pelatihan ini juga memberikan beberapa informasi sumber/link yang sangat membantu dalam pencarian ide-ide desain, warna, dan yang lainnya,” imbuh Elsa.

“Setelah pelatihan desain tadi banyak ilmu-ilmu desain yang saya dapat, yang sebelumnya belum saya ketahui. Contohnya pertanyaan saya tadi mengenai export hasil desain yang background-nya tidak bisa ke-export ke (format) PNG. Setelah tanya kepada Mas Dian (pemateri), akhirnya saya mengetahui bahwa ada yang salah dengan setting-nya. Selain itu, saya jadi tahu nama-nama dan kegunaan tools yang ada pada CorelDRAW, yang sebelumnya saya hanya asal pakai saja untuk coba-coba. Banyak sih yang didapat, tidak bisa disebutkan satu-satu,” tambah Anggi Icha, mahasiswi Fakultas Ekonomi dari Divisi Minat dan Bakat tersebut.

Tingginya Antusias Peserta

Walau dilaksanakan secara daring, antusias para pengurus dalam mengikuti pelatihan terbilang  cukup tinggi dan para pengurus terlihat bersemangat saat pelatihan berlangsung.

“Antusias peserta bagus dan semangat, banyak bertanya merupakan bukti dari antusias peserta,” ungkap Dian Bagas selaku pemateri Pelatihan Desain Pengurus Formadiksi UM yang sekaligus merupakan Koordinator Divisi Informasi dan Komunikasi Formadiksi UM tahun 2020.

Semangat peserta tak lain juga dipicu karena adanya keseruan dan ketertarikan peserta terhadap materi yang disampaikan oleh pemateri.

“Seru dan menarik. Pemateri saya rasa mampu memberikan materi dengan suasana yang easy going sehingga bisa menghindari kebosanan, selain itu pemberian materi yang dibarengi dengan praktik serta dibekali dengan buku panduan sehingga semakin mempermudah saya khususnya dalam menyerap materi yang disampaikan,” papar Elsa yang juga merupakan anggota Divisi Hubungan Internal Mahasiswa.

Apa Tips dan Pentingnya Belajar Desain?

“Tips buat pemula itu kuasai dasar-dasarnya terlebih dahulu, belajar penggunaan tools, sering sering cari inspirasi, mau terima kritik dan saran. Jangan lupa tetap semangat dan niat dalam belajar,” ungkap Dian Bagas.

“Pentingnya (belajar desain) dalam berorganisasi adalah kita bisa punya skill baru yang bisa diasah, bahkan bisa digunakan sebagai nilai plus atau portofolio dalam bekerja nantinya,” imbuh Dian Bagas.

Harapan Usai Adanya Pelatihan Desain

“Harapannya semoga pelatihan ini bermanfaat bagi Formadiksi UM dan Pengurus Formadiksi UM khususnya,” ungkap Made.

“Semoga pelatihan desain edisi Covid-19 (pandemi Corona Virus Diesease 2019) ini dapat menjadi trobosan sekaligus inovasi baru. Sangat bagus mulai dari persiapan, pengukuran yang disusun rapi terkait pra dan pasca pelatihan, simulasi, dan konsekuensi bagi yang berhalangan hadir agar tetap mendapatkan pengetahuan yang sama. Semoga makin baik lagi ke depannya, meski dilakukan dengan daring,” harap Amanatul Haqqil Ibad selaku Wakil Ketua Formadiksi UM tahun 2020.

Reporter          : Chantika Putri

Editor              : Chantika Putri, Tisya Aulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *