Sambut Usia Satu Dasawarsa, Formadiksi UM Gelar HUT ke-10

Formadiksi UM News – Pada tahun 2021 ini, Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) akan genap berusia 10 tahun. Oleh karena itu, Formadiksi UM akan memperingati sekaligus merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-10 pada 30 Mei 2021 mendatang. Kegiatan perayaan ini dinaungi oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PDSM) Formadiksi UM.

Pada Senin lalu (17/5/2021), Reporter Formadiksi UM News telah berhasil mewawancarai Yoga Pratama Putra selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2021 dan juga Ketua Pelaksana HUT ke-10 Formadiksi UM, yakni Firda Imroatus Solekah. Penasaran dengan hasil wawancaranya? Mari simak liputannya berikut ini!

Perjalanan satu dasawarsa Formadiksi UM

“Dalam perjalanan Formadiksi UM dahulunya berawal dari latar belakang permasalahan terkait informasi kebidikmisian dan pada waktu itu masih dalam bentuk komunitas yang dinamakan dengan Komunitas Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Komadiksi UM). Untuk perubahan Formadiksi UM baik dari adanya grup Facebook kemudian komunitas hingga menjadi forum yang diakui kelegalannya sampai sekarang bisa nanti sharing dengan saya, untuk sekarang kita kembali fokus pada pertanyaanya yaitu bagaimana asal mula tanggal 30 Mei diperingati sebagai Hari Ulang Tahun Formadiksi UM,” ungkap Yoga.

“Awal mulanya yaitu adanya grup Facebook dengan nama Persatuan Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang dipelopori oleh Hanip Wahyu Saputro (Fakultas MIPA), Dzatu Ulum Nafi’ah (Fakultas Sastra), dan Silfia Anggraeni (Fakultas Sastra), kemudian bertambah menjadi banyak anggota dari jurusan-jurusan lain di UM. Mereka-para pelopor-mulai terpikir untuk melakukan pertemuan secara offline. Pertemuan pertama tersebut diadakan di Ruang Registrasi (RR) Gedung A3 UM. Pertemuan ini dihadiri oleh Hanip Wahyu Saputro (Fakultas MIPA), Dzatu Ulum Nafi’ah (Fakultas Sastra), Silfia Anggraeni (Fakultas Sastra), Sahrul Romadhon (Fakultas Sastra), Eko Prasstyo (Fakultas Teknik), Fitria Ningsih (Fakultas Sastra), Binti Mariatul Kiptiyah (Fakultas Sastra), Watik Murnimin (Fakultas Teknik), Anna Nur Fadhilah (Fakultas MIPA) dan beberapa mahasiswa lainnya yang kemudian berinisiatif untuk membentuk suatu komunitas agar dapat mewadahi dan berkoordinasi serta bersilaturahmi dengan sesama mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Merekalah yang kemudian menjadi pelopor terbentuknya komunitas Bidikmisi di UM. Dari hasil pertemuan pertama tersebut, diforumkan untuk dibicarakan lebih lanjut dengan beberapa mahasiswa penerima Bidikmisi lainnya. Senin (23/5/2011), para pelopor beserta beberapa mahasiswa penerima Bidikmisi mengadakan pertemuan untuk merancang visi dan misi, membentuk kepengurusan, serta menentukan ketua. Ketua yang terpilih saat itu adalah Sahrul Romadhon, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Sastra Indonesia angkatan 2010. Senin, (30/5/2011) disepakati sebagai tanggal terbentuknya komunitas ini dengan nama Komunitas Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Komadiksi UM)”, jelas Yoga.

Kegiatan yang akan diadakan

“Untuk kegiatan yang akan diadakan nantinya dalam rangka memperingati sekaligus memeriahkan HUT ke-10 Formadiksi UM ini yakni ada sharing bersama para alumni ketua sekaligus Pengurus Formadiksi UM yang nantinya akan membahas mengenai perjalanan Formadiksi UM selama 10 tahun kepengurusan. Selain itu, akan ada guest star yang tentunya dapat memotivasi dan membagikan pengalamannya kepada Pengurus Formadiksi UM tahun 2021 dan para tamu undangan yang hadir,” ungkap Firda.

Konsep kegiatan yang berbeda

“Karena kegiatan ini dibuat untuk memperingati HUT Formadiksi UM, tentunya di setiap usianya memiliki perbedaan tersendiri, baik dari segi harapan maupun konsep kegiatannya. Nah, untuk kegiatan HUT Formadiksi UM yang ke-10 ini tentunya dikemas sangat menarik dan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini Formadiksi UM telah memasuki usia satu dasawarsa, yang artinya sudah 10 tahun Formadiksi UM mendedikasikan dirinya untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM. Nantinya kegiatan HUT ke-10 Formadiksi UM ini akan mengupas perjalanan Formadiksi UM selama 10 tahun dengan harapan dapat memotivasi kepengurusan tahun 2021 dan tahun berikutnya untuk berproses dan berkembang bersama lebih baik lagi untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” ujar Firda.

Tamu undangan HUT ke-10 Formadiksi UM

“Kegiatan HUT ke-10 Formadiksi UM ini akan dihadiri oleh perwakilan Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi (FKMB) Malang Raya, Alumni Ketua dan Pengurus Formadiksi UM, Ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Lurah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di Universitas Negeri Malang, serta Penanggung Jawab Jurusan (PJJ) tahun 2021”, tutup Firda.

Formadiksi UM! Sukses!

Reporter        : Hernawati

Editor             : Mufid Zahir Hilmy

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *