Raekorwil 3: Bersinergi Membawa Jatim yang Lebih Solid dan Kompak

Formadiksi UM News – Rapat Evaluasi Kerja dan Koordinasi Wilayah Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi Jawa Timur (Raekorwil FKMB Jatim) Triwulan 3 telah diselenggarakan di Institut Agama Islam Negeri Kediri (IAIN Kediri) pada Jumat-Sabtu (16-17/8/2019). Raekorwil 3 ini dihadiri oleh 65 Mahasiswa Bidikmisi dari 25 perguruan tinggi yang meliputi 5 wilayah regional yaitu Suramadu, Jember, Malang, Kediri Raya, dan Pantura.

Raekorwil sebagai penyelaras pemikiran Mahasiswa Bidikmisi dalam Harmoni Jatim Bersinergi.

Sesuai dengan tema yang dipilih yaitu “Harmoni Jatim Bersinergi”, Raekorwil 3 bertujuan untuk menyelaraskan pikiran Mahasiswa Bidikmisi dengan bersama-sama bersinergi membawa Jawa Timur yang lebih solid dan kompak. Melalui Raekorwil 3 ini sekaligus menjadi jawaban bagi permasalahan yang dihadapi pada setiap regional dan hasil dari Raekorwil 3 ini dapat ditindaklanjuti saat Musyawarah Wilayah (Muswil) selanjutnya.

Hari pertama Raekorwil 3.

Pada hari pertama Jumat (16/8/2019), rangkaian acara Raekorwil 3 dimulai dengan seminar nasional dari pukul 08.00-11.30 WIB dan dilanjutkan acara inti Raekorwil 3. Di malam harinya, terdapat kegiatan malam keakraban (makrab) dan pentas seni (pensi).

“Alhamdulillah acara tersebut berjalan dengan lancar dan saya lihat peserta sangat antusias dan aktif dalam acara tersebut, lalu malamnya setelah Raekorwil tersebut dilanjutkan makrab dan pensi untuk seluruh peserta Raekorwil terlihat sekali kekompakan keluarga Bidikmisi Jawa Timur dalam acara tersebut,” ungkap Wiwit Khusnul Khotimah dari IAIN Kediri, Ketua Pelaksana Raekorwil 3.

Hari kedua Raekorwil 3.

Pada hari kedua Sabtu (17/8/2019), rangkaian acara Raekorwil 3 dimulai dengan apel untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia, lalu dilanjutkan dengan outbond dan fieldtrip di Simpang Lima Gumul (SLG).

“Lalu esok paginya ada apel 17 Agustus, dilanjutkan outbound di mana peserta semakin akrab satu sama lain, bersatu padu dengan suasana kemerdekaan canda tawa satu sama lain membuat acara tersebut semakin seru dan asyik. Kemudian dilanjutkan fieldtrip di SLG sekaligus pembagian hadiah-hadiah lomba dalam penutupan rangkaian acara Raekorwil 3,” tambah Wiwit.

“Baru pertama ini ada kegiatan seminar nasional dan fieldtrip di Raekorwil, kesannya kayak Muswil. Pesannya panitianya lebih kompak lagi dan sudah sip kayak Muswil,” terang Yudi Aprianto, Ketua Forum Bidikmisi Politeknik Negeri Banyuwangi periode 2019/2020.

Bina Desa FKMB Suramadu, salah satu kegiatan yang dibahas di Raekorwil 3.

“Bina Desa FKMB Suramadu sudah berjalan selama 7 tahun di desa 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Kegiatannya kurang lebih 13 hari menekankan FKMB Mengajar, bersih desa, pelatihan buta huruf, seminar antinarkoba, dan pelatihan kerajinan. Diikuti oleh 3 perguruan tinggi dari Madura dan 9 perguruan tinggi dari Surabaya dengan total peserta 60 Mahasiswa Bidikmisi. Output-nya disurvei dulu apa yang kurang di desa itu. Bedanya kami dengan bakti sosial lain yaitu dana yang kami gunakan pure dari usaha sendiri,” terang Iwan Dika, Koordinator FKMB Regional Suramadu.

Harapan Koordinator Wilayah FKMB Jawa Timur 2019.

Harapannya setelah diadakan Raekorwil 3 ini dapat mempererat tali silaturahmi antar organisasi Bidikmisi di wilayah Jawa Timur agar dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi, lebih solid, lebih kompak, dan kritis, serta mengetahui permasalahan apa yang ada dalam regional dengan memberikan solusi yang terbaik.

“Alhamdulillah yang mengikuti kegiatan ini 65 peserta dari berbagai kampus sehingga bisa menumbuhkan rasa solidaritas antar kampus kampus di Jawa Timur. Bisa bersilaturahmi dengan teman-teman yang senasib seperjuangan. Harapannya dengan adanya Raekorwil ini bisa mempererat tali silaturahmi, kita bisa mengetahui permasalahan apa yang ada dalam regional dan juga semua yang hadir bisa memberikan saran dan solusi untuk mengatasi hal tersebut. Semoga teman-teman diharapkan lebih solid, lebih kompak, dan kritis untuk kebaikan FKMB Jatim ke depannya,” sahut Yuan Nur Fitriana selaku Koordinator Wilayah FKMB Jawa Timur 2019.

Harapan Ketua Formadiksi UM 2019.

“Semoga dengan adanya acara ini hubungan silaturahmi antar organisasi Bidikmisi di wilayah Jatim semakin erat dan dapat bekerja sama dengan lebih baik lagi,” tutup Riduwan Prasetya, Ketua Formadiksi UM periode 2019.

 

Reporter          : Nurul Alfi’ah dan Nadya Erawati

Editor              : Amanatul Haqqil Ibad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *