Raih Juara 1 KMI Award, Berprestasi Meskipun di Masa Pandemi

Raih Juara 1 KMI Award, Berprestasi Meskipun di Masa Pandemi, Pestasi Mahasiswa Bidikmisi

Formadiksi UM News – Masa pandemi tidak menghalangi mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) untuk tetap produktif dan berprestasi. Kabar baik datang dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang berhasil meraih Juara 1 Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Award kategori Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI), Bidang Industri Teknologi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI), di mana pengumuman pemenang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2020 melalui Hopin sekaligus live expo virtual sebelumnya.

Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai narasumber yakni Siska Krisdiana Nofianti, mahasiswa penerima Bidikmisi Program Studi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM angkatan 2017. Adapun rekan tim yang tergabung bersama narasumber juga merupakan mahasiswa penerima Bidikmisi UM yakni Ari Gunawan, Defa Gilang Ramadhan, dan Firman Lutfi Fawzan Adhiima, serta Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik yakni Made Radikia Prasanta. Yuk, simak liputannya!

Mengangkat produk sensor bernama Zenbox Smart Farming

“Pada KMI Award 2020 ini, tim kami masuk kategori KBMI Bidang Industri Teknologi. Kami mengangkat produk sensor bernama Zenbox Smart Farming. Zenbox sendiri merupakan salah satu produk KerabaTani di bawah naungan CV Petani Cerdas Indonesia, di mana produk ini merupakan sensor pintar yang bisa mendeteksi enam parameter kesuburan tanah dan bisa memberi rekomendasi secara langsung kepada petani, terkait perlakuan seperti apa yang harus diberikan pada lahan serta tanaman. Produk dihubungkan langsung dengan aplikasi pada smartphone,” ungkap Siska.

Kisah perjuangan yang mengiringi prestasi

“Untuk perjuangannya mungkin terbilang panjang ya karena salah satu ciri khas event Kemendikbud itu memang terlihat dari rentang waktu pelaksanaannya yang panjang. Mulai dari tahap pendanaan, monev (monitoring dan evaluasi), laporan pertanggungjawaban hingga sampai ke tahap final, kemudian expo virtual. Semua itu berlangsung sekitar 56 bulan sejak pengajuan proposal. Selain itu, banyak anggota tim yang juga harus berjuang di event Kemendikbud lainnya, seperti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK), dan Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM). Jadi, benar-benar harus ekstra dalam membagi waktu,” ungkap Siska.

Tips mengubah malas menjadi semangat untuk berprestasi

“Menurut saya, semangat untuk menggapai prestasi dapat kita miliki dengan terlebih dahulu mempunyai goals. Apa yang kita cari di perkuliahan ini? Apakah cukup dengan hanya belajar di kelas? Sedangkan, banyak hal yang bisa kita lakukan dan bisa menjadi tempat kita untuk memberikan kontribusi. Kalau hanya sekadar menjalani rutinitas, pasti kita akan malas. Oleh karenanya, semua orang harus mempunyai mimpi, harus mempunyai goals. Dengan begitu, kita pasti bersemangat untuk meraih mimpi-mimpi itu,” ucap Siska.

Senang dan bersyukur saat dinyatakan sebagai juara

“Tentunya sangat senang dan bersyukur sekali, saya bisa mewakili UM dan memberikan medali untuk UM. (Karena) dukungan yang sudah diberikan juga sangat luar biasa, baik dari fakultas maupun universitas,” ungkap Siska.

Pesan untuk teman-teman penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM

“Tetap kontrol diri sendiri agar selalu produktif ya. Terapkan mindset bahwa masa pandemi bukan halangan untuk berprestasi. Justru, masa ini adalah kesempatan bagi kita karena semua acara dilaksanakan secara online, termasuk perkuliahan. Jadi, kita bisa lebih fleksibel dalam membagi waktu untuk mengikuti berbagai kompetisi. (Dan) tentunya dengan mengikuti kompetisi, kita dapat mengasah soft skill. Oleh karena itu, jangan takut untuk mencoba,” ucap Siska.

“Tetap semangat untuk teman-teman mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Ingatlah bahwa kita sudah diberikan kesempatan untuk menikmati pendidikan di perguruan tinggi. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin. (Dan) mari kita bersama-sama membuktikan slogan dari Formadiksi UM yang berbunyi Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!” tutup Siska.

Nah, itu tadi liputan dari Reporter Formadiksi UM News mengenai Juara 1 KMI Award 2020. Setiap prestasi tentu akan selalu diiringi dengan doa, usaha, dan kerja keras.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

Reporter          : Indra Setiawan

Editor              : Syani Yemima Syahrul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *