Persiapan dan Harapan Menuju HUT Formadiksi UM ke-8

Formadiksi UM News – Keberadaan atau eksistensi suatu organisasi tentunya diawali dengan tercetusnya cikal bakal dan latar belakang terbentuknya organisasi tersebut. Historis pembentukan organisasi pastinya menjadi suatu cerita dan kebanggaan tersendiri ketika suatu organisasi telah berhasil mencapai visi misinya, termasuk historis waktu. Historis waktu erat kaitannya dengan tanggal penting tercetusnya suatu organisasi. Guna mengingat, mengenang, bahkan meningkatkan semangat berorganisasi, tanggal penting tersebut tidak jarang untuk diperingati hingga dirayakan oleh organisasi terkait.

Begitu pula dengan Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang juga selalu memperingati dan merayakan hari ulang tahunnya. Peringatan hari ulang tahun Formadiksi UM ini dibungkus dalam program kerja Hari Ulang Tahun (HUT) Formadiksi UM. HUT Formadiksi UM tidak hanya diperingati sebagai ceremonial belaka, selalu ada inovasi dan tujuan utama setiap tahunnya.

Persiapan HUT Formadiksi UM ke-8 telah dilaksanakan sejak satu bulan yang lalu.

Persiapan yang dilakukan untuk HUT Formadiksi UM telah dilaksanakan sejak satu bulan yang lalu, meliputi Rapat Divisi (oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia selaku divisi yang menaungi program kerja), Rapat Koordinasi Panitia HUT Formadiksi UM oleh seluruh Pengurus Formadiksi UM periode 2019, dan eksekusi persiapan segala acara, termasuk penyebaran undangan kepada pihak-pihak terkait.

“Jadi persiapan HUT itu mulai persiapan dari panitia internal, utamanya dari divisi yang terkait (PSDM) hingga panitia di luar divisi. Jadi kita agendakan yang pertama itu Rapat Divisi untuk mempersiapkan  HUT kita terkait konsepan acaranya dan persiapan yang dilakukan ke depannya. Setelah sudah fix di persiapan divisi, kemudian diadakan Rapat Koordinasi untuk keseluruhan panitia. Nah, fungsinya itu untuk mempersiapkan HUT agar acaranya berlangsung dengan matang,” jelas Siti Khoirunnisa, Ketua Pelaksana HUT Formadiksi UM ke-8 pada kesempatan wawancara, Selasa (7/5/2019).

Selain mengundang Alumni Pengurus Formadiksi UM, Perwakilan Ormawa UM, dan Mahasiswa Bidikmisi UM, Formadiksi UM juga mengundang FKMB Jawa Timur Regional Malang Raya untuk menghadiri HUT Formadiksi UM ke-8.

Pada kepengurusan 2019 ini, Panitia HUT Formadiksi UM 2019 juga mengundang tamu tambahan yang tidak kalah spesial dari tamu undangan lainnya, yakni Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Jawa Timur Regional Malang Raya.

“Inovasi tahun ini kita juga mengundang tamu spesial dari FKMB Jatim (Jawa Timur) Regional Malang Raya. (Juga) kita mengundang Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Selain itu, ada agenda di dalam acara tersebut seperti makrab (malam keakraban) untuk pengurus dan alumni, serta nanti juga akan ada acara spesial untuk kita dengan FKMB Malang Raya sharing dan diskusi kecil,” ujar Siti Khoirunnisa.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh Nurul Alfi’ah, Sekretaris Formadiksi UM periode 2019.

“Untuk yang diundang pada acara HUT kali ini, yang pertama itu dari Perwakilan Ormawa (Organisasi Mahasiswa), yaitu dari BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Universitas Negeri Malang, BEM Fakultas, terus juga dari Alumni Pengurus Formadiksi UM sendiri. Selain itu, juga mengundang Perwakilan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Terus yang terbaru dari kami itu, kita (pengurus) melibatkan Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Jatim Regional Malang Raya,” terang Mahasiswa Bidikmisi S1 Pendidikan Biologi angkatan 2017 tersebut.

Bukan hanya sekadar jadi peringatan, HUT Formadiksi UM juga bakal jadi ajang mengakrabkan diri dan mempererat tali silaturahmi dengan seluruh tamu undangan.

Selain sebagai peringatan hari ulang tahun, HUT Formadiksi ke-8 pastinya ditujukan untuk mempererat tali silaturahmi dengan Alumni Pengurus Formadiksi UM yang telah menjadi salah satu tamu undangan. HUT Formadiksi UM 2019 juga akan menjadi ajang untuk mengakrabkan diri dengan organisasi di dalam Universitas Negeri Malang dan organisasi Bidikmisi se-Malang Raya yang tergabung dalam FKMB Jawa Timur Regional Malang Raya yang juga diundang untuk dapat menghadiri pelaksanaan acara.

Hal tersebut disampaikan oleh Siti Khorunnisa, “Di tahun ini, HUT Formadiksi UM akan menjadi agenda untuk mengakrabkan diri dengan organisasi di dalam Universitas Negeri Malang dan FKMB Jatim Malang Raya, juga untuk agenda kita meningkatkan tali silaturahmi kepada Alumni Pengurus Formadiksi UM.”

Jalinan dan komunikasi yang baik antara Formadiksi UM dengan seluruh tamu undangan menjadi harapan terselenggaranya HUT Formadiksi UM ke-8 mendatang.

“Harapannya semoga dengan adanya HUT ini silaturahmi kami dengan beberapa Ormawa, dengan alumni, dengan FKMB Jatim pun juga bisa terjalin dengan baik, sehingga dengan adanya kerja sama dengan berbagai pihak tersebut, Formadiksi UM ke depannya bisa makin baik. Bukan hanya baik di program kerja, tapi juga baik juga dengan jalinan berbagai Ormawa tersebut,” harap Nurul.

Siti Khoirunnisa juga menyampaikan harapannya terkait penyelenggaraan HUT Formadiksi UM ke-8 pada 12 Mei mendatang.

“Diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik dan hubungan internal yang baik antara FKMB Malang Raya dan juga organisasi internal di Universitas Negeri Malang, juga hubungan kita (Pengurus Formadiksi UM) ke Alumni Pengurus Formadiksi UM juga dapat terjalin dengan baik,” tutupnya.

 

Reporter          : Tisya Aulia Yulianti dan Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *