Tercipta Wujud Nyata, Mudah Menebar Manfaat melalui Donasi 1%

Tercipta Wujud Nyata, Mudah Menebar Manfaat melalui Donasi 1%

Formadiksi UM News — Telah usai dilaksanakan, salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yaitu Donasi 1% Periode September 2020—Februari 2021 pada tanggal 23 Oktober 2020. Program kerja yang dinaungi oleh Divisi Dana dan Usaha (Danus) ini telah memberikan kesempatan kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM untuk memberikan sedikit bagian dari biaya living cost yang telah diterima oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM, untuk menebar manfaat dan wujud nyata dari Donasi 1%. Bahkan, kesempatan ini dapat dilakukan dengan lebih mudah dan simple.

Pada Senin (9/11/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM, Diah Ursilah mahasiswi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah (KSDP), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) yang berpartisipasi dalam Donasi 1% pada periode ini. Ia memaparkan alasannya melakukan Donasi 1%.

“Karena ingin berpartisipasi dalam program Formadiksi UM. Selain itu, saya berniat untuk melakukan sedekah dari dana Bidikmisi yang saya terima. Donasi 1% ini cukup mudah dilakukan. Bahkan dapat melalui OVO sehingga lebih cepat dan praktis. Lalu, dana yang terkumpul dari Donasi 1% ini dapat digunakan untuk mewadahi aspirasi dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM, misalnya ketika Formadiksi UM menyelenggarakan lomba-lomba dan kami mengikuti lomba-lomba tersebut,” jelas Diah.

Hampir sama seperti pemaparan Diah Ursilah, Siska Dwi Novita Sari sebagai Penanggung Jawab Jurusan (PJJ) Pendidikan Luar Sekolah, juga menyampaikan bahwa pelaksanaan Donasi 1% lebih mudah dan antusiasme teman-teman penerima Bidikmisi UM semakin baik.

“Antusiasme teman-teman dalam Donasi 1% pada periode ini, alhamdulillah dapat dikatakan baik. Meskipun dalam keadaan yang kurang mendukung, seperti keluhan teman-teman yang rumahnya jauh dari lokasi Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Namun, karena sangat antusiasnya, teman-teman juga menggunakan metode pembayaran lain seperti yang sudah disarankan oleh Formadiksi UM sendiri, dengan menggunakan e-banking atau OVO sehingga saran tersebut sangat membantu teman-teman yang jauh dari lokasi ATM. Tidak hanya itu, beberapa teman yang pada periode sebelumnya tidak merespon ketika ada informasi terkait Donasi 1%, di periode ini respon mereka mulai terlihat dengan bertanya dan memberikan konfirmasi partisipasi terkait Donasi 1%,” papar Siska.

Penghimpunan Donasi 1% Periode September 2020—Februari 2021 akan memberikan wujud nyata atau manfaat yang dapat dilihat dan dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM maupun orang lain. Seperti pemaparan Wakil Ketua Formadiksi UM Tahun 2020, Amanatul Haqqil Ibad kepada Reporter Formadiksi UM News pada Selasa (10/11/2020).

“Donasi 1% merupakan dana mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang didonasikan untuk keperluan pengembangan potensi mahasiswa penerima Bidikmisi UM itu sendiri dan dana sosial. Pengembangan potensi diwujudkan melalui program kerja pelatihan, seperti pelatihan dalam bidang Karya Tulis Ilmiah (KTI), esai, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan debat. Pelatihan tersebut tidak sekadar memberikan materi tetapi juga dirancang untuk harus menghasilkan output nyata, tentunya dengan berbagai pendampingan dari para tentor. Selain pelatihan, ada juga kegiatan sosial seperti donasi bencana alam dan penyampaian dana bela sungkawa kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang mengalami musibah,” jelas mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) tersebut.

Tidak lupa, dengan dilaksanakannya Donasi 1% Periode September 2020—Februari 2021 yang dimulai pada 4 September hingga 23 Oktober 2020, diharapkan agar mahasiswa penerima Bidikmisi UM dapat lebih aktif mengikuti program kerja yang diselenggarakan oleh Formadiksi UM agar terciptanya wujud nyata dari Donasi 1% itu sendiri.

“Semoga mahasiswa penerima Bidikmisi UM dapat lebih dan terus aktif mengikuti program kerja yang diselenggarakan oleh Formadiksi UM yang sebagian besarnya merupakan wujud nyata hasil dari Donasi 1%. Saran dan masukan dapat terus disampaikan melalui form aspirasi (Formadiksi UM Aspiration Center) apabila menginginkan program kerja atau pengembangan potensi tertentu agar kemudian dapat dikaji oleh Pengurus Formadiksi UM. Ke depan, semoga rancangan kebermanfaatan Donasi 1% dapat lebih dirasakan oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM. Semakin tinggi rasa kebermanfaatan tersebut, semakin tinggi pula rasa untuk berpartisipasi dalam Donasi 1%, dan akan semakin baik pula insyaallah penunjang pengembangan potensi mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang diberikan melalui berbagai program kerja Formadiksi UM,” tutup Amanatul Haqqil Ibad.

Demikian informasi terkait jalannya Donasi 1% Periode September 2020—Februari 2021. Tetap berbagi dan saling menebar kebermanfaatan antarsesama.

Ikhlas Berdonasi, Sejukkan Hati Mahasiswa Penerima Bidikmisi!

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Ayu Anggraeni Wulansari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *