Simak Perjuangan Meraih Juara 2 Trilomba Pekan Kebangsaan ke-V

Simak Perjuangan Meraih Juara 2 Trilomba Pekan Kebangsaan ke-V

Formadiksi UM News – Momen adaptasi kebiasaan baru tak menjadi alasan untuk berhenti berkarya. Berkarya dan berprestasi harus tetap berjalan disertai inovasi yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan. Raihan prestasi tersebut dibuktikan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) yang berhasil menjadi juara 2 cabang lomba dialog interaktif dalam ajang Trilomba Pekan Kebangsaan ke-V Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Dosen Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan FIS UM pada 9 November 2020.

Pada Selasa (10/11/2020) Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai narasumber yang merupakan ketua tim, yakni Dimas Saputra, mahasiswa penerima Bidikmisi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM angkatan 2018. Yuk, simak liputannya!

“Ajang lomba ini bernama Trilomba Kebangsaan Tingkat Nasional yang mana terdapat cabang lomba seni budaya, projek kewarganegaraan, dan dialog interaktif. Tim kami kebetulan mengikuti lomba dialog interaktif. Acara ini merupakan bagian untuk memperingati Dies Natalis UM dan sumpah pemuda,” ucap Dimas.

Sebuah prestasi pastinya karena dukungan dan kontribusi anggota tim. Adapun anggota dari tim ini di antaranya:

  • Fajar Danang Dewantara, Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial UM angkatan 2018.
  • Firda Nur Fitri, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik UM angkatan 2018.

Mekanisme lomba yakni proses seleksi sampai mempresentasikan dan mendialogkan artikel yang diangkat.

“Mekanisme awal dilakukan penyeleksian artikel, kemudian diambil 5 finalis terbaik untuk mempresentasikan dan mendialogkan artikel,” ungkap Dimas.

Setiap keberhasilan selalu ada perjuangan dan hambatan yang dihadapi oleh Dimas dan tim. Namun, dapat diatasi dengan baik dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan Dimas beserta tim.

“Proses kendala yang kami hadapi yakni pada saat hari-H atau presentasi. Karena presentasi via Zoom. Salah satu anggota kami mengabarkan tiba-tiba ada pemadaman listrik di daerahnya. Oleh sebab itu, kami sedikit cemas jika salah satu anggota tim tidak lengkap. Namun, alhamdulilah masalah tersebut dapat diatasi dengan baik, anggota tim kami pergi ke daerah kecamatan lain untuk memperoleh jaringan internet yang baik. Alhamdulilah kami mendapatkan hasil yang baik dan sesuai dengan harapan tim,” ucap Dimas.

Perasaan senang dan bersyukur mengiringi Dimas dan tim menjadi juara 2 dalam lomba tersebut.

“Perasaan kami sangat senang dan bersyukur bisa memperoleh posisi juara 2 di antara peserta-peserta yang hebat,” ungkap Dimas.

Sebagai penutup, Dimas menyampaikan pesan untuk mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Pesan yang dapat saya sampaikan kepada teman-teman mahasiswa penerima Bidikmisi UM, yakni jadilah insan yang memiliki kualitas pribadi yang baik dan dapat bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Di masa pandemi ini justru kita harus lebih semangat untuk memperoleh prestasi di bidang apapun sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Janganlah takut dan ragu untuk mencoba hal baru. Karena saya percaya bahwa tidak ada yang tidak mungkin, jika kita ingin berkerja keras dengan sungguh-sungguh. Tetap semangat untuk terus berprestasi!” tutup Dimas.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari, Indra Setiawan

Editor              : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *