Sangat Luar Biasa: Apresiasi Formadiksi UIJ untuk Studi Banding 2019

MALANG, Formadiksi UM News – Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) bersama Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Jember (Formadiksi UIJ) melaksanakan studi banding dalam rangkaian kegiatan Studi Kebidikmisian dan Keorganisasian 2019. Adapun studi banding ini terdiri dari pemaparan masing-masing forum termasuk sejarah dan struktur organisasi, pemaparan program kerja, dan Focus Group Disscussion (FGD) antar divisi di kedua forum. Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung H3 Aula Pascasarjana Universitas Negeri Malang ini memberikan pembelajaran bagi masing-masing forum untuk lebih baik ke depannya. Dengan mengangkat tema “Exchange Ideas, Gain Knowledge, and Experience to Enhance The Work Performance and Responsibility of Bidikmisi Organization”, diharapkan kegiatan ini dapat menjadi salah satu ajang silaturahmi bagi kedua forum. Hal tersebut disampaikan oleh M. Aminuddin, Ketua Formadiksi UIJ pada kesempatan wawancara oleh Reporter Formadiksi UM News, Sabtu (12/10/2019).

“Pastinya yang namanya silaturahmi itu harus tetap dijaga kan ya. Di waktu selanjutnya adik-adik kita pasti perlu yang namanya studi banding agar kadar keilmuan tentang keorganisasian biar terasa juga. Jadi harapannya, ketika hasil dari ini (Studi Kebidikmisian dan Keorganisasian 2019) membawa perubahan untuk teman-teman Formadiksi UIJ, mungkin saya bisa merekomendasikan ke adik-adik saya untuk ke sini (Formadiksi UM) lagi,” papar Aminuddin.

Riduwan Prasetya, Ketua Formadiksi UM juga menyampaikan harapannya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Dengan adanya kegiatan ini kita dapat bersilaturahmi, kemudian kita juga dapat berkolaborasi tentunya dalam kegiatan-kegiatan yang positif. (Dan) juga semoga organisasi kita berdua dengan kegiatan ini dapat lebih baik lagi,” jelas Riduwan.

Formadiksi UIJ sendiri merupakan organisasi yang masih sangat muda. Terhitung sejak diresmikannya Formadiksi UIJ pada 23 April 2019 lalu, forum Bidikmisi ini memasuki usia 6 bulan per Oktober 2019. Dipaparkan Ketua Formadiksi UIJ pada saat pemaparan organisasi dan program kerja Formadiksi UIJ bahwa dilakukan berbagai upaya untuk membangun Formadiksi UIJ. Mulai dari wacana pembentukan sejak 2016 hingga perealisasian pembentukan pada 2019. Pembelajaran mandiri dilakukan untuk menggagas berbagai komponen organisasi di dalam Formadiksi UIJ, termasuk salah satunya dengan mengajukan proposal studi banding pada Formadiksi UM.

“Saya berterima kasih pada Formadiksi UM yang telah meluangkan waktu, saya juga sangat mengapresiasi kinerja teman-teman, sangat disiplin sekali, dari panitia-panitianya berjalan sesuai bidangnya. Intinya perlu pelajaran ini kita (Formadiksi UIJ) ambil,” terang Aminuddin.

Hal senada juga disampaikan oleh Drs. Shodiq Syarif, M.Si. selaku Wakil Rektor III Universitas Islam Jember yang juga berkesempatan hadir mendampingi Mahasiswa Bidikmisi UIJ dalam kegiatan ini.

“Sangat luar biasa, amat sangat luar biasa. Kami tidak menyangka akan disambut seperti ini. Tadi juga saya tanyakan ke pengurus (Formadiksi UIJ), ‘Nanti kalau ada kunjungan balasan, apa bisa seperti ini?’. Penyambutan dari mahasiswanya, penyambutan dari pimpinannya, dari akomodasinya, pokoknya luar biasa,” ungkap beliau.

 

Reporter          : Firda Nur Fitri, Amanatul Haqqil Ibad, dan Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *