Tiga Hari Lagi Perpanjangan Donasi 1% Periode Maret–Agustus Ditutup

Formadiksi UM News Donasi  1% merupakan salah satu program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang dinaungi oleh Divisi Dana dan Usaha. Donasi 1% dilaksanakan sejak tanggal 11 Maret 2020. Pada Selasa (14/4/2020), Formadiksi UM mulai memperpanjang penutupan Donasi 1% hingga 28 April 2020 mendatang, yang kurang tiga hari lagi.

Pada suatu kesempatan Kamis (23/4/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil melakukan wawancara kepada Ketua Pelaksana Donasi 1%, Rohma Roifatunnisa’, terkait perpanjangan Donasi 1% Periode Maret–Agustus Tahun 2020. Simak yuk, apa saja hal yang berkaitan dengan perpanjangan Donasi 1%!

“Tujuan diadakannya perpanjangan yaitu seperti yang kita tahu, di tengah pandemi Covid-19 ini, banyak mahasiswa penerima Bidikmisi yang sulit untuk melakukan Donasi 1%. Ada yang rumahnya jauh dari Anjungan Tunai Mandiri (ATM), ada yang masih proses karantina individu, dan lain-lain. Oleh karena itu, untuk memberikan kesempatan dan memberikan jalan yang lebih mudah kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan Donasi 1%, akhirnya kegiatan Donasi 1% ini pun diperpanjang,” ungkap Roif.

Donasi 1% merupakan salah satu program kerja yang manfaatnya dapat dirasakan oleh banyak pihak, mulai dari mahasiswa penerima Bidikmisi UM maupun pihak yang membutuhkan. Dana hasil Donasi 1% ini akan dikelola oleh Bendahara Formadiksi UM untuk kegiatan yang bermanfaat antara lain sebagai berikut:

  1. Bakti sosial ke masyarakat

Dana Donasi 1% akan disalurkan kepada masyarakat. Dengan kegiatan bakti sosial ke masyarakat ini mahasiswa penerima Bidikmisi UM akan melatih diri untuk peduli terhadap lingkungan sosial.

  1. Mendanai kegiatan pengembangan mahasiswa penerima Bidikmisi UM

Dana hasil Donasi 1% yang dikelola oleh Formadiksi UM juga digunakan untuk mendanai kegiatan-kegiatan kebidikmisian yang bisa diikuti oleh mahasiswa penerima Bidikmisi UM seperti pelatihan-pelatihan (Karya Tulis Ilmiah (KTI), esai, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), dan debat), perlombaan (cipta opini, puisi, dan cerpen, Bidikmisi Skills Competition (B-Sic), KTI & esai tingkat nasional), dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan tersebut akan membantu mahasiswa penerima Bidikmisi UM mendapatkan ilmu, wawasan, dan juga pengalaman yang luar biasa.

  1. Meningkatkan kesejahteraan mahasiswa penerima Bidikmisi UM

Di Formadiksi UM terdapat program kerja Pusat Pelayanan Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa serta Formadiksi UM Aspiration Center yang akan membantu dan memberikan solusi terbaik kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM dalam bidang akademik, non-akademik dan finansial serta menampung aspirasi mahasiswa penerima Bidikmisi UM.

“Dengan adanya pandemi Covid-19 ini maka satu-satunya cara untuk berdonasi yaitu teman-teman bisa melakukannya secara online yaitu transfer ke nomor rekening yang sudah dicantumkan, dan alhamdulillah kemarin sudah ditambahkan nomor rekening bank lainnya untuk mempermudah teman-teman melakukan Donasi 1%. Maka dari itu ayo tinggal 3 hari lagi lo! Jangan lupa (melakukan) Donasi 1% ya! Namun, jangan lupa ketika pergi ke ATM untuk melakukan pembayaran Donasi 1% harus mengikuti peraturan ya, dan pakai masker,” ujar Roif.

Dalam kesempatan lain, yakni Jumat (24/4/2020) Reporter Formadiksi UM juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan wawancara dengan salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang telah berpartisipasi dalam Donasi 1%, Rafi’i Dwi Saputra.

“Motivasi saya ikut berdonasi pada periode ini adalah ingin bersedekah dan membantu program kerja Formadiksi UM, serta agar berdampak positif pada yang lainnya,” ungkap Rafi’i mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang.

Dalam kegiatan Donasi 1%, mahasiswa penerima Bidikmisi UM yang berpartisipasi mempunyai kesan-kesan dan manfaat yang berbeda satu sama lain.

“Kesan saya telah berpartisipasi dalam Donasi 1% periode ini adalah saya merasa senang karena dapat bersedekah dan membantu program kerja Formadiksi UM. Saya juga menyadari bahwa mahasiswa penerima Bidikmisi UM sudah seperti bagian dari keluarga. Jadi, harus saling tolong-menolong. Bahkan dana Donasi 1% tersebut juga disalurkan kepada masyarakat, misalnya dalam kegiatan Formadiksi Untuk Negeri (FUN). Manfaat yang saya rasakan setelah berdonasi adalah saya dapat melakukan kegiatan yang positif yaitu telah berdonasi agar terbiasa untuk saling membantu antar sesama,” ujar Rafi’i.

Nah, terbukti bahwa Donasi 1% berdampak positif bagi diri kita bahkan untuk orang lain. Jadi, tunggu apalagi untuk berdonasi? Masih ada kesempatam 3 hari lagi untuk kita melakukan Donasi 1% Periode Maret–Agustus Tahun 2020.

“Sudah H-3 penutupan Donasi 1%, mari teman-teman kita berdonasi! (Karena) dengan berdonasi, kita dapat bersedekah, membantu program kerja Formadiksi UM, serta membantu bagi yang membutuhkan. Ikhlas Berdonasi, Sejukkan Hati Mahasiswa Bidikmisi!” tambah Rafi”i.

Demikian beberapa informasi mengenai perpanjangan Donasi 1% Periode Maret–Agustus Tahun 2020. Semoga bermanfaat dan tentunya jangan lupa untuk segera berdonasi ya teman-teman! Dalam setiap kebaikan yang kita lakukan, pasti akan ada kebahagiaan yang tidak terkira hadir dalam hidup kita.

Ikhlas Berdonasi, Sejukkan Hati Mahasiswa Bidikmisi!

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *