Seminar Kebidikmisian Bersama Formadiksi UIJ: Konsep Baru Rangkaian Studi Banding

MALANG, Formadiksi UM News – Sabtu (12/10/2019), Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) menerima kunjungan kerja atau yang biasa disebut studi banding dari Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Islam Jember (Formadiksi UIJ). Kegiatan yang kemudian disebut Studi Kebidikmisian dan Keorganisasian ini bertempat di Gedung H3 Aula Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Adapun tema yang diangkat adalah “Exchange Ideas, Gain Knowledge, and Experience to Enhance The Work Performance and Responsibility of Bidikmisi Organization”.

Berbeda dengan konsep studi banding pada umumnya, Studi Kebidikmisian dan Keorganisasian tidak hanya berisi pemaparan masing-masing forum dan Focus Group Disscussion (FGD) saja. Berpedoman pada hasil koordinasi panitia kegiatan dari Formadiksi  UM dengan panitia kegiatan dari Formadiksi UIJ bahwa kegiatan ini dibagi menjadi dua sub kegiatan, yakni rangkaian studi banding sendiri (pemaparan masing-masing forum, program kerja, dilanjutkan dengan pelaksanaan FGD)  dan Seminar Kebidikmisian dengan menghadirkan dua pemateri pilihan.

Perbedaan mendasar kegiatan ini dengan studi banding pada umumnya ialah terletak pada rangkaian kegiatan berupa Seminar Kebidikmisian yang diikuti penuh oleh Anggota Formadiksi UIJ. Selain diikuti oleh Anggota Formadiksi UIJ, Seminar Kebidikmisian yang diisi oleh dua pemateri pilihan ini juga diikuti sebagian oleh Pengurus Formadiksi UIJ. Hal ini dikarenakan terdapat agenda studi banding itu sendiri yang harus diikuti oleh Pengurus Formadiksi UIJ bersama Formadiksi UM.

Sebanyak 177 Anggota Formadiksi UIJ didampingi oleh Drs. Shodiq Syarif, M.Si. selaku Wakil Rektor III Universitas Islam Jember dan 4 jajaran kemahasiswaan yang terdiri dari Kepala Bagian (Kabag) Kemahasiswaan, Kabag Keuangan, Staf Kemahasiswaan, dan Bendahara Kemahasiswaan mengikuti Seminar Kebidikmisian yang menghadirkan dua pemateri pilihan. Dua pemateri tersebut antara lain Dr. H. Sultoni, M.Pd. (Dosen Pascasarjana Universitas Negeri Malang dan Owner Indocakti Group) dan Laksamana Fadian Zuhad Ramadhan (Mahasiswa Bidikmisi S1 Pendidikan Bahasa Inggris angkatan 2016, Mahasiswa Berprestasi Utama (Mawapres) Universitas Negeri Malang tahun 2019, dan The Most Inspiring Mawapres Nasional tahun 2019).

Dr. H. Sultoni, M.Pd. selaku motivator nasional memberikan berbagai motivasi untuk Mahasiswa Bidikmisi UIJ agar senantiasa berprestasi dan aktif dalam berbagai kegiatan, sedangkan Laksamana Fadian memberikan paparan-paparan terkait pengalaman prestasi dan suntikan inspirasi khususnya dari sudut pandang Bidikmisi bagi seluruh peserta. Dua materi ini dirasa sangat baik. Hal itu disampaikan oleh Nirma, Mahasiswa Bidikmisi Jurusan Biologi Universitas Islam Jember.

“Sangat baik. Kita mulai dari Formadiksi UM-nya sangat luar biasa. Acaranya sangat tertata rapi dan pemateri yang diundang sangat baik sekali. Harapannya semoga akan menambah silaturahmi dan ke depannya UIJ dapat belajar banyak dari UM,” ungkap Nirma.

Iswahyudi, Mahasiswa Bidikmisi Jurusan Administrasi Negara Universitas Islam Jember juga menyampaikan kesannya terkait kegiatan ini.

“Sangat luar biasa, kita dapat belajar lebih dari UM. Semoga terjalin hubungan yang lebih baik antara UIJ dan UM, serta silaturahminya bukan sampai di sini saja,” ungkap Iswahyudi.

Di akhir wawancara, Drs. Shodiq Syarif, M.Si. menyampaikan harapan untuk kegiatan Formadiksi UM ke depannya.

“Ini kan merupakan semacam seminar, ke depannya bisa ditambah dengan tema-tema yang lain, seperti keolahragaa, persahabatan, dan lain-lain. Akan tetapi dari segi pelaksanaan kegiatan, ini (Seminar Kebidikmisian) sudah sangat bagus. Apalagi menghadirkan tokoh seperti motivator, Bapak Sultoni. Itu luar sudah biasa sekali. Pokoknya sudah menginspirasi sekali,” tutup beliau.

 

Reporter          : Firda Nur Fitri dan Jumadi

Penyunting      : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *