Tingkatkan Profesionalisme: Pengurus Inti Selenggarakan Rapat Koordinasi Bersama Ketua, Sekretaris, dan Bendahara Seluruh Program Kerja Formadiksi UM

Universitas Negeri Malang, Malang – Pengurus Inti Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) mengadakan rapat koordinasi bersama panitia inti seluruh program kerja yang akan dilakukan pada setahun periode kepengurusan ini. Dengan adanya rapat ini diharapkan kesiapan pelaksanaan program kerja dapat dipersiapkan mulai dari sekarang, mengingat akan memasuki libur semester genap. Ketua Formadiksi UM, Ade Setyawan Pratama mengungkapkan bahwa kegiatan ini penting diadakan untuk memberikan motivasi kepada panitia inti seluruh program kerja.

“Ini baru pertama kalinya. Saya integrasikan pemaparan informasi dari sekretaris dan bendahara tentang penulisan seluruh administrasi yang dibutuhkan, termasuk juga laporan keuangan. Karena kalau belajar dari pengalaman, kegiatan seperti ini ada kecenderungan tidak terlaksana, jika bendahara dengan bendahara sendiri, sekretaris, dan seterusnya. Ditambah dengan koordinasi rencana seluruh program kerja yang akan dilakukan dan memotivasi panitia inti, karena ini penting bagaimana kemudian mereka semangat dan saling memberikan semangat antara panitianya.”

Ketua Formadiksi UM juga menekankan agar Ketua Pelaksana dapat bertanggung jawab atas program kerja yang akan dilaksanakan. Ia mengungkapkan bahwa memegang tanggung jawab menjadi Ketua Pelaksana bukan hanya semata-mata untuk menyukseskan suatu program kerja saja, tetapi juga untuk membangun etos kerja dan tanggung jawab masing-masing individu untuk kemudian kelak menjadi individu yang siap terjun ke masyarakat.

“Inilah kemudian sebetulnya yang menjadi tanggung jawab moral saya, bukan hanya sekarang menjadi Ketua Formadiksi UM, tetapi juga saat saya menjadi Koordinator Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa. Saya memberikan perhatian besar, bagaimana outcome dari seseorang yang masuk menjadi anggota pengurus Formadiksi UM kelak menjadi individu yang cekatan, berdedikasi, bertanggung jawab, dan seterusnya melalui program kerja yang dilaksanakan. Karena itulah sebetulnya makna organisasi.”

Salah satu peserta rapat, Nanda Defi Aprilianto selaku Ketua Pelaksana Debate Training Program mengapresiasi adanya rapat koordinasi yang diadakan, sehingga ia terpacu untuk melakukan yang terbaik pada setiap pelaksanaan program kerja. “Pengurus inti selalu ada saja cara-cara untuk membuat Formadiksi UM lebih baik, sehingga mau tidak mau kami juga terpacu untuk juga selalu berusaha melakukan yang terbaik.”

Ditanya terkakit keefektifan dan kebermanfaatan kegiatan ini, Nanda Defi Aprilianto mengatakan bahwa kegiatan ini dirasa efektif, sehingga kedepan tidak mengulang kesalahan yang sama dalam hal administrasi dan pelaksanaan program kerja. “Efektif sekali, soalnya agar pemahamannya satu dan tidak mengulang kesalahan yang sama.”

Di akhir sambutannya, Ketua Formadiksi UM menambahkan bahwa setiap Ketua Pelaksana wajib memiliki usaha memotivasi anggota panitianya dan pandai membagi waktu dan pikiran, di tengah rapatnya kegiatan Formadiksi UM. “Kelola waktu, tenaga, dan pikiran untuk membagi rapat, deadline jobdesk antara satu kegiatan dengan kegiatan lain, dan kegiatan akademik tentunya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *