Sabet Medali Perunggu Ajang MATIC Tingkat Nasional, Syaiful: Sempurnakan Proses!

Sabet Medali Perunggu Ajang MATIC Tingkat Nasional, Syaiful: Sempurnakan Proses!

Formadiksi UM News – Muchamad Syaiful Faristyan, mahasiswa penerima Bidikmisi S1 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2017, lagi-lagi berhasil menorehkan prestasi di bidang Matematika dengan menyabet medali perunggu pada ajang Mathematics Intelegence Competition (MATIC) tingkat nasional yang diadakan oleh Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika Indonesia (IKAHIMATIKA) Wilayah V dan diumumkan pada Minggu (6/12/2020). Oleh karena itu, pada Jumat (11/12/2020) Reporter Formadiksi UM  News mewawancarai mahasiswa yang kerap disapa Syaiful tersebut. Mari simak liputan berikut!

Motivasi berprestasi ala Syaiful

Saya sudah pernah ikut lomba-lomba yang lain, ada yang dapat dan ada yang kurang beruntung. Selain itu, karena saya jadi tentor olimpiade Matematika, yang mana murid saya sering sekali lomba. Maka dari itu, sebagai tentor, biar ilmunya semakin bermanfaat dan berkembang, ikut lomba ini bisa dijadikan alasan. Ingin membahagiakan dan membanggakan orang tua dengan mendapat hasil yang baik dalam lomba serta mendapat reward dari rektorat (UM) kalau dapat hasil yang baik.

Miliki tips dan strategi belajar matematika yang menyenangkan

Kalau masalah kendala malas untuk belajar sih ada. Buktinya adalah ketika masih penyisihan di tiap lomba, saya hampir jarang untuk belajar. Tapi ketika sudah lolos penyisihan barulah belajar (karena sudah tau tipe soalnya). Jadi, sebelum lomba dimulai, saya sering sekali belajar dari YouTube. (Karena) di saat saya lagi malas menulis untuk belajar, ternyata ada YouTube yang sudah menyiapkan beberapa tipe soal-soal olimpiade untuk dipelajari, apalagi channel yang dari luar negeri. Tapi, sebelum lomba dimulai, memang sengaja saya punya strategi untuk tidak belajar di H-1, untuk me-refresh pikiran saya dengan nonton film atau bermain game.

Belajar banyak boleh tapi jangan banyak belajar. Maksudnya kita belajar banyak hal tidak apa-apa, yang penting tahu waktu dan kondisi, daripada banyak belajar yang notabene semua waktunya dialokasikan untuk belajar. Padahal kinerja otak juga ada batasnya. Nah, nonton film dan bermain game bisa dijadikan hal untuk me-refresh otak.

Pesan sang juara

Sebelum ikut lomba luruskan niat, sempurnakan proses, lalu hasil mengikuti. (Dan) jangan lupakan restu orang tua. Buang niat setengah-setengah, maksimalkan apa yang bisa dikerjakan!

Demikian liputan Reporter Formadiksi UM News bersama dengan peraih medali perunggu pada ajang MATIC ya sobat, semoga dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter              : Chantika Putri Ana

Editor                    : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *