Yuk Ikut Lomba Cipta Opini, Simak Tips Triknya Ya!

Formadiksi UM News – Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) 2019 baru dibuka. Yuk, ikutkan? Bagi teman-teman Mahasiswa Bidikmisi UM yang ingin mengikuti  Lomba Cipta Opini Formadiksi UM 2019, yuk simak tips juara lomba cipta opini yang telah kami rangkum dari narasumber yang berpengalaman di bidang opini lho! Narasumber kali ini adalah Fitriyanti Bunga Rindang Utami Wiyono, Mahasiswi Bidikmisi UM dari Fakultas Sastra angkatan 2017 yang berhasil menjadi Juara I Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang 2018 dengan karya opininya yang berjudul “Celah Kontribusi Seorang Konten Kreator dalam Dunia Pendidikan di Luar Ruang Belajar.”

Fitriyanti Bunga Rindang Utami Wiyono, Bunga sapaanya juga berhasil menghasilkan karya yang terpilih menjadi opini kontributor dibukukan dalam Lomba Opini Nasional Forkomsi FEB UGM dan Penerbitan Jejak Publisher.

Bunga membagikan tips persiapan yang harus diperhatikan oleh penulis opini.

“Menyesuaikan sama persyaratan lombanya sih. Lihat ketentuan dan tema. Kalau ada topik khusus yang mau diangkat, tentunya bahan berupa data-data penguat, agar opini kita nggak sekadar asal buat, itu kurang lebih,” jelas Bunga mengenai persiapan-persiapan yang biasa ia lakukan.

Selain tips persiapannya, Bunga juga membagikan tips dan trik cara membuat opini, terutama bagi pemula berdasarkan pengalamannya agar bisa menghasilkan opini yang terbaik. Tips dan trik dalam membuat opini sebagai berikut.

  1. Jangan Takut Mencoba

Menulis itu proses belajar, kalau satu dua kali dicoba terus berhenti, tulisan kita tidak bisa berkembang lebih baik dari sebelumnya.

  1. Mulai dari Topik-Topik atau Bahasan yang Kita Suka

Minimal dari topik yang disukai, karena biasanya kalau kita suka satu hal otomatis kita paham. Istilahnya tahu betul sama seluk-beluk hal yang disukai tadi.

  1. Banyak Membaca

Karena dengan membaca, kita tidak cuma belajar isi konten saja, tapi juga gaya atau cara penulis menyampaikan pesan.

  1. Evaluasi Tulisan

Evaluasi dari hal terkecil seperti EYD (Ejaan Yang Disempunakan atau sekarang ‘EBI’ Ejaan Bahasa Indonesia) dan tanda baca sampai isi konten. Kontennya sudah sesuai dengan tema atau belum, datanya ada yang kurang atau tidak.

Bunga juga berpesan kepada peserta Lomba Cipta Opini Formadiksi UM 2019 untuk selalu menyelesaikan karya-karyanya.

“Tulisan yang baik, adalah tulisan yang selesai. Kadang kita ada rasa nggak puas sama hasil akhirnya, kadang kita pengen berhenti karena idenya mandek, itu lumrah. Yang terpenting diselesaikan, sebisanya semampunya. Sebenarnya ini reminder buat saya juga sih dan mencoba mendisiplinkan diri saya sendiri,” ungkapnya.

Nah, banyak hal yang dapat kita terapkan untuk memaksimalkan kemampuan beropini kita ya teman-teman. Jangan ragu lagi untuk beropini! Ayo jangan ketinggalan, segera kirimkan opinimu di Lomba Cipta Opini Formadiksi UM 2019! Berikan hasil terbaik sebagai Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang 2019!

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

 

Penulis : Nadya Erawati

Editor  : Wawan Aprianto

One thought on “Yuk Ikut Lomba Cipta Opini, Simak Tips Triknya Ya!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *