Questions and Answers: Lebih Jauh Tentang Donasi 1% Periode 2019

MALANG, Formadiksi UM News – Donasi 1% merupakan salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang diperuntukkan mahasiswa aktif penerima Bidikmisi UM. Mahasiswa Bidikmisi UM dapat mendonasikan dana Bidikmisinya sesuai dengan pembukaan hingga penutupan donasi pada setiap periode Donasi 1%. Adapun periode Donasi 1% meliputi periode pertama untuk Maret – Agustus 2019 dan periode kedua untuk September 2019 – Februari 2020. Dalam pelaksanaannya, hasil Donasi 1% dihimpun oleh Penanggung Jawab Jurusan (PJJ), Penanggung Jawab Fakultas (PJF), dan Bendahara Pelaksana Donasi 1% untuk kemudian diserahkan dan dikelola sesuai dengan tujuan Donasi 1% oleh Bendahara Formadiksi UM.

Informasi terkait pelaksanaan Donasi 1% sendiri telah dipublikasikan di media sosial Formadiksi UM. Pemublikasian tersebut tentunya untuk memperjelas segala hal, baik teknis maupun prosedural tentang Donasi 1% sekaligus mempermudah penghimpunan bagi para penghimpun Donasi 1%. Dari informasi-informasi yang telah dipublikasikan, masih terdapat hal-hal yang ingin diketahui kembali oleh Mahasiswa Bidikmisi UM. Apa saja pertanyaannya dan bagaimana paparan jawaban terkait Donasi 1% ini? Reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk melakukan wawancara kepada Ketua Pelaksana Donasi 1% periode 2019, Ridwan Pria Maulana. Yuk langsung saja simak Questions and Answers (Q ‘n A) Donasi 1% 2019 berikut.

  1. Apa itu Donasi 1%?

Donasi 1% merupakan program kerja di mana pada kali ini Formadiksi UM berkesempatan untuk melakukan penghimpunan donasi kepada Mahasiswa Bidikmisi UM. (Dengan) dilakukan penghimpunan ini, mahasiswa (Bidikmisi UM) dapat menyalurkan kontribusinya dalam bentuk uang yang mana akan dipergunakan untuk (menunjang) kegiatan kebidikmisian.

  1. Mengapa Mahasiswa Bidikmisi dianjurkan berDonasi 1%?

(Karena dengan berdonasi) secara langsung maupun tidak langsung, Mahasiswa Bidikmisi UM akan merasakan manfaatnya dalam kegiatan kebidikmisian, seperti biaya kontribusi lomba (yang diselenggarakan Formadiksi UM) lebih terjangkau, bantuan kepada Mahasiswa Bidikmisi UM yang membutuhkan, maupun (untuk membantu) kebutuhan finansial Mahasiswa Bidikmisi UM yang sangat mendesak.

  1. Bagaimana transparansi dari Donasi 1%?

Selama penghimpunan Donasi 1%, Tim Donasi 1% telah melakukan berbagai upaya terkait transparansi donasi, yakni paparan transparansi pada Website Formadiksi UM, poster, dan informasi transparansi setelah pengisian kuisioner Donasi 1%.

  1. Apa inovasi dari Donasi 1% 2019?

Tim Donasi 1% telah melakukan inovasi-inovasi dalam penghimpunan. Inovasi-inovasi tersebut antara lain pembuatan stempel Donasi 1%  yang dipergunakan dalam pembubuhan stempel kwitansi Donasi 1%.  Tujuan lainnya dari stempel ini ialah sebagai bukti bahwa uang Donasi 1% benar-benar masuk ke kas Formadiksi UM. Kedua, tim (Donasi 1%) telah melakukan pembuatan video yang menunjukkan bagaimana cara pembayaran Donasi 1% guna memudahkan Mahasiswa Bidikmisi UM yang akan berdonasi. Ketiga, tim juga telah melakukan inovasi berupa penyederhanaan administrasi Donasi 1% yang dipaparkan dalam Buku Panduan Donasi 1% dengan tujuan lebih memudahkan penghimpunan Donasi 1%.

“Semua tentang Donasi 1% pada dasarnya adalah untuk membantu kelancaran kegiatan kebidikmisian berupa uang kontribusi dari Mahasiswa Bidikmisi UM. Setiap penyelenggaraan kompetisi oleh Formadiksi UM juga menggunakan dana Donasi 1%, sehingga di setiap event-nya, biaya administrasi lebih terjangkau diimbangi dengan penyelenggaraan kegiatan sebaik mungkin,” tambah Ridwan yang juga Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Sosial UM angkatan 2018.

Nah, begitulah Q ‘n A terkait Donasi 1% yang berhasil dirangkum oleh Reporter Formadiksi UM News. Semoga dapat memberikan manfaat bagi para pembaca!

Donasi 1%, Donasi Untuk Negeri!!!

 

Reporter          : Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad

One thought on “Questions and Answers: Lebih Jauh Tentang Donasi 1% Periode 2019”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *