Siapakah Kita ini Pemuda?

Siapakah Kita ini Pemuda?
Oleh: Indriani Made Alfia

Pemuda, apa yang terlintas di benakmu ketika mendengar kata pemuda? Penerus bangsa? Anak milenial? Generasi muda? Harapan Negara? Atau apapun itu?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pemuda adalah orang yang masih muda. Namun, makna dari pemuda tidaklah sesederhana itu. Di dalam satu kata pemuda terdapat banyak harapan yang terkandung di dalamnya. Mengingat keberadaan pemuda ini sangat penting adanya.
Ada sebuah quotes terkenal dari Bapak Proklamator Indonesia, yakni Ir. Soekarno yang mengatakan “Berikan aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”. Quotes tersebut tidaklah berlebihan, dan memang benar adanya. Sebab nasib bangsa Indonesia ada di siapa kalau bukan di tangan pemuda?
Siapa yang menorehkan prestasi-prestasi membanggakan Indoensia di kancah dunia? Pemuda.
Siapa dahulu yang bisa menurunkan Presiden Soeharto? Mahasiswa.
Siapa itu mahasiswa? Ya kita, pemuda.
Siapa yang bisa menyelamatkan grup WhatsApp keluarga dari berita hoax? Pemuda.
Mengapa demikian? Pemuda adalah penerus bangsa. Segala cita-cita bangsa bisa diwujudkan dan diteruskan oleh pemuda. Namun, kenyataanya banyak pemuda yang belum menyadari akan pentingnya peran mereka bagi Indonesia. Terbukti dari banyak kasus seperti narkoba, pergaulan bebas, kekerasan dll. Sebagian besar pelakunya adalah pemuda.
Jika semua pemuda berperilaku seperti itu, lalu bagaimana nasib bangsa ini ke depannya?
Sebagai seorang pemuda yang akademis, sudah sepatutnya kita berperilaku baik. Mengembangkan kompetensi diri dan memperbaiki produktivitas kita sebagai bangsa Indonesia. Karena apa kita adalah penerus bangsa ini. Cita-cita bangsa ada di tangan kita.
Yuk! Kawan-kawan muda, kita kembali kepada fitrah kita sebagaimana pemuda semestinya.
Jadikan Indonesia bangga memiliki pemuda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *