Simak Kisah dan Tips Juara LKTI KMN BAPOMI 2020!

Simak Kisah dan Tips Juara LKTI KMN BAPOMI 2020!

Formadiksi UM News – Mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) membuktikan kembali bahwa bisa berprestasi walaupun di tengah pandemi, yakni dengan menjadi juara dalam Kompetisi Mahasiswa Nasional Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (KMN BAPOMI). Kompetisi ini diadakan oleh BAPOMI yang terdiri dari tiga cabang lomba yaitu LKTI Umum, LKTI Prestasi, dan Lomba Poster. Lomba ini dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 2 November 2020 untuk kategori Lomba LKTI Umum dan Lomba Poster. Adapun untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Prestasi dilaksanakan pada tanggal 3 November 2020. Pengumuman lomba ini diunggah melalui Instagram pada tanggal 5 November 2020.

Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai narasumber yakni Firda Nur Fitri sebagai anggota tim, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik angkatan 2018, peraih Juara Harapan 2 Lomba kategori LKTI Umum. Adapun susunan timnya antara lain:

  • Zulfi Fajar Satriawan, ketua tim, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan angkatan 2017
  • Umi Nahdiah, anggota tim, mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan angkatan 2017.

Perasaan senang dan bersyukur mengiringi Firda dan tim saat meraih juara

“Meskipun masih juara harapan 2, tetapi wah perasaannya tentu sangat senang sekali, Alhamdulillah ini menjadi pengalaman baik bagi kami,” ungkap Firda.

Reporter Formadiksi UM News juga berhasil mewawancarai Ahmad Rockib Pangestu sebagai ketua tim, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu keolahragaan angkatan 2018. Bersama timnya, Rockib berhasil meraih Juara 3 Kategori LKTI Prestasi. Adapun anggota timnya antara lain:

  • Alfitri Winda Wijayanti, anggota tim, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan angkatan 2018
  • Alzana Firzalvia, anggota tim, mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Angkatan 2018

“Saya dengan tim mengikuti cabang lomba LKTI Prestasi dengan tema Membangun Olahraga Indonesia, dan beberapa sub tema antara lain: olahraga prestasi, olahraga pendidikan, olahraga kesehatan, dan olahraga rekreasi. (Dan) untuk persyaratannya sendiri ada persyaratan umum untuk mahasiswa diploma dan S1 yang terdaftar di PDDIKTI, dan persyaratan khusus untuk mahasiswa berprestasi dalam bidang olahraga,” ucap Rockib.

“Tentunya kami satu tim sangat bahagia dan tidak disangka juga kita bisa lolos pada babak penilaian,” tambah Rockib.

Ada beberapa tips atau kunci agar dapat meraih juara dalam bidang LKTI.

“Pertama harus ada niat sehingga dari niat tersebut kita bisa berusaha dengan maksimal, dan tentunya harus ada kekompakan tim yang bisa mendorong suatu usaha tersebut agar dapat tercapai,” ungkap Rockib.

Tips atau kunci agar dapat meraih juara dalam bidang LKTI juga disampaikan narasumber lainnya.

“Tips dan kuncinya jangan takut mencoba sesuatu hal yang membuat diri berkembang dan berinovasi, serta kekompakan tim sangat diperlukan agar menjadi juara,” ucap Firda.

Dalam meraih prestasi tentunya ada cerita suka dan duka yang mengiringinya

“Kendalanya ada yakni saat hari terakhir pengiriman paper LKTI, tim kami mengirim sekitar kurang dari 10 menit dari deadline, setelah mengunjungi website buat pengumpulan, ternyata ada satu persyaratan yang terlupa, otomatis kita langsung menyelesaikan hal tersebut. Tetapi alhamdulillah, di detik-detik terakhir tim kami telah mengirim semua file yang diperlukan. Cara mengatasinya mungkin tetap menjaga kekompakan tim dan saling membantu satu sama lain,” ungkap Firda.

Kendala juga tidak hanya dihadapi Firda beserta tim. Namun, Rockib beserta tim juga menemui kendala. Berkat kerja sama tim, kendala-kendala tersebut dapat teratasi.

“Banyak sekali kendala yang kita hadapi, seperti halnya kesibukan masing-masing dalam satu tim, dan kami juga baru pertama kali mengikuti perlombaan dalam bidang akademik. Namun, karena keterbatasan pengetahuan kami mengenai lomba dalam bidang akademik ini, malah tidak menurunkan semangat untuk mencoba hal baru, dan tentunya kami juga saling bekerja sama me-manage waktu masing-masing,” ucap Rockib

Ada beberapa tips membagi waktu dan berprestasi di tengah pandemi yang disampaikan oleh narasumber

“Di tengah pendemi ini seluruh kegiatan jadi berkurang, baik dalam kegiatan cabang olahraga masing-masing, kuliah, dan lain-lain. Saya kira malah banyak waktu kosong dalam masa pandemi ini, dengan itu kami mencari peluang untuk berprestasi dengan cara tetap produktif pada masa pandemi ini,” ucap Rockib.

Tips juga disampaikan Firda agar tetap berprestasu dan bisa membagi waktu di tengah pandemi.

“Berprestasi di waktu pandemi saat ini menjadi peluang yang sangat besar untuk kita manfaatkan dengan baik, karena semua bisa dilakukan di rumah, tentunya dengan membagi waktu sebaik mungkin. Contohnya ketika hari weekend atau malam hari, dan kita mempunyai waktu luang, dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan paper KTI,” ungkap Firda.

Ada pesan yang disampaikan narasumber kepada teman-teman Bidikmisi dan KIP kuliah UM.

“Pesan untuk teman-teman Bidikmisi dan KIP kuliah UM, semangat berproses, jangan takut mencoba, dan jadikan diri sebagai motivasi untuk terus berprestasi. Semangat,” pesan Firda.

Pesan juga disampaikan Rockib agar mahasiswa penerima Bidikmisi UM tetap semangat, produktif, dan berprestasi di masa pandemi

“Pesan saya kepada teman-teman, masa pandemi ini tidak menghalangi kita untuk produktif dan berprestasi, tetap semangat dan jangan sia-siakan peluang yang sudah ada di hadapan kita,” tutup Rockib.

Tak hanya Firda dan Rockib beserta tim yang berhasil meraih juara pada ajang ini, berikut nama-nama mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang juga menorehkan prestasi pada ajang KMN BAPOMI:

  1. Raka Muhammad Nurul H., Fakultas Ilmu Keolahragaan, Juara Harapan 3 Kategori LKTI Prestasi
  2. Sholeh Sholakhudin, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Juara Harapan 1 Kategori LKTI Prestasi

Nah, itu tadi liputan tentang prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi dalam lomba KMN BAPOMI. Semoga bermanfaat dan meningkatkan motivasi kita semua untuk terus berkarya dan berprestasi.

Bidikmisi! Berprestasi tiada henti!

Reporter          : Indra Setiawan

Editor              : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *