Simak Keseruan Positive Vibes LTLC Tahun 2021, Usung Tema Pendidikan!

Formadiksi UM News – Salah satu rangkaian acara dari Little Talk Little Care (LTLC) Mahasiswa Penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Kampus II UM Tahun 2021 yakni Positive Vibes yang telah dilaksanakan pada Jumat, 25 Juni 2021. Kegiatan Positive Vibes ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet yang diikuti oleh mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Kampus II UM. Positive Vibes membahas tentang isu-isu seputar pendidikan yang disambut dengan antusias oleh peserta. Guna membangkitkan kembali semangat setelah kegiatan Positive Vibes, diadakan Positive Vibes Challenge. Melalui challenge ini, Peserta LTLC Tahun 2021 dapat menuangkan ide kreatifnya dalam bentuk suatu karya yang diunggah melalui Instagram.

Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai beberapa narasumber pada Jumat (25/6/2021). Yuk, simak keseruan Positive Vibes sebagai rangkaian acara LTLC Tahun 2021!

Kegiatan Positive Vibes bertujuan untuk memberikan suasana yang lebih positif terhadap kejadian yang terjadi di masyarakat sekitar dalam hal pendidikan. Pembahasan terkait masalah pendidikan ini dapat membuka pemikiran para mahasiswa terhadap keadaan pendidikan saat ini sehingga mahasiswa dapat berkontribusi dalam menuangkan ide kreatifnya untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut.

“Isu-isu pendidikan yang dibahas dalam Positive Vibes ini terdapat 3 isu. Pertama, memperlihatkan adanya permasalahan peran orang tua dalam pembelajaran dalam jaringan (daring). Kedua, terkait dengan pendidikan karakter. Ketiga, berhubungan dengan minimnya literasi. Isu-isu tersebut disajikan dalam bentuk video dan ditanggapi oleh Peserta LTLC Tahun 2021,” jelas Aisyah Dea Lestari, Anggota Sie Acara LTLC Tahun 2021.

Antusiasme Peserta LTLC Tahun 2021 juga diungkapkan oleh Annisa Nur Hasanah, selaku Liaison Officer (LO) LTLC 2021 dan salah satu Peserta LTLC Tahun 2021.

“Antusias dari peserta alhamdulillah baik. Sebelum acara Positive Vibes, terdapat beberapa peserta yang merespon acara tersebut dengan baik dan ada pula yang terkesan kurang antusias. Akan tetapi, pada saat acara Positive Vibes berlangsung, banyak yang menghadiri acara tersebut. Dengan adanya Positive Vibes Challenge ini, membuat grup semakin ramai dan semakin menambah semangat peserta untuk menuju hari pelaksanaan LTLC Tahun 2021,” ujar Annisa

“Alhamdulillah acara Positive Vibes LTLC sangat bermanfaat sekali dilaksanakan saat liburan untuk mengisi waktu senggang. Dengan mengikuti acara ini saya jadi lebih melek informasi terhadap isu-isu pendidikan yang ada di Indonesia, juga ikut serta memberikan komentar dan tanggapan saya atas isu permasalahan tersebut,” ungkap Devia Inka Puspa Aishwara, salah satu Peserta LTLC Tahun 2021 yang merupakan Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP), Fakultas Ilmu Pendidikan UM Kampus II, angkatan 2020.

“Saya sangat salut dengan dua kakak moderator yang masih semangat dari awal hingga akhir acara, dan juga isu-isu yang ditampilkan sangat nyata dengan permasalahan pendidikan saat ini. Teman-teman juga semangat memberikan komentar dan pandangannya sehingga acara berlangsung dengan lancar,” tambahnya.

Selain keseruan dalam Positive Vibes, terdapat harapan yang disampaikan oleh Devia terhadap pendidikan di Indonesia untuk ke depannya.

“Harapan saya, pemerintah Indonesia harus lebih kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dalam memajukan sistem pendidikan di masa depan, karena pada zaman sekarang semua bisa diakses melalui Internet. Saya berharap pihak penanggung jawab acara televisi atau Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bisa mem-filter atau menyaring konten-konten yang akan ditayangkan agar tetap berkualitas dan tidak menghilangkan unsur-unsur pendidikan. Selain itu, peran keluarga juga sangat penting dalam menanamkan nilai pendidikan dan karakter anak pada usia dini, karena orang tua adalah guru pertama yang bisa memberikan pengaruh baik atau buruknya dalam hidup anak di masa mendatang,” tutur Devia.

Nah, itu tadi secuil keseruan dari rangkaian Positive Vibes LTLC Tahun 2021. Nantikan keseruan lainnya dalam kegiatan LTLC Tahun 2021, ya!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

Reporter          : Dima Syafa’a Nabila dan Precilia Putri Juda Pratama

Editor              : Lu’luul Jannah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *