Yuk, Lihat Daftar Pemenang Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019!

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) resmi menutup Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 pada Selasa (21/5/2019). Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 merupakan salah satu progam kerja Formadiksi UM yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Formadiksi UM yang ke-8. Lomba ini bertujuan untuk mewadahi kreativitas Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang dalam kepenulisan serta mengembangkan jiwa berkompetisi bagi Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang.

“Saya berharap Mahasiswa Bidikmisi UM dapat menuangkan ide-ide dan karya kreatif mereka di lomba (Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019) ini dan menjadi ajang show up diri mereka. Formadiksi UM memberikan wadah tentu juga berharap agar Mahasiswa Bidikmisi UM dapat meningkatkan motivasi untuk selalu berkarya dan meng-upgrade diri,” jelas Riduwan Prasetya selaku Ketua Formadiksi UM 2019.

Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 yang mengangkat tema “Pentingnya Eksistensi dan Esensi Formadiksi UM bagi Mahasiswa Bidikmisi UM” berlangsung sejak 20 April 2019 dengan sasaran peserta adalah Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang angkatan 2016 hingga 2019.

Selama pembukaan hingga penutupan, Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 ini mendapat respon yang cukup baik dari Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang. Hal ini terlihat dari banyaknya Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang mengirimkan karyanya pada perlombaan ini.

“Antusiasme peserta dalam Lomba Cipta Opini 2019 ini alhamdulillah sangat bagus dan ramai sekali yang berpartisipasi menyuarakan opininya untuk Formadiksi UM. Dapat dilihat pula dari banyaknya peserta yang berpartisipasi dalam lomba ini dari berbagai angkatan, ada yang 2018, 2017, 2016, pun juga 2015. Saya sangat senang dengan semangatnya teman-teman peserta untuk mengikuti lomba ini,” ungkap Nanda Ayu Luthfi Khofifah selaku Ketua Pelaksana Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019.

Pemenang Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019 diumumkan pada Kamis (30/5/2019) yang bertepatan dengan HUT Formadiksi UM ke-8. Berikut ini adalah nama-nama Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang yang berhasil menjadi tiga besar pemenang Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019.

Juara I : Amanatul Haqqil Ibad “Aktualisasi Formadiksi UM Melalui Eksistensi dan Esensi Sebagai Organisasi bagi Mahasiswa Bidikmisi UM”

Juara II : Dimas Putri Mega Pratesa “Keragaman Ada dari Kita dan untuk Kita”

Juara III : Amang Darmawan “Urgensi KMB (Kumpul Main Bareng) Guna Meningkatkan Eksistensi dan Esensi Formadiksi Universitas Negeri Malang”

Reporter Formadiksi UM News berkesempatan mewawancarai peraih Juara 1 Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi UM 2019, yaitu Amanatul Haqqil Ibad dari Jurusan Matematika angkatan 2017.

“Iya, jadi ini adalah lomba opini pertama saya. Beberapa kali mau ikut, sekitar 4 kali gagal terus. Berbagai kendala terjadi waktu itu, utamanya karena waktu. Bermodal time management yang belum ketok palu, saya mengalami kendala untuk mengikuti lomba. Tapi karena untuk semester ini ada suatu resolusi yang harus saya capai, ya saya jadi terpacu untuk memenuhi resolusi saya itu. Memperbaiki manajemen waktu dan diri. Karena ini yang pertama, saya ndak nyangka kalau bisa jadi juara. Satu pula, hehehe.”

“Semoga apa yang sudah saya tulis itu tak sekadar ‘kopong’ berjalan lalu hilang tanpa jejak, tapi juga bisa menjadi suatu cermin yang menunjukkan pentingnya kehadiran Formadiksi UM bagi Mahasiswa Bidikmisi UM. Terlebih setelah melihat sejarah ke belakangnya, yakni para penggagas Formadiksi UM yang berjuang untuk Mahasiswa Bidikmisi se-UM. Semoga di ulang tahunnya yang ke-8, Formadiksi UM tetap jaya, bersinar, dan tentunya menebar manfaat untuk sesama,” tutup Amanatul Haqqil Ibad.

Nanda Ayu juga berpesan kepada Mahasiswa Bidikmisi UM untuk mengikuti event Formadiksi UM selanjutnya, yaitu Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi 2019.

“Selamat untuk para pemenang Lomba Cipta Opini Mahasiswa Bidikmisi 2019, bagi yang belum berkesempatan mendapatkan juara bisa mengikuti event berikutnya dari Formadiksi UM, yaitu Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Mahasiswa Bidikmisi 2019 yang akan dilaksanakan bulan Juni nanti. Ikuti terus media sosial Formadiksi UM ya!” ujar Nanda Ayu Lutfhi Khofifah.

Reporter          : Nadya Erawati

Editor              : Ridwan Pria Maulana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *