Upacara Peringatan Pancasila, Rektor UM Beri Pesan untuk Mahasiswa Bidikmisi

LAPANGAN GRAHA REKTORAT UM, Formadiksi UM News – Sabtu (1/6/2019), civitas akademik Universitas Negeri Malang melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila. Bertempat di Lapangan Graha Rektorat Universitas Negeri Malang, kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 07.15 WIB hingga sekitar pukul 08.15 WIB. Adapun pembina upacara, yakni Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Upacara yang juga dilaksanakan di tengah-tengah Bulan Ramadan ini diikuti oleh jajaran dosen, tenaga pendidik, dan sebagian mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Sama halnya dengan upacara-upacara peringatan lainnya, disampaikan amanat oleh pembina upacara. Dalam hal ini, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd menyampaikan bahwa Pancasila harus tertanam dalam hati untuk selanjutnya dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Bagi Bangsa Indonesia, Pancasila itu final dan harga mati. Pancasila sebagai satu keyakinan dan pendirian yang asasi, harus terus diperjuangkan. Proses internalisasi sekaligus pengamalan nilai-nilai Pancasila, harus dilakukan secara berkesinambungan. Pancasila harus tertanam dalam hati sanubari yang tulus dan suci untuk selanjutnya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.”

Usai upacara berlangsung, Reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk melakukan wawancara dengan Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. Pada kesempatan tersebut, Mahasiswa Bidikmisi diberikan suatu pesan terkait pentingnya suatu perwujudan nilai-nilai Pancasila.

“Pesan untuk mahasiswa, khususnya Bidikmisi, dengan adanya peringatan hari lahirnya Pancasila ini semoga senantiasa dapat mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Bagi yang beragama Islam, puasa Ramadan yang saat ini dijalani merupakan pengamalan Pancasila sila pertama. Begitu pula untuk ke depannya dalam menjalani kehidupan kampus, semoga mahasiswa khususnya Bidikmisi dapat benar-benar paham dan mewujudkan nilai-nilai Pancasila, sehingga ke depannya juga dapat memberikan dan menebarkan manfaat bagi masing-masing pribadi maupun lingkungan sekitarnya, terlebih untuk bangsa dan negara.”

Seperti pesan yang disampaikan oleh Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd, semoga Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang dapat senantiasa mengamalkan nilai-nilai Pancasila guna menyongsong kehidupan penuh manfaat ke depannya. Amin.

Selain pesan untuk Mahasiswa Bidikmisi UM yang disampaikan langsung oleh Rektor Universitas Negeri Malang, Formadiksi UM juga menyuguhkan karya terkait Hari Lahirnya Pancasila yang ditulis oleh Mahasiswa Bidikmisi UM Fakultas Teknik (Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas) dan Mahasiswa Bidikmisi UM Fakultas Ekonomi (Tisya Aulia Yulianti). Check it out!

Puisi “Lima Dasar yang Selalu Menjadi Harapan Rakyat dan Negara” karya Muhamad Fiqran: http://formadiksi.um.ac.id/lima-dasar-yang-selalu-menjadi-harapan-rakyat-dan-negara/

Puisi “Pancasila” karya Tisya Aulia: http://formadiksi.um.ac.id/pancasila/

Selamat membaca!

 

Reporter          : Amanatul Haqqil Ibad

Editor              : Nadya Erawati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *