Pendataan Prestasi dan Minat Bakat, Bukan Sekadar Pendataan Biasa!

Formadiksi UM News – Program kerja Pendataan Prestasi dan Minat Bakat telah berjalan hampir 6 bulan yaitu sejak bulan April lalu. Selalu ada peningkatan dalam pengisian prestasi dan minat bakat, meskipun reminder hanya dilakukan setiap 2 bulan sekali, namun teman-teman mahasiswa penerima Bidikmisi UM tetap antusias untuk mengisi Pendataan Prestasi dan Minat Bakat.

Kali ini Reporter Formadiksi UM News telah berkesempatan untuk mewawancarai Annisa Fitria Nuril Faradise yang kerap disapa Fara, selaku Ketua Pelaksana Pendataan Prestasi dan Minat Bakat pada Kamis (27/8/2020), untuk mengulik apa saja yang ada di dalam Tim Pendataan Prestasi dan Minat Bakat serta bagaimana alur pendataan ini. Mari simak penjelasannya!

Tim yang ada di balik Pendataan Minat Bakat

Tim yang dibentuk dalam program kerja ini dikhususkan untuk Pendataan Minat Bakat. Tim ini akan membantu teman-teman yang sudah mengisi form untuk menyalurkan minat dan bakatnya. Berikut tim yang ada di dalam Pendataan Minat Bakat (hasil informasi dari Ketua Pelaksana).

  1. Tim Riset, yang bertugas untuk meriset informasi-informasi lomba yang sesuai dengan minat dan bakat dari teman-teman yang telah mengisi form Pendataan Minat Bakat.
  2. Tim Penyedia Informasi, yang bertugas untuk menyalurkan informasi-informasi lomba yang sudah didapatkan oleh Tim Riset ke teman-teman yang telah mengisi form Pendataan Minat Bakat sesuai dengan minat dan bakatnya.
  3. Tim Bagian Administrasi, yang bertugas untuk menyediakan proposal pendanaan untuk lomba-lomba tertentu yang akan diikuti oleh teman-teman yang telah mengisi form Pendataan Minat Bakat, kemudian akan diajukan pendanaannya ke Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) ataupun ke pihak kampus (Universitas Negeri Malang).

 

Alur dalam Pendataan Prestasi dan Minat Bakat

“Pendataan Prestasi dan Minat Bakat ini memiliki alur yang berbeda. Untuk Pendataan Prestasi, setelah mahasiswa penerima Bidikmisi UM mengisi Pendataan Prestasi, data yang ada akan direkap dan akan diserahkan ke bagian Kemahasiswaan untuk database prestasi dan juga akan disimpan untuk database Formadiksi UM. Untuk beberapa prestasi terpilih akan diliput dan dijadikan konten ataupun berita oleh Divisi Jurnalistik Formadiksi UM,” ungkap Fara.

“Sedangkan untuk alur Pendataan Minat Bakat, setelah mahasiswa penerima Bidikmisi UM mengisi form Pendataan Minat Bakat, Tim Riset akan mencari informasi perlombaan yang sesuai dengan minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Setelah dilakukan riset, lomba-lomba yang ada akan disalurkan ke Tim Penyedia Informasi untuk dibagikan ke mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang berkaitan. Jikalau ada perlombaan yang berbayar dan memenuhi kriteria untuk dibantu pembiayaannya, Tim Riset akan menghubungi Tim Bagian Administrasi untuk menyiapkan proposal pendanaan untuk lomba tersebut apabila mahasiswa yang berkaitan bersedia,” jelas Fara.

Nah, untuk teman-teman yang telah mengikuti perlombaan dan berhasil meraih juara di perlombaan tersebut, dapat langsung mengisi Pendataan Prestasi dan mengikuti alur Pendataan Prestasi yang telah dijelaskan oleh Ketua Pelaksana di atas.

Antusias pengisi form Pendataan Minat Bakat ketika diberikan informasi perlombaan

“Alhamdulillah, pada saat mereka diberikan informasi-informasi lomba, beberapa langsung merespon untuk mengikuti lomba-lomba tersebut. Dapat dilihat bahwa masih banyak mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang antusias untuk mengikuti perlombaan meskipun di tengah kondisi pandemi seperti ini,” ungkap Fara.

Pada Jumat (29/8/2020), hal serupa juga dinyatakan oleh salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang telah mengisi form Pendataan Minat Bakat dan telah mendapatkan informasi lomba dari Tim Penyedia Informasi.

“Informasi lomba yang diberikan oleh Tim Penyedia Informasi sudah sesuai dengan minat dan bakat saya, di mana hal tersebut sangat baik dan bermanfaat bagi saya. Tim Penyedia Informasi juga memberikan motivasi agar saya tetap semangat dan mengikuti perlombaan yang disarankan. Adanya informasi ini sangat membantu saya. Terima kasih sudah mengadakan Pendataan Minat Bakat,” ungkap mahasiswa S1 Pendidikan Kimia UM yang kerap disapa Yulisa itu.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai Pendataan Prestasi dan Minat Bakat. Oleh karena itu, jangan ragu untuk mengisi form Pendataan Prestasi dan Minat Bakat yang dapat diakses melalui link berikut:

http//formadiksi.um.ac.id/pendataan-prestasi-dan-minat-bakat/

Pengisian form dapat dilakukan setiap saat, apabila teman-teman memiliki pertanyaan seputar Pendataan Prestasi dan Minat Bakat bisa menghubungi Fara melalui WhatsApp dengan nomor 0895630612656. Yuk! Tunggu apalagi? Segera klik link di atas ya!

Your Story Begins Here!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter         : Anggi Icha Larasati

Editor             : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *