Unjuk Prestasi dalam Lomba Penulisan PKM di Fakultas Ilmu Sosial

Unjuk Prestasi dalam Lomba Penulisan PKM di Fakultas Ilmu Sosial

Formadiksi UM News – Kabar gembira dari pengumuman hasil Lomba Penulisan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM) yang diselenggarakan pada 28 Oktober–3 November 2020. Bahwa beberapa mahasiswa penerima Bidikmisi UM berhasil mengunjukkan prestasi atas hasil kreativitasnya. Terdapat 16 mahasiswa penerima Bidikmisi UM sebagai ketua tim yang berhasil memborong predikat juara dari berbagai jenis PKM yang ada.

Pada Sabtu (28/11/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai tiga mahasiswa penerima Bidikmisi UM sebagai ketua tim, yang mana timnya berhasil meraih juara dalam ajang ini. Para narasumber membagikan tips kepada kita semua agar dapat menulis PKM yang baik dan tentunya dapat menggapai prestasi. Yuk, mari kita simak tips tersebut!

Nida Khoirunisa mahasiswa penerima Bidikmisi UM angkatan 2019, S1 Pendidikan Sosiologi sebagai ketua tim yang meraih Juara 1 (PKM-P)

“Mengumpulkan niat, yang merupakan hal terpenting. Kemudian menentukan dan memahami jenis PKM apa yang akan dipilih. Jangan lupa berkonsultasi dengan dosen pembimbing karena dosen pembimbing akan mengarahkan kita, kita akan mengetahui di mana letak kesalahan kita saat menulis proposal. Mencari tim yang benar-benar kita kenali agar lebih gampang untuk bekerja sama,” papar Nida.

Jumadi mahasiswa penerima Bidikimisi UM angkatan 2018, S1 Geografi sebagai ketua tim yang meraih Juara 2 (PKM-K)

“Pahami terlebih dahulu Pedoman PKM. Tentukan ingin membuat jenis PKM apa, temukan masalah yang ada di sekitar kita dan solusi yang kita tawarkan. Dari situ dapat dianalisis untuk membuat judul yang baik. Satu lagi, carilah data judul-judul PKM yang lolos Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) yang akan menambah wawasan kita untuk membuat judul PKM,” jelas mahasiswa Jurusan Geografi tersebut.

Jumadi juga membagikan apa yang menjadi latar belakang atau motivasinya untuk mengikuti ajang pada fakultasnya tersebut.

“Karena di tahun 2020 pernah mengajukan dua judul PKM-K, satu judul yang lolos pendanaan. Namun, tidak lolos di PIMNAS 33. Oleh karena itu, selagi ada kesempatan lomba PKM tingkat fakultas. Saya berusaha untuk mendapatkan juara,” ungkap Jumadi.

Kusuma Dewi mahasiswa penerima Bidikimisi UM angkatan 2017, S1 Pendidikan Geografi sebagai ketua tim yang meraih Juara 1 (PKM-AI)

“Baca panduan PKM-nya, pelajari pola tulisan PKM yang diikuti, banyak membaca proposal PKM, dan latihan dengan menulis di berbagai event kepenulisan lainnya. Apapun yang kita inginkan, berusahalah dan rayulah Allah. Ingatlah kata kun fayakun. Selalu semangat berprestasi untuk memberikan senyuman pada diri sendiri, orang tersayang, dan bahkan negara ke depannya nanti,” seru Dewi.

Itu tadi merupakan tips dari teman-teman kita agar kita dapat menulis PKM dengan baik serta dapat berhasil untuk menggapai prestasi. Selain ketiga narasumber tersebut, terdapat beberapa nama mahasiswa penerima Bidikmisi UM sebagai ketua tim yang berhasil menorehkan namanya bersama timnya dalam ajang Lomba PKM tingkat fakultas, tepatnya Fakultas Ilmu Sosial UM, sebagai berikut:

  • Reny Faizatul Maulidah mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan IPS beserta tim, meraih Juara 2 (PKM-P).
  • Okvani Umikasari mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 3 (PKM-P).
  • Bella Fadhilatus Sanah mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 1 (PKM-M).
  • Nurin Nazlah mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sejarah beserta tim, meraih Juara 3 (PKM-M).
  • Catur Dian Rahayu mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara Harapan 2 (PKM-M).
  • Indhit Indari Monassa mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Geografi beserta tim, meraih Juara Harapan 3 (PKM-M).
  • Fitri Ariska mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan beserta tim, meraih Juara 1 (PKM-GT).
  • Thoinatul Husna mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 2 (PKM-GT).
  • Nadya Pramudiana Fariza mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 3 (PKM-GT).
  • Frandika Haris Nando mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Geografi beserta tim, meraih Juara 1 (PKM-K).
  • Adjeng Afidah Nurrohman mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 2 (PKM-KC).
  • Putri Clariza Nurrohman mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 3 (PKM-KC).
  • Inhu Wahid Dhiya ‘Ulhaq mahasiswa penerima Bidikmisi UM, S1 Pendidikan Sosiologi beserta tim, meraih Juara 2 (PKM-GFK).

Nah, demikian ulasan prestasi yang tentunya akan menambah semangat kita untuk berprestasi ke depan. Jadi jangan ragu, ukir prestasi, dan yakinlah atas usaha kita. Tetap semangat untuk berprestasi.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Reporter          : Ayu Anggraeni Wulansari

Editor              : Chantika Putri Ana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *