Tak Hanya Mahasiswa Bidikmisi UM, Finalis LKTI Hadiri Sarasehan Kebudiluhuran

MALANG, Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Kebudiluhuran. Kegiatan yang dinaungi oleh Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) Formadiksi UM  dilaksanakan pada Sabtu (7/9/2019) di Aula Perpustakaan Universitas Negeri Malang Lantai 2.

Pemateri yang mengisi kegiatan Sarasehan Kebudiluhuran kali ini ialah Bapak Ngesti Dwi Prasetyo S.H., M.H. dari Universitas Brawijaya dan Ibu Dr. Sri Untari, M.Si. dari Universitas Negeri Malang. Tema yang diangkat yaitu “Membentuk Pribadi yang Cerdas dan Unggul Melalui Pendidikan Multikultural Guna Membangun Semangat Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

“Kita ini terdiri dari ribuan suku, sikap yang harus dimunculkan yaitu bagaimana kita bisa melakukan toleransi terhadap perbedaan-perbedaan yang multikultural. Oleh karena itu untuk seluruh Mahasiswa Bidikmisi di tengah-tengah kemultikulturalan ini, jangan lupa untuk terus berprestasi tanpa henti. Berprestasi di segala bidang tidak hanya akademik. Ingat ya terus berprestasi, yang namanya berprestasi yaitu dinamis dan progresif artinya dari hari-ke hari harus meningkat,” jelas Dr. Mu’arifin, M.Pd., Wakil Rektor III Universitas Negeri Malang.

Kegiatan Sarasehan Kebudiluhuran dilaksanakan bebarengan dengan serangkaian kegiatan Final LKTI Mahasiswa Bidikmisi Tingkat Nasional 2019 sehingga peserta Sarasehan Kebudiluhuran tak hanya Mahasiswa Bidikmisi UM saja, namun juga finalis LKTI Mahasiswa Bidikmisi Tingkat Nasional 2019 yang berasal dari berbagai daerah.

“Luar biasa, kami menyabut dengan sangat baik kegiatan-kegiatan seperti ini. Apalagi juga sudah melibatkan peserta (Finalis LKTI Mahasiswa Bidikmisi Tingkat Nasional 2019) dari luar UM bahkan tingkat nasional. Makanya itu sangat bagus. Alhamdulillah, masing-masing wilayah itu ada wakilnya. Terima kasih ya, semangat sukses,” ungkap Bapak Subur Hariono selaku pendamping teknis Formadiksi UM.

Secara keseluruhan telah sukses diselenggarakan dibuktikan dengan adanya apresiasi peserta atas kegiatan ini. Hal ini diungkapkan oleh peserta Sarasehan Kebudiluhuran dan salah satu Finalis LKTIN 2019 pada kesempatan wawancara oleh Reporter Formadiksi UM News.

“Setelah seminar ini saya mendapat banyak ilmu yang bermanfaat bagi wawasan kebangsaan,” ujar Karina, Mahasiswa Bidikmisi dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) angkatan 2018 sebagai salah satu peserta Sarasehan Kebudiluhuran.

Hal yang diungkapkan peserta Sarasehan Kebudiluhuran senada dengan ungkapan dari Zhufar, Mahasiswa FIP UM angkatan 2017 dan merupakan salah satu finalis LKTI yang mengikuti acara Sarasehan Kebudiluhuran.

“Sarasehan Kebudiluhuran ini merupakan kegiatan yang sangat baik bagi mahasiswa untuk meningkatkan rasa nasionalisme mahasiswa,” tutupnya.

 

Reporter          : Dian Bagas Pratama Saputra

Editor              : Nadya Erawati dan Chiti Rahayu

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *