Yuk, Baca Pengalaman Pejuang Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM 2019!

MALANG, Formadiksi UM News – Serangkaian kegiatan Open Recruitment Pengurus Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) tahun 2020 telah dimulai. Pada Jumat (24/1/2020) poster dan segala informasi seputar open recruitment telah diunggah dan dibagikan melalui berbagai akun media sosial Formadiksi UM. Open recruitment ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) angkatan 2017-2019, baik dari kampus pusat UM, Kampus II UM (Sawojajar, Malang), dan Kampus III UM (Blitar).

Guna memberikan gambaran umum seputar tahapan open recruitment tahun lalu kepada para peserta yang akan mengikuti open recruitment di tahun 2020 ini, maka Reporter Formadiksi UM News telah merangkum beberapa pengalaman para pejuang open recruitment tahun 2019 sebagai berikut:

Check it out!

Bagaimana pengalaman Anda saat mengikuti Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM  tahun 2019?

Dewangga Andhika, Anggota Divisi Hubungan Internal Mahasiswa (HIM) Formadiksi UM Tahun 2019: Penanggung Jawab Fakultas Sastra UM

“Dulu sempat bimbang saat daftar karena nggak ada teman yang kenal yang mau ikut juga, tapi akhirnya saya memberanikan diri daftar sendiri. Sebelumnya saya sempat menggali informasi akan seperti apa Oprec (Open Recruitment) Pengurus Formadiksi UM itu pada pengurus sebelumnya, terus berangkat lah saya di hari wawancara, interviewer-nya juga ramah. (Yang) paling saya suka adalah saat FGD (Focus Group Discussion), di sana saya membentuk tim dan berdiskusi dengan orang-orang baru, mendiskusikan hal-hal yang ringan. Sayangnya hanya sehari saja, pengen lanjut berhari-hari saking serunya. Terus beberapa hari kemudian ada pengumuman dan ternyata saya lolos.”

Usyri Tis Atin Al Fayni, Anggota Divisi HIM Formadiksi UM Tahun 2019: Penanggung Jawab Kampus III UM

“Seru sekali, apalagi saat diskusi (FGD) itu lo, kak. Kita bisa kenal banyak anak yang bukan dari Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) saja tapi juga dari jurusan lain di UM. Selain itu pengurusnya juga ramah sekali, pokoknya pas wawancara nggak menakuti. Apalagi aku yang dari Blitar disambut banget karena Kampus III UM meskipun jauh, tapi tetap semangat untuk ikut Oprec di Malang. Pokoknya nggak nyesel kalau ikut Oprec Pengurus Formadiksi UM.”

Jumadi, Anggota Divisi HIM Formadiksi UM Tahun 2019: Penanggung Jawab Fakultas Ilmu Sosial UM

“Pengalaman saya mengikuti Oprec Pengurus Formadiksi UM yang pastinya seru, menantang, dan menegangkan. Di mana saya harus menempatkan diri saya sebagai seseorang yang lugas, kritis, dan cepat dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, yang sebenarnya bukan merupakan kebiasaan atau keahlian saya. Jadi benar-benar pengalaman yang seru. Buat kalian semua jangan sampai melewatkan kesempatan untuk bergabung di Formadiksi UM 2020 ya!”

Dian Bagas, Anggota Divisi Informasi dan Komunikasi (Infokom) Formadiksi UM Tahun 2019

“Pengalaman mengikuti Oprec saya cukup menarik karena sistem yang ditawarkan oleh Formadiksi UM berbeda dari yang lain, terlebih pada sistem informasinya. Lalu ada FGD yang di dalam situ kita diberikan kasus lalu bagaimana kita bertindak dan berdiskusi atas kasus tersebut.”

Hal apa yang berkesan dalam serangkaian Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM  tahun 2019?

Agung Abdillah, Anggota Divisi Minat dan Bakat (Minbak) Formadiksi UM Tahun 2019

“Pertama, kalau mendengar open recruitment dari Formadiksi UM ini saya tak asing, karena saya dulu sebelum tahun 2019 juga pernah hampir daftar. Next, pada tahun 2019 ternyata ada lagi dan sebenarnya saya mengurungkan niat untuk daftar karena saya adalah angkatan yang bisa dibilang tua (angkatan 2016). Berhubung kayak hati ingin mencoba dan ingin mempunyai pengalaman, akhirnya saya mencoba mendaftar. Next, setelah saya memilih divisi, yaitu tes wawancara.”

“(Yang) tak bisa saya lupakan adalah tes diwawancarai oleh PI alias pengurus intinya (Formadiksi UM). Pada saat itu saya diwawancarai oleh wakil ketua, ya dia sempat syok saja kok saya ikut daftar karena juga sudah semester tua, kemudian saya diberikan pertanyaan-pertanyaan yang cukup wow! Sudah sih dari saya yang paling berkesan ya saat diwawancarai oleh wakil ketua tersebut, hehe. Bagi kalian semua yang ingin daftar, silakan ikutilah! Jangan bilang sudah terlambat, tidak ada kata terlambat bagi siapa saja yang sudah niat. Jika sudah niat pasti apapun bisa terjadi. Dari saya salam semangat!”

Gisha Ferlania, Anggota Divisi Dana dan Usaha (Danus) Formadiksi UM Tahun 2019

Kesan tahun lalu (open recruitment) adalah persiapan sangat mepet dan sudah terbawa down tatkala lihat yang up twibbon ada 160 lebih waktu itu dan yang diambil kisaran 30, kalau mau ditanya takut pasti. Apalagi yang daftar sama seperti divisi yang saya pilih banyak sekali peminatnya. (Yang) salut dari Formadiksi UM adalah rangkaian open recruitment yang sangat kekeluargaan, nggak ada sinis-sinisan. Apalagi FGD-nya, sapa coba yang ngadain FGD dalam rangkaian Oprec, kecuali Formadiksi UM.”

Rindiani S., Anggota Divisi Keilmuan dan Pengabdian (KP) Formadiksi UM Tahun 2019

“Sangat berkesan, terlebih sistem Oprec yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Interview dengan beberapa pihak,  bukan hanya satu orang saja. FGD di depan peserta lain juga sebagai sarana melatih kekuatan mental.”

Persiapan apa saja yang sebaiknya dipersiapkan oleh peserta?

Alin Septiana, Anggota Divisi Advokasi dan Kesejahteraan Mahasiswa (Advokesma) Formadiksi UM Tahun 2019

“Administrasi lengkap, tahu informasi tentang keformadiksian dan divisi yang dituju untuk mengikuti Oprec.”

Fitri Ilmayasari, Anggota Divisi HIM: Penanggung Jawab Fakultas Psikologi Formadiksi UM Tahun 2019

“Persiapan mental dan informasi terkait keformadiksian serta divisi yang dipilih.”

Apa harapan Anda untuk Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM tahun 2020?

Nadya Erawati, Anggota Divisi Jurnalistik Formadiksi UM Tahun 2019

“Semoga di Open Recruitment Pengurus Formadiksi UM 2020 didapatkan bibit-bibit unggul yang mempunyai banyak inovasi. Siapapun yang akan dipilih menjadi Pengurus Formadiksi UM 2020 nantinya, semoga kan menjadi pengurus yang amanah dan selalu ingin belajar hal-hal baru di Formadiksi UM. Tentunya harus ikhlas dalam menjalankan amanah yang sudah diberikan.”

Usyri Tis Atin Al Fayni, Anggota Divisi HIM Formadiksi UM Tahun 2019: Penanggung Jawab Kampus III UM

“Harapan untuk peserta tahun ini kalau diterima jaga amanah yang sudah diberikan Formadiksi UM, kalaupun tidak diterima jangan dendam. Karena semuanya yang menjadi peserta sudah melakukan yang terbaik, hanya saja mungkin belum jodohnya jadi Pengurus Formadiksi UM.”

Pada Sabtu (25/1/2020), Reporter Formadiksi UM News telah mewawancarai Ketua Formadiksi UM tahun 2020, Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas memberikan sedikit gambaran mengenai Formadiksi UM.

“Formadiksi UM mengajarkan bagaimana harus memanajemen diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan dengan mengedepankan jalinan kekeluargaan yang satu sama lain saling merasakannya,” ungkapnya.

Muhamad Fiqran juga memberikan gambaran umum dan harapan terhadap kegiatan open recruitment tahun 2020 ini.

“Pasti banyak karakter yang terpendam yang mereka (peserta Oprec) miliki, namun inilah waktunya untuk unjuk diri kepada Formadiksi UM. (Karena) kami butuh keahlian dan keterampilan bukan hanya ucapan semata. Harapannya dengan adanya orang-orang yang terampil, maka segala sesuatu yang menjadi perbaikan dalam Formadiksi UM dapat diselesaikan dengan baik,” tutupnya.

 

Reporter          : Chantika Putri Ana

Editor              : Chantika Putri Ana  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *