Sukses Terbitkan Empat Edisi Buletin PRASASTI, Hadirkan Inovasi Tuai Inspirasi

Sukses Terbitkan Empat Edisi Buletin PRASASTI, Hadirkan Inovasi Tuai Inspirasi

Formadiksi UM News–Guna meningkatkan minat baca mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang (UM), Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah menerbitkan Buletin PRASASTI sebanyak empat edisi.

Untuk mengetahui lebih lanjut terkait bagaimana terselenggaranya Buletin PRASASTI Formadiksi UM tahun 2020 ini, pada Rabu (23/12/2020) Reporter Formadiksi UM News telah mewawancari Amanatul Haqqil Ibad selaku Wakil Ketua Formadiksi UM, Syani Yemima Syahrul selaku Ketua Pelaksana Buletin PRASASTI, dan Erlinda Cahya Fauriza salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

Buletin PRASASTI tahun ini dikemas dalam bentuk media cetak-noncetak dengan tujuan meningkatkan minat baca mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM.

“Alhamdulillah, meskipun di masa pandemi, Formadiksi UM tetap bisa mengintegrasikan program kerja-program kerjanya sesuai dengan tujuan pelaksanaan. Mendekatkan tujuan pelaksanaan dengan penyesuaian-penyesuaian yang diperlukan. Hal ini juga dilakukan untuk produk jurnalistik Formadiksi UM yang mulanya berupa media cetak dengan tujuan utama meningkatkan minat baca mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah, harus disesuaikan dengan keadaan sehingga menjadi media cetak-noncetak tanpa menghilangkan tujuan utama itu sendiri. Produk jurnalistik yang dimaksud adalah Buletin PRASASTI,” ungkap Amana yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Matematika.

“Memantik minat baca sendiri tidak serta merta tanpa alasan. Hal ini merupakan proyeksi tingkat minat baca di Indonesia yang masih rendah. (Sehingga) di dalamnya tentu disajikan berbagai konten yang merupakan informasi dan juga apresiasi untuk mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM,” imbuh Amana.

Tujuan lain terbitnya Buletin PRASASTI juga diungkapkan oleh Ketua Pelaksana Buletin PRASASTI yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia tersebut.

“Buletin PRASASTI bertujuan untuk memberikan informasi seputar program kerja Formadiksi UM dan mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Selain itu, Buletin PRASASTI juga menjadi media untuk mempublikasikan karya mahasiswa penerima Bidikmisi UM lewat konten Ruang Karya,” papar Syani.

Selaras dengan yang diungkapkan oleh Amana, Syani juga mengungkapkan pelaksanaan Buletin Prasasti yang sukses diterbitkan walau di tengah pandemi.

“Tahun ini, program kerja Buletin PRASASTI dilaksanakan secara online. Oleh karena itu, proses penyusunannya pun dilakukan lewat koordinasi secara online. Namun, hal tersebut tidak membuat penerbitan Buletin PRASASTI menjadi terhambat, melainkan menjadikan Tim Buletin PRASASTI tertantang dalam arti positif untuk dapat menerbitkan empat edisi Buletin PRASASTI walaupun di tengah masa pandemi,” tambah Syani.

Tak sekadar terbit, Buletin PRASASTI juga hadir kembali dengan inovasi-inovasi menarik di tahun ini.

“Selain diterbitkan secara online, tahun ini konten video luaran buletin juga memuat pameran virtual Buletin PRASASTI 2020. Dalam pameran virtual tersebut, penonton akan diajak berkeliling untuk melihat empat edisi dari Buletin PRASASTI sambil membaca informasi tentang tema Buletin PRASASTI dari masing-masing edisi. Tak kalah menarik, inovasi terkait kuis Buletin PRASASTI juga sangat disambut baik oleh para pembaca. Banyaknya mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP Kuliah UM yang mengirim jawaban, membuat keputusan untuk menentukan pemenang kuis tidaklah mudah dan hadiah kuis selalu menjadi rebutan,” jelas Syani saat diwawancarai oleh Reporter Formadiksi UM News.

Adanya Buletin PRASASTI tentunya juga membawa manfaat yang dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi atau KIP Kuliah UM, salah satunya diungkapkan oleh Erlinda yang juga merupakan Mahasiswa Jurusan KSDP Kampus II UM.

“Menurut saya dengan adanya Buletin PRASASTI ini sangat bermanfaat sekali, Buletin PRASASTI memuat berita-berita ter-update seperti prestasi-prestasi mahasiswa penerima Bidikmisi yang tentunya memotivasi para pembaca agar terus berprestasi, serta Buletin PRASASTI juga memuat informasi terkait program kerja yang telah dan akan dilaksanakan oleh Formadiksi UM,” ujar Erlinda.

“Awalnya penasaran apa aja sih yang ada di Buletin PRASASTI, dan akhirnya setelah membaca wow ternyata Buletin PRASASTI sangat menarik sekali, apalagi ada kuis dan hadiah yang membuat lebih menarik lagi. Terima kasih Formadiksi UM,” tutup Erlinda di akhir wawancara.

Reporter              : Chantika Putri Ana

Editor                    : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *