Syaiful: Kegagalan Tak Menyurutkan Semangat Gapai Prestasi di Kancah Internasional

Formadiksi UM News – Mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) telah meraih predikat Honourable Mention (HM) pada ajang tingkat internasional yaitu International Mathematics Competition (IMC) for University Students 2020.

Pada hari Jumat (31/7/2020) Reporter Formadiksi UM News telah berhasil mewawancarai Muchamad Syaiful Faristyan, mahasiswa penerima Bidikmisi UM peraih predikat Honourable Mention (HM) dalam ajang IMC 2020.

Adapun ajang perlombaan ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh University Collage London, pada 25–30 Juli 2020. Motivasi Muchamad Syaiful Faristyan membuat ia terus berusaha meraih mimpinya.

“Awalnya saya hanya ingin ikutan saja. Akan tetapi, saya punya target, yaitu HM dan alhamdulillah tercapai. Pertama, saya ingin membanggakan kedua orang tua. Kedua, ingin membanggakan nama besar UM. (Dan) yang ketiga karena saya dibiayai oleh kampus. Jadi, harus dapat sebaik-baiknya dalam mengerjakan soal tanpa memikirkan hasil terlebih dahulu. Hasil akan mengikuti usaha, itu yang saya yakini,” ungkap mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut.

Di balik meraih capaian prestasi tersebut, ternyata rasa kecewa atas kegagalan juga pernah Syaiful alami.

“Memasuki tahun 2020, ada event lomba di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Penyisihan dilaksanakan di Malang. Alhamdulillah saya masuk final dan berangkat ke Yogyakarta dan berharap pulang membawa tropi. Hanya saja, saya pulang dengan perasaan sedih dan semangat membara saya terasa seperti menghilang. Apalagi ketika FMC (Fun Mathematic Competition) tahun 2020 antara tidak terlaksana atau tertunda dikarenakan pandemi ini,” ujar Syaiful.

Banyak kegagalan yang Syaiful alami. Akan tetapi ia tetap bersemangat, yakin, dan berusaha untuk meraih apa yang ia inginkan.

Drop. Namun, banyak teman dan guru saya yang kembali membangkitkan semangat saya untuk olimpiade (memberikan motivasi) dan di situlah tekad saya muncul. Tidak ingin gagal lagi. Alhamdulillah dapat ikut serta pada event internasional. (Dan) ini merupakan event pertama saya pada tingkat internasional. Soal-soalnya terbilang wow dan sempat pesimis akan gagal lagi setelah mengetahui soal-soalnya seperti ini. Setelah penutupan event kemarin, saat saya sedang takbiran di masjid, saya kaget karena mengetahui ternyata saya dapat medali HM yang merupakan target saya dalam ajang ini,” ulas mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tersebut.

Kemudian Syaiful juga menyelipkan sedikit tips untuk membangkitkan semangat belajar matematika dengan mudah, karena mayoritas menganggap bahwa matematika merupakan sesuatu yang dikatakan rumit.

“Belajar matematika memang tidak mudah. Hanya saja kalau memiliki guru-guru yang dapat diajak diskusi dengan baik (alias friendly) dan memiliki sekumpulan teman yang memiliki hobi yang dikatakan hampir sama, dijamin belajar matematika akan lebih menyenangkan,” ungkap Syaiful.

Kemudian, ia juga berpesan dan berharap kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM untuk tetap bersemangat meraih prestasi.

“Semoga mahasiswa penerima Bidikmisi UM dapat membuktikan, bahwa mereka layak mendapat beasiswa ini. Tetap semangat meraih tujuan dan menjalankan hobi,” pungkas Syaiful di akhir wawancara.

Semoga kita semua senantiasa memiliki kobaran semangat yang tinggi untuk berprestasi sampai kancah internasional.

Bidikmisi, Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Chantika Putri Ana

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *