Peserta Lolos Seleksi Berkas, Antusias Ikuti Wawancara dan FGD

MALANG, Formadiksi UM News – Pada Jumat (31/1/2020) pengumuman hasil seleksi berkas Open Recruitment Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah diumumkan melalui media sosial Formadiksi UM. Rangkaian open recruitment ini tidak berhenti sampai tahap penyeleksian berkas saja, akan tetapi masih terdapat dua tahapan lagi yang harus dilalui oleh peserta.

Pada Sabtu (1/1/2020) dilaksanakan tahap wawancara di Sekretariat Formadiksi UM. Adapun peserta wawancara diharapkan dapat memberikan performa terbaik saat melakukan wawancara, seperti halnya yang diungkapkan oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, Ketua Formadiksi UM dalam prakatanya.

“Nantinya akan diambil kurang lebih 30 pengurus dari 171 peserta yang dinyatakan lolos tahap seleksi berkas. Oleh karena itu, saya harap kalian (peserta) punya langkah terbaik saat melakukan wawancara, baik (wawancara) dengan koordinator divisi, PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia), dan PI (Pengurus Inti). Lakukan yang terbaik dan berikan jawaban yang benar adanya serta tidak mengada-ada saat wawancara,” ungkap mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Teknik tersebut.

Setelah wawancara, tahapan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) pada Minggu (1/2/2020) yang bertempat di Kanopi Putih Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM. Tahapan ini menjadi alat untuk menilai aspek-aspek tertentu dari peserta open recruitment.

“FGD ini sebagai salah satu alat yang menunjukkan potensi para peserta. Secara umum, FGD berfungsi untuk menunjukkan kemampuan berpikir dan keterampilan menyampaikan pendapat. Akan tetapi, dalam tahap ini juga ada penilaian aspek-aspek tertentu yang merangkum seluruh aktivitas peserta mulai dari diskusi hingga tanya jawab,” jelas Fiqran.

Saat FGD, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok secara acak. Masing-masing kelompok diberikan suatu topik permasalahan untuk didiskusikan bersama yang kemudian dipresentasikan pada kelompok besar (seluruh peserta). Sesi FGD menuai keseruan dan mendorong peserta untuk bersikap aktif dan berani mengomunikasikan pendapatnya. Peserta merasa senang saat mengikuti serangkaian open recruitment ini, bahkan sejak tahapan wawancara.

“Kalau menurut saya ya, setelah adanya FGD itu kayak ini (tahapan seleksi) benar-benar penyeleksian yang bagus gitu. (Karena) tahapannya tidak hanya sekadar dari formulir yang dikumpulkan, tapi di sini kita diuji bagaimana softkill-nya kita, dan tanggapan dari teman-teman itu bahkan seru banget. Benar-benar di luar ekspektasi dan pokoknya top lah!” ungkap Azyan Qatrunnada Islam, salah satu peserta Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM tahun 2020 dari Fakultas Ilmu Pendidikan UM Kampus II.

“Nah, untuk wawancara itu juga kesannya menarik buat saya. Benar-benar kita ngrasain yang namanya perjuangan, karena ada empat tahap wawancara. Di luar dugaan juga kalau yang wawancara sebanyak itu hanya dalam satu hari, dan menurut saya ini sangat efektif,” tambahnya.

Usai tahapan seleksi open recruitment ini, Reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk mewawancarai salah satu Dewan Pertimbangan Formadiksi UM tahun 2020, Muhammad Ridwan Raul Hisyam pada Minggu (2/2/2020). Ridwan Raul menyampaikan harapannya untuk peserta yang nantinya dinyatakan lolos sebagai Pengurus Formadiksi UM tahun 2020.

“Semoga mereka (peserta yang terpilih) bisa mengabdi di Formadiksi UM dan mereka tidak lupa ketika mereka membawa berkas itu serta mengatakan mengajukan dirinya sendiri kepada masing-masing koordinator divisi yang dipilih,” tuturnya.

 

Reporter          : Chantika Putri Ana

Editor              : Chantika Putri Ana

 

                                                                                                                                                        

4 thoughts on “Peserta Lolos Seleksi Berkas, Antusias Ikuti Wawancara dan FGD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *