Studi Organisasi dengan LBM UPI: Tak Hanya Ceremonial Biasa

BANDUNG, Formadiksi UM News – Sabtu (14/9/2019) Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) kali ini berkesempatan berkunjung ke Provinsi Jawa Barat, lebih tepatnya di Kota Bandung untuk melakukan Studi Organisasi ke Lingkar Bidikmisi Universitas Pendidikan Indonesia (LBM UPI).

Tiga belas jam perjalanan tidak terasa melelahkan karena sambutan yang begitu hangat dan luar biasa dari pengurus LBM UPI.  Ucapan terima kasih  kepada Formadiksi UM yang telah bersedia untuk berkunjung ke LBM UPI juga disampaikan oleh Ketua Umum LBM UPI, Dimas Febriansyah yang sering dipanggil Kang Dimas.

“Ketika ada kunjungan seperti ini bisa meningkatkan tali silaturahmi kita dan yang terpenting bisa saling kenal satu sama lain,” ujar Kang Dimas.

Perasaan senada juga diungkapkan oleh Harry, Ketua Pelaksana Studi Organisasi Formadiksi UM dan LBM UPI 2019.

“Semoga silaturahmi kita tidak berhenti sampai di sini dan bisa terus menerus serta kesannya untuk Formadiksi UM, pokoknya mantaplah,” ungkap Harry.

Formadiksi UM memilih LBM UPI untuk dikunjungi bukan tanpa alasan. LBM UPI termasuk organisasi yang baik dari segi manajemen organisasi serta juga banyak program kerja yang berpotensial untuk dikolaborasikan dengan Formadiksi UM, selain itu pengelolaan dan komunikasi dengan pihak kemahasiswaan juga terjaga dengan baik.

Studi Organisasi yang dilakukan Formadiksi UM di tahun 2019 ini mendapatkan apresiasi yang baik dari pihak Kemahasiswaan. Beberapa pihak Kemahasiswaan UM turut ikut serta dalam kegiatan ini di antaranya adalah Bapak Nur Kholis dan Bapak Sugianto selaku Staf Pelayanan Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Acara ini dimulai dengan pembukaan dan sambutan baik dari pihak UPI dan UM. Kemudian dianjutkan dengan presentasi program kerja LBM UPI dan presentasi Selayang  Pandang dari Formadiksi UM. Dilanjutkan dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) antara Pengurus Formadiksi UM dan Pengurus LBM UPI. Momen FGD menjadi inti dari kegiatan ini karena saling bertukar pikiran dan pengalaman yang ditinjau dari masing-masing program kerja atau kegiatan rutinan kedua belah pihak. Dalam sesi FGD, divisi-divisi dari Formadiksi UM serta departemen-departemen dari LBM UPI didudukkan bersama berdasarkan kesamaan ranah tugas dalam bekerja.

Selain kegiatan-kegiatan tersebut, dalam Studi Organisasi ini juga terdapat penandatanganan nota kesepahaman antara Formadiksi UM dan LBM UPI.

“Dengan adanya nota kesepahaman ini, kita bisa lebih serius dalam pelaksanaannya. Kita sama-sama organisasi Bidikmisi gitu. Banyak kegiatan di tingkat Nasional ataupun terkait publikasi (informasi kepada Mahasiswa Bidikmisi). Dengan adanya nota kesepahaman tersebut kita saling mengisi satu sama lain. Jadi memang hal yang positif terkait nota kesepahaman. Harapannya jangan hanya sebuah teks saja gitu, tapi bisa diimplementasikan dalam hal yang nyata,” ungkap Kang Dimas.

Apresiasi terhadap Program Kerja Formadiksi UM dan harapan terhadap kegiatan ini juga diberikan oleh LBM UPI. Seperti halnya yang diungkapkan oleh Ketua Umum LBM UPI.

“Dari proker (program kerja) Formadiksi UM banyak sekali hal yang bisa kita (LBM UPI) ambil gitu ya, terutama kalau bandingannya dengan LBM UPI yang paling terlihat adalah pengeloloaan medianya gitu yang sudah sangat masif sekali. Dan dari LBM UPI masih dalam tahap belajar. Dari Formadiksi UM yang sangat menjadi sorotan dan menjadi patut serta perlu diimplementasikan di Lingkar Bidikmisi adalah pengelolaan medianya. Proker-proker lainnya pun juga cukup bagus,” jelas Kang Dimas.

“Harapan setelah kegiatan ini yang pertama jangan hanya sebagai ajang seperti ibaratnya ceremonial saja, tapi ada pelajaran yang bisa kita ambil baik bagi Formadiksi UM ataupun bagi LBM UPI. Lalu yang kedua kita sesama organisasi Bidikmisi baik di UM atau di UPI lebih erat lagi hubungannya, jangan sampai putus komunikasi (hanya) sampai disini. Yang ketiga harapannya teman-teman Formadiksi UM bisa mendapatkan hal positif dari kita (LBM UPI) dan begitu sebaliknya,” tutupnya.

Selaras dengan yang diungkapkan oleh Ketua LBM UPI, Ketua Formadiksi UM juga mengungkapkan hal yang sama terkait kesan dan harapan setelah terlaksananya Studi Organisasi Formadiksi UM dan LBM UPI di tahun 2019 ini.

“Saya sangat senang sekali bisa bertukar ilmu dengan LBM UPI. Banyak sekali program kerja yang bagus dan manajemen pengurus yang tertata. Semoga hal-hal yang baik yang kami peroleh di LBM UPI dapat kami terapkan di Formadiksi UM sesuai dengan kultur kami,” ungkap Riduwan Prasetya, Ketua Formadiksi UM 2019.

 

Reporter          : Chantika Putri Ana

Editor              : Nanda Ayu Lutfhi Khofifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *