Torehkan Prestasi pada Lomba Esai se-Indonesia melalui Inovasi Implementasi Piezoelektrik

Formadiksi UM News – Kembali menorehkan prestasi, Ainun Na’im, mahasiswa penerima Bidikmisi Program Studi S1 Teknik Informatika angkatan 2019 meraih Juara Harapan 1 Kategori Multisektoral dalam ajang Call for Essay dengan tema “Infrastruktur dan Energi Bangun Negeri” yang diselenggarakan oleh PT. Hutama Karya (Persero). Alur ajang ini terbilang cukup panjang, mulai dari pendaftaran, pengumpulan karya, dan tahap 50 besar yang dilaksanakan pada 29 Januari–15 Maret 2021. Dilanjutkan dengan tahap final 10 besar yakni presentasi karya yang dilaksanakan secara online pada 3 April 2021. Puncaknya yakni pengumuman juara yang dilaksanakan pada 13 April 2021.

Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai Ainun Na’im, pada Rabu (14/4/2021). Kepada Reporter Formadiksi UM News, Na’im menyampaikan bahwa ia sangat bersyukur bisa memenangkan lomba dan mendapatkan apresiasi dari PT. Hutama Karya yang merupakan perusahaan di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Awal Na’im mengikuti ajang lomba esai ini ketika ia memperoleh informasi dari akun instagram miliknya.

“Saya mengikuti beberapa akun instagram milik perusahaan di bawah naungan BUMN. Nah, untuk lomba esai saya peroleh dari platform media instagram yang mempromosikan event lomba ini,” jelas Na’im.

Na’im sendiri sudah aktif menulis dan mengikuti lomba esai sejak duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA). Dalam sepak terjalnya, Na’im juga pernah menjuarai lomba kepenulisan lainnya, seperti pada ajang Young Creative Idea tahun 2020.

“Saya aktif menulis dan mengikuti lomba esai sejak duduk di bangku SMA. Namun, pada saat itu saya masih kesulitan dalam mencari fasilitas (laptop untuk mengetik) dan kesulitan untuk mencari referensi. Kalau lomba esai baru satu kali ini juara, tapi di kepenulisan yang lainnya ada yang pernah meraih juara. Seperti tahun kemarin, saya mendapatkan Juara 3 Bidang Gagasan Tertulis dalam event Young Creative Idea Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang (UM) pada 2020,” ujar Na’im.

Dalam perjalanannya, Na’im juga menemui batu kerikil, salah satunya adalah esai yang dibuatnya bukanlah bidang yang sesuai dengan bidang keilmuan yang ditempuhnya. Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi Na’im. Selain itu, untuk menghasilkan sebuah ide dan inovasi yang logis perlu mencari referensi yang lumayan banyak agar menemukan sebuah ide atau gagasan.

Pada lomba ini, ia memilih mengikuti tema multisektoral dan menawarkan sebuah inovasi implementasi piezoelektrik pada Jalan Tol Trans Sumatera.

“Saya menyampaikan sebuah inovasi yang mampu mengubah getaran jalan akibat dilewati kendaraan menjadi sebuah energi listrik. Dalam penerapannya, konstruksi jalan tol dapat dibagi menjadi tiga lapisan. Pertama lapisan atas yang terdiri dari beton dan aspal. Kedua lapisan piezoelektrik di mana pada lapisan ini komponen piezoelektrik disusun secara paralel di bawah lapisan beton. Ketiga adalah lapisan elastis yang diletakkan di bawah komponen piezoelektrik. Lapisan ini sangat bermanfaat untuk mencegah kerusakan pada piezoelektrik akibat tekanan berlebih. Melalui komponen piezoelektrik, sebuah getaran dan tekanan pada jalan akan dikonversi menjadi energi listrik, sehingga listrik ini dapat dimanfaatkan untuk mengurangi biaya operasional energi listrik pada Jalan Tol Trans Sumatera,” papar Na’im mengenai ide yang ia tuangkan dalam esai.

Di akhir sesi wawancara, Na’im membagikan tips dan trik untuk meningkatkan motivasi dan semangat menulis esai versinya.

“Menurut saya modal untuk menciptakan inovasi yang bisa dituangkan dalam bentuk apapun seperti esai adalah bagaimana kita mengasah jiwa kepekaan kita terhadap problematika yang ada di masyarakat. Selain itu, semangat berbudaya literasi dan membaca sangat penting dalam membuat ide serta tulisan yang berkualitas,” tutup Na’im.

Semoga hasil liputan Reporter Formadiksi UM News dengan Ainun Na’im tadi dapat bermanfaat untuk dijadikan motivasi dan pantang menyerah dalam mengukir prestasi.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Rosidatul Avivah

Editor              : Chaula Intan Charir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *