SMNPDN 2019: Enam Hari Temu Diskusi Dan Silaturahmi Di Yogyakarta

Formadiksi UM News – Tepatnya Minggu (21/4/2019), delegasi Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) berangkat menuju Yogyakarta dalam rangka mengikuti agenda Silaturahmi dan Musyawarah Nasional Permadani Diksi Nasional atau yang biasa disingkat SMNPDN. Dalam agenda rutin dua tahunan tersebut, Kiki Maritasari (Bendahara Formadiksi UM) dan Nurul Alfi’ah (Sekretaris Formadiksi UM) berkesempatan untuk mengikuti enam hari kegiatan, yakni Senin-Sabtu (22-27/4/2019) yang tepatnya dilaksanakan di kampus Universitas Gadjah Mada (UGM). Pada SMNPDN 2019, Reporter Formadiksi UM News melakukan wawancara dan berhasil merangkum liputan sebagai berikut.

Apa sebenarnya SMNPDN itu?

Seperti singkatannya, yakni Silaturahmi dan Musyawarah Nasional Permadani Diksi Nasional, SMNPDN merupakan forum silaturahmi dan musyawarah yang diselenggarakan oleh Pengurus Permadani Diksi Nasional. SMNPDN menjadi ajang untuk mengevaluasi satu tahun kepengurusan Permadani Diksi Nasional sekaligus merancang program kerja satu tahun kepengurusan mendatang. Seperti nama kegiatannya, segala susunan acara yang berkaitan dengan evaluasi dan perancangan program kerja dilaksanakan secara musyawarah melalui diskusi yang dipimpin oleh panitia yang bertugas.

 

Penyelenggara SMNPDN adalah Permadani Diksi Nasional, apa Permadani Diksi Nasional itu?

Adapun Permadani Diksi Nasional sendiri merupakan kependekan dari Persatuan Mahasiswa dan Alumni Bidikmisi Nasional. Permadani Diksi Nasional berkedudukan di masing-masing Perguruan Tinggi yang menjadi anggota dan berpusat di Perguruan Tinggi dari Ketua Umum. Dalam SMNPDN, juga dilaksanakan pemilihan Ketua Umum Permadani Diksi Nasional untuk periode kepengurusan berikutnya.

 

Hari pertama SMNPDN 2019.

Pada hari pertama atau yang disebut dengan Sugeng Rawuh, dilaksanakan pada Senin (22/4/2019).

“Iya, dik. Namanya Sugeng Rawuh, jadi memang sambutan selamat datang untuk para delegasi,” ujar Kiki pada kesempatan wawancara, Minggu (28/4/2019).

Pada hari pertama tersebut terdapat serangkaian kegiatan meliputi Sambutan Ketua Keluarga Mahasiswa Bidikmisi Universitas Gadjah Mada (Kamadiksi UGM), Sambutan Rektor UGM, Sambutan Direktur Kemahasiswaan Ristekdikti, Talk Show Alumni Bidikmisi, dan Sosialisasi Calon Ketua Badan Pengurus Pusat Permadani Diksi Nasional (BPP PDN) 2019-2021.

Adapun calon ketua berasal dari 4 perguruan tinggi, atas nama Rizal Maula (UPN Veteran Jawa Timur), Dewantoro (Universitas Negeri Padang), Niza Al Faadhilah (Politeknik Negeri Malang), dan Muhammad Oky Fauzi (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta).

 

Hari kedua SMNPDN 2019.

Di hari kedua, Selasa (23/4/2019) dilaksanakan pembukaan kegiatan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Bidikmisi serta persembahan Tarian Nusantara. Kegiatan dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia SMNPDN 2019, Laporan Ketua Kamadiksi UGM 2017-2019, dilanjutkan Sambutan Ketua Kamadiksi UGM 2017-2019, Sambutan Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran, dan Kemahasiswaan, serta Pengumuman Pemenang Kompetisi Bidikmisi yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Selanjutnya dilaksanakan Sosialisasi Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) oleh Ratna Prabandari, S.Psi., M.Ed. (Plt. Kepala Divisi Pelayanan Beasiswa LPDP) dan Drs. Ismet Yus Putra, MM. (Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti).

Agenda Sosialisasi LPDP yang masuk dalam rangkaian Seminar Nasional tersebut kemudian dilanjutkan dengan materi berikutnya yang disampaikan oleh Gusti Kanjeng Ratu Hayu (Tepas Tendha Yekti, Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat) dan Wahyu Aji (CEO Good News From Indonesia) yang dimoderatori oleh Dr. Iva Ariani. M. Hum (Kepala Humas dan Protokol, Universitas Gadjah Mada).

Pada hari kedua ini juga dilaksanakan Musyawarah Nasional yakni Sidang Pleno I tentang pembahasan tata tertib sidang dan Sidang Pleno II tentang pemilihan pimpinan sidang.

 

Hari ketiga SMNPDN 2019.

Pada hari ketiga, Rabu (24/4/2019) melanjutkan agenda Musyawarah Nasional yang telah dilaksanakan pada hari kedua yakni Sidang Pleno II tentang laporan pertanggungjawaban Badan Pengurus Pusat Permadani Diksi Nasional periode 2017-2019.

 

Hari keempat SMNPDN 2019.

Hari keempat, Kamis (25/4/2019) melanjutkan agenda Sidang Pleno II yakni pendemisioneran. Setelah pendemisioneran, dilaksanakan Sidang Pleno III yakni tentang Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan Garis-Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO). Kemudian dilanjutkan Sidang Pleno IV, yaitu Pemilihan Ketua Umum Permadani Diksi Nasional periode 2019-2021.

 

Hari kelima SMNPDN 2019

Di hari kelima, Jumat (26/4/2019) ditetapkan Ketua Umum Permadani Diksi Nasional 2019-2021 yang telah terpilih pada agenda sebelumnya. Penetapan ini dilaksanakan melalui Sidang Pleno IV. Adapun ketua umum terpilih ialah Rizal Maula dari UPN Veteran Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan Sidang Pleno V yakni rekomendasi program kerja untuk Permadani Diksi Nasional periode 2019-2021. Di hari kelima juga dilaksanakan Malam Kreasi Budaya Nusantara.

“Pada Malam Kreasi Budaya Nusantara, pada perwakilan wilayah 1-10 menampilkan salah satu budaya dari daerahnya, dik,” terang Kiki.

Tujuan di hari kelima diadakan Malam Kreasi Budaya Nusantara juga untuk mengakrabkan satu sama lain seperti yang dijelaskan oleh Erlina, Ketua Panitia SMNPDN 2019.

“Tujuannya secara nasional, awal di proposal sudah pakai baju adat dan untuk malam kreasi bisa menampilkan bakat dan kami memberikan panggung  supaya bersifat lebih santai dari malam-malam sebelumnya. Empat hari sudah spaneng, maka dari itu di hari terakhir (sebelum field trip)  dibuat seperti itu juga supaya dapat lebih mengakrabkan satu sama lain,” jelasnya.

 

Hari keenam SMNPDN 2019

Setelah seluruh agenda utama tersebut dilaksanakan, kegiatan berikutnya yakni field trip untuk seluruh peserta dan panitia SMNPDN 2019.

 

Dari hampir sepekan kegiatan nasional tersebut, Kiki Maritasari selaku salah satu delegasi Formadiksi UM menyampaikan kesan dan harapannya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Musyawarah nasional kemarin itu sangat berkesan, karena banyak sekali perbedaan pendapat pada saat sidang. Akan tetapi waktu selesai sidang, kita masih bisa kompak, gitu. Sangat berkesan juga karena kita bisa bertemu dengan 295 peserta dari 120 perguruan tinggi yang ada di seluruh Indonesia dan berkumpul di acara SMNPDN 2019 di Universitas Gadjah Mada kemarin,” jelas Kiki.

 

Seluruh kegiatan SMNPDN 2019 berjalan dengan lancar sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Panitia SMNPDN 2019.

“Harapannya ke depan untuk SMNPDN adalah yang paling penting untuk koordinasinya lebih ditingkatkan sebagai yang memiliki hajat semua. Kami pelaksanaan lebih ke koordinasi, delegasi juga bisa respect pihak panitia juga respect, intinya saling memberikan feedback (harapannya untuk delegasi),” ungkap Erlina.

 

Reporter          : Amanatul Haqqil Ibad dan Nanda Ayu Luthfi Khofifah

Editor              : Nurul Alfi’ah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *