Yuk, Intip Juara Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen 2020!

Formadiksi UM News Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen (OPC) Mahasiswa Penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah usai mengumumkan juaranya pada 15 Juni 2020. Peserta tahun 2020 sangat antusias mengikuti Lomba Cipta OPC Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020 yang dibuktikan dengan jumlah karya yang dikirimkan mahasisiwa penerima Bidikmisi UM.

“Alhamdulillah, antusias mahasiswa penerima Bidikmisi UM dalam Lomba Cipta OPC Tahun 2020 ini sangat baik. Dengan jumlah akumulatif sebanyak 85 karya peserta. Opini sebanyak 37 karya, puisi 27 karya, dan cerpen sebanyak 21 karya. Jadi, minat teman-teman dalam bidang kepenulisan cukup tinggi,” ungkap Ayu Anggraeni selaku Ketua Pelaksana.

Berikut adalah daftar nama pemenang Lomba Cipta OPC Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM Tahun 2020.

Kategori Opini

Juara I            : M. Mahfudz Anwar “Pendidikan Literasi Keuangan pada Anak”

Juara II           : Indri Febriani “Penerapan Konsep Civil Literacy dalam Aktualisasi

Literacy Community sebagai Peran Nyata Mahasiswa Indonesia”

Juara III          : Kartika Wahyuningsih “Benarkah Robot Berteknologi Artificial

Intelligence akan Menggantikan Peran Manusia?”

Kategori Puisi

Juara I            : Putri Shavira “Sudahkah Kau Dengar”

Juara II           : Moch. Syaifulloh “Sejak Impian Dicipta”

Juara III          : Laila Badriyatul Habibah “Usai Lepas”

Kategori Cerpen

Juara I            : Nurmala Arfany Arista “Mari Menanam Ibu di Halaman”

Juara II           : Rachel Michellia “Harmoni Kehidupan”

Juara III          : Indah Amellia “Selalu Ada Jalan, Fa”

Reporter Formadiksi UM News juga berkesempatan mewawancarai peraih Juara 1 Lomba Cipta Opini Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM 2020 pada Selasa (16/6/2020), yaitu M. Mahfudz Anwar, Mahasiswa Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah angkatan 2018.

“Tentunya sangat bersyukur ya, Kak. Niat dan juga tekad yang kuat (harus dipersiapkan), sebenarnya saya cuma iseng saja, daripada di rumah saja nggak ngapa-ngapain, mending saya lebih produktif lagi. Salah satunya buat karya-karya seperti esai dan opini. Kebetulan saya lihat Formadiksi (UM) mengadakan lomba opini, saya kirim deh karya saya yang kebetulan temanya sesuai,” ungkap M. Mahfudz.

Adapun harapan setelah diadakannya Lomba Cipta OPC Mahasiswa Penerima Bidikmisi UM 2020 ini juga diungkapkan oleh Muhamad Fiqran Nurfan Pamungkas, selaku Ketua Formadiksi UM.

“Saya berharap kegiatan ini terus dapat berlanjut hingga tahun ke tahun dan berbeda tingkat dari tahun ini, sehingga mahasiswa penerima Bidikmisi dapat menuangkan ide-idenya dalam tulisan yang akan menjadi sebuah karya kepenulisan. Selain itu, mahasiswa penerima Bidikmisi pun dapat menunjukkan kemampuannya dibidang kepenulisannya. (Dan) jangan ragu bagi mereka yang belum berkesempatan di lomba ini, belajar menulis tidak ada salahnya, mencoba dan terus mencoba,” ujar Muhamad Fiqran.

Sekali lagi, selamat kepada para pemenang!

”Saya ucapkan terima kasih untuk teman-teman penerima Bidikmisi UM yang telah berpartisipasi pada Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen tahun 2020 ini. Selamat kepada para pemenang dan peraih 15 karya terbaik, serta bagi teman-teman semua jangan berkecil hati, tetap semangat dan terus berkarya,” imbuh  Ayu Anggraeni.

 

 

Reporter          : Gisha Ferlania Aminta Putri

Editor              : Anjani Nur Fitria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *