Pelatihan KTI dan Esai: Tingkatkan Potensi Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM!

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) akan menyelenggarakan  kegiatan Paper Coaching Clinic (PCC) yang terdiri dari tiga bidang pelatihan, yaitu Karya Tulis Ilmiah (KTI), esai, dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menurut keterangan dari Syifak Ayu Hariyono selaku Ketua Pelaksana PCC saat diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News pada Rabu (18/3/2020), kegiatan PCC ini diawali dengan Pelatihan KTI dan Esai yang akan dilaksanakan pada 6 – 30 April  2020.

Kedua pelatihan ini bertujuan untuk memperkenalkan KTI dan esai kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM guna mewadahi serta memfasilitasi proses belajar pembuatan KTI dan esai. Pelatihan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi mahasiswa penerima Bidikmisi UM dalam pembuatan KTI dan esai serta sebagai wadah menyalurkan ide kreatif dan inovatif dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Pelaksanaan pelatihan, baik Pelatihan KTI maupun Pelatihan Esai akan dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi online dan sesi offline. Pada sesi online akan dilakukan di setiap grup WhatsApp yang telah dibentuk, sedangkan untuk sesi offline akan dilakukan praktik dan konsultasi progres (penyusunan) karya. Nantinya pelatihan ini akan dilakukan sebanyak empat kali dengan ketentuan satu minggu sekali,” jelas Syifak.

Pendaftaran peserta Pelatihan KTI dan Esai dibuka pada tanggal 20 – 24 Maret 2020. Cara melakukan pendaftarannya, yakni dengan mengisi formulir pada link pendaftaran yang telah tercantum di poster pendaftaran. Selain mengisi formulir, para peserta juga diharuskan membuat abstrak untuk peserta Pelatihan KTI dan untuk peserta Pelatihan Esai diwajibkan memiliki topik yang akan diangkat dengan menjelaskan gambaran dan alasannya, sesuai dengan template yang disediakan pada panduan pendaftaran. Kuota masing-masing peserta pada Pelatihan KTI dan Esai adalah  40 peserta.

“Untuk mengapresiasi semangat dari para peserta, maka di akhir pelatihan akan dilakukan simulasi lomba dengan tentor sebagai juri yang nantinya juga akan diberikan penghargaan kepada peraih karya terbaik dari setiap pelatihan (Pelatihan KTI dan Esai). Dengan adanya simulasi lomba tersebut, para peserta juga diharapkan memiliki bekal yang cukup untuk turut berpartisipasi dalam berbagai ajang lomba yang akan diikutinya nanti. Selain itu, para peserta yang telah menghasilkan karya akan diberikan pengarahan untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba KTI dan esai, baik lomba yang akan diselenggarakan oleh Formadiksi UM maupun oleh pihak-pihak lainnya,” tutup Syifak.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter         : Erlina Febrianti

Editor             : Tisya Aulia Yulianti

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *