Yuk, Intip Keseruan Debate Training Programme (DTP) 2020!

Yuk, Intip Keseruan Debate Training Programme (DTP) 2020!

Formadiksi UM News – Pada Minggu (4/10/2020) telah dilaksanakan kegiatan simulasi lomba sekaligus Penutupan Debate Training Programme (DTP). Kegiatan ini berjalan lancar dan seru karena antusiasme peserta dalam simulasi lomba sangat baik. DTP merupakan program kerja Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) yang dinaungi oleh Divisi Minat dan Bakat (Minbak) guna mewadahi minat dan bakat mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Negeri Malang (UM) di bidang debat. Kegiatan yang mengusung tema “Melatih Mahasiswa Penerima Bidikmisi untuk Kreatif dan Bernalar Tinggi dalam Bersuara sebagai Generasi Penerus Bangsa” ini dilaksanakan secara online melalui Google Meet. Meski secara online, pelaksanaan DTP menghadirkan keseruan tersendiri. Yuk, intip apa saja rangkaian DTP 2020!

Kegiatan meet up dilaksanakan pada tanggal 10 September 2020 sedangkan pelatihan debatnya sendiri dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu mulai tanggal 12 September–3 Oktober 2020. Pelatihan debat ini diawali dengan pembukaan, kemudian penyampaian materi dari tentor, dilanjutkan simulasi debat, dan terakhir yakni penutupan. Puncak acara DTP ini yakni dilaksanakannya simulasi lomba, dan hal yang paling seru dan ditunggu peserta DTP yakni pengumuman peserta terbaik DTP tahun 2020. Adapun peserta terbaik DTP tahun 2020 ini yaitu:

  • Dewi Setio Putri, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam angkatan 2019.
  • Yudha Rian Pratama, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik angkatan 2019.
  • Indria Fatmawati, mahasiswa penerima Bidikmisi Jurusan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi dan Bisnis angkatan 2019.

Untuk mengetahui lebih jauh keseruan DTP 2020, pada Minggu (4/10/2020), Reporter Formadiksi UM News berhasil melakukan wawancara dengan beberapa narasumber di antaranya Agelgara Kusumo Putro selaku Tentor DTP, Dewangga Andhika Yuda selaku Koordinator Divisi Minbak, dan Dewi Setio Putri yang merupakan salah satu dari tiga peserta terbaik dalam DTP 2020. Berikut liputannya.

Motivasi mengikuti DTP 2020 ingin mengembangkan kemampuan public speaking

“Motivasi pertama, saya ingin mengembangkan kemampuan public speaking karena debat adalah salah satu bagian dari public speaking. Selain itu, saya merasa debat bukan suatu hal yang mudah karena dibutuhkan kemampuan untuk menyimak dan merespon dengan cepat. Saya merasa tertantang untuk melakukannya,” ucap Dewi Setio Putri.

Kesan yang dirasakan selama pelatihan debat

“Pelatihan DTP selama delapan pertemuan ini sangat seru! Tentornya asyik banget dan mau berbagi semua ilmu yang dimiliki kepada kami (peserta). Hal yang paling membuat dag dig dug itu ketika sehabis materi langsung dilanjutkan dengan simulasi debat karena di sinilah kadang saya merasa belum siap. Meskipun kegiatan simulasi debat dilakukan dari rumah, tapi perasaan grogi masih tetap terasa,” ungkap Dewi Setio Putri.

“Saya bersyukur karena seluruh usaha yang saya lakukan membuahkan hasil yang baik. Hal ini juga menjadi motivasi saya untuk terus mengasah kemampuan pada bidang ini,” tambah Dewi Setio Putri dalam mengungkapkan apa yang ia rasakan saat menjadi peserta terbaik pelatihan DTP 2020.

Kesan pelatihan debat ini bukan hanya dirasakan oleh peserta tapi juga dari Tentor.

“Saya senang sekali melihat antusiasme peserta. Mereka kelihatan sekali semangatnya untuk berprogres dalam kegiatan ini,” kesan yang dirasakan Agelgara Kusumo Putro, Tentor DTP.

Tips dan trik agar menjadi debaters terbaik juga disampaikan Tentor DTP

Selain kesan, Tentor DTP juga membagikan tips dan trik menjadi debaters terbaik.

“Mau membuka mata terhadap isu-isu nasional maupun internasional, kritis memaknai dan menilai isu-isu tersebut, memahami konstruksi debat, serta berlatih dengan berpartisipasi dalam event-event debat,” tambah Agelgara Kusumo Putro.

Tak lupa, ada pesan yang disampaikan narasumber kepada mahasiswa penerima Bidikmisi UM

“Kepada mahasiswa penerima Bidikmisi khususnya, bersyukurlah kepada Tuhanmu yang telah memberi kesempatan kepada kita untuk berkuliah tanpa mengeluarkan biaya. Syukur tersebut bisa kita wujudkan dengan meng-upgrade kemampuan diri, menunjukkan eksistensi, serta mengukir prestasi. Untuk peserta DTP khususnya, mari kita bertemu dan berteman, saling berbagi kemampuan, dan pengalaman. Tidak menjadi unggul pada sesi ini bukan berarti perjuangan telah berakhir. Tetap semangat untuk seluruh teman-teman penerima Bidikmisi. Mari bersama mengukir prestasi!” pesan Dewi Setio Putri.

Pesan kepada mahasiswa penerima Bidikmisi juga disampaikan oleh Tentor DTP.

“Maksimalkan segala potensi, peluang, dan kesempatan selama menjadi mahasiswa, khususnya mahasiswa penerima Bidikmisi UM untuk tujuan meningkatkan kemampuan diri,” ucap Agelgara Kusumo Putro.

Selain pesan, adapula harapan yang disampaikan oleh Koordinator Divisi Minbak kepada mahasiswa penerima Bidikmisi.

“Harapan saya ke depannya untuk mahasiswa penerima Bidikmisi secara umum, tetap semangat dalam meraih prestasi di masa pandemi ini, jangan jadikan pandemi sebagai alasan untuk berdiam diri. Bagi peserta DTP 2020, manfaatkan ilmu yang telah didapatkan di DTP sebagai bekal untuk meraih berbagai prestasi ke depannya serta jadikan DTP sebagai langkah awal untuk menghadapi tantangan yang lebih besar lagi di luar sana,” ungkap Dewangga.

Harapan untuk DTP selanjutnya

“Harapan saya, semoga kegiatan DTP berikutnya akan dikemas secara offline agar tantangannya lebih terasa, serta untuk sesi materi dapat dilangsungkan lebih panjang agar bisa mengulas hal-hal yang belum tersampaikan. Terima kasih tentor kami, Mas Agel. Terima kasih Formadiksi UM,” ucap Dewi Setio Putri.

Selain dari peserta, ada harapan yang disampaikan Koordinator Divisi Minbak.

“Dengan terselenggaranya DTP 2020, saya berharap peserta DTP 2020 mampu mengaplikasikannya di dalam kehidupan mereka khususnya mampu berbagi ilmu yang mereka dapatkan kepada orang lain. Apabila DTP diselenggarakan lagi di tahun depan, semoga semakin banyak yang berminat dan berkomitmen untuk menggali ilmu di program DTP ini,” tutup Dewangga.

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

Reporter          : Elsa Fatmasari

Editor              : Indra Setiawan

5 thoughts on “Yuk, Intip Keseruan Debate Training Programme (DTP) 2020!”

  1. Semoga tahun depan, DTP akan diselenggarakan lagi dengan rangkaian kegiatan yang tak kalah menarik dari sekarang.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *