Reno Marsasi Sabet Medali Perunggu ON MIPA 2019

Formadiksi UM News – Rabu (1/5/2019), Universitas Negeri Malang berhasil meraih medali perunggu Bidang Kimia dalam Olimpiade Nasional Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA) 2019 yang diselenggarakan di Kampus II Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar pada 26-29 April 2019. ON MIPA merupakan ajang kompetisi mahasiswa di Bidang Sains (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Pada ON MIPA 2019 diikuti oleh 256 Mahasiswa dari 82 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di seluruh Indonesia.

Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai peraih medali perunggu Bidang Kimia ON MIPA 2019 yang juga merupakan Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang, yakni Moch. Akbar Reno Marsasi dari Jurusan Kimia angkatan 2016 pada hari Selasa (30/4/2019). Yuk, simak hasil wawancaranya berikut ini!

Motivasi Reno untuk meraih medali dalam ON MIPA 2019.

Ingin membanggakan keluarga, mengharumkan nama almamater yang telah banyak berjasa pada saya ini, dan mengaktualisasikan diri dengan bakat yang saya minati ini.

Menumbuhkan semangat belajar dengan menikmati apa yang dilakukan.

Melakukan apa yang kita nikmati dan menikmati apa yang kita lakukan (do what you love, love what you do) disertai dengan keistiqamahan dan doa.

Memanfaatkan waktu liburan untuk belajar.

Sebenarnya manajemen waktu saya juga kurang baik, tapi kalau terpaksa saya bisa jadi baik. Strategi saya waktu liburan itu nyicil belajar, karena liburan saya nggak kemana-mana kurang bermanfaat. Jadi dengan itu, saya harapannya bisa maju selangkah lebih ke depan jadi nanti bisa lebih santai belajar saat hari kuliah.

Reno aktif mengikuti olimpiade sejak SMA.

Persiapannya sudah dari jauh-jauh hari, materinya mencakup bahan kuliah jadi saya bisa review dan belajar dari perkuliahan. Saya juga SMA dulunya anak olimpiade, terus ikut event ini sudah 3 kali setiap tahunnya dari maba (mahasiswa baru). Mendekati event persiapannya jadi makin intensif dengan latihan-latihan soal makin banyak dan pembinaan rutin dengan dosen.

Prestasi itu bonus,  yang terpenting sudah memberikan yang terbaik.

Kenali bakat minat, do what you love, love what you do. Usaha dan doa selalu secara konsisten dan istiqamah. Tidak perlu menjadi the best, tapi harus selalu giving the best version of yourself. Musuh utama adalah diri kita yang kemarin, bagaimana diri kita hari ini harus menjadi lebih baik dari kemarin. Prestasi dan pengakuan itu bonus samping, bukan orientasi sesungguhnya. Yang penting dalam hati kita sudah tertanam rasa “sudah memberi yang terbaik”, itu artinya kita sudah menang melawan diri sendiri.

Pesan untuk Mahasiswa Bidikmisi UM dari Reno.

Berikan versi terbaik dari dirimu, apapun itu untuk bangsa ini, Negara Indonesia khususnya juga untuk UM karena kita sudah diberi kepercayaan dan difasilitasi, meskipun bila dirasa kurang harus disyukuri dan dimanfaatkan sebaik mungkin. Pokoknya tunjukkan dengan kerja keras, istiqomah dan integritas bahwa negara tidak salah telah memilih kita.

Demikian hasil wawancara Reporter Formadiksi UM News dengan peraih medali perunggu Bidang Kimia ON MIPA 2019. Semoga bermanfaat untuk dijadikan motivasi agar selalu berprestasi serta berinovasi.

Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter: Rindiani Sholikatun

Editor    : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *