Donasi 1%: Lukis Harapan dengan Aksi Kebaikan

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) sedang melaksanakan program kerja Donasi 1%, di mana terdapat dua periode dalam pelaksanaannya yakni periode pertama pada bulan Maret–Agustus tahun 2024 dan periode kedua pada bulan September tahun 2024–Februari tahun 2025. Program kerja ini diperuntukkan bagi mahasiswa penerima KIP Kuliah Universitas Negeri Malang untuk menumbuhkan jiwa peduli sosial dengan mendonasikan 1% dana living cost-nya untuk disalurkan kepada yang membutuhkan, seperti korban bencana alam. Selain itu, Donasi 1% digunakan sebagai pendukung keberlangsungan program kerja Formadiksi UM yang melibatkan mahasiswa penerima beasiswa KIP Kuliah, seperti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai (PKTIE). Donasi 1% bersifat sukarela dan tidak mengikat dalam hal nominal. Dengan kata lain, mahasiswa penerima KIP Kuliah dapat melakukan donasi secara sukarela, adapun nominal sebesar 1% dari dana living cost hanya sebagai acuan. Reporter Formadiksi UM News telah mengantongi beberapa informasi mengenai Donasi 1%, yuk simak hingga akhir!

Konsep dan Tema yang Diusung pada Donasi 1% Periode Maret–Agustus tahun 2024

Edestri Sihite selaku ketua pelaksana Donasi 1% menjelaskan bahwa konsep kegiatan ini dilaksanakan secara daring maupun luring. Donasi 1% secara daring dapat dilakukan melalui transfer ke rekening yang tercantum di Panduan Pendonasi Donasi 1%. Adapun donasi secara luring dapat dilakukan dengan datang langsung ke Sekretariat Formadiksi UM di Gedung Ormawa UM Lantai 2, Ruang 208 atau Gedung C1, Hotma UM (selatan Gedung UPT PTIK UM) pada pukul 09.00–16.00 WIB. Penghimpunan Donasi 1% ini kemudian dikelola oleh Bendahara Formadiksi UM. Donasi 1% pada periode pertama ini mengusung tema “Bersama Donasi guna Melukis Harapan dengan Aksi Kebaikan”. Dengan tema ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa semangat dan optimisme untuk saling tolong menolong.

Manfaat Dilaksanakannya Donasi 1% Periode Maret–Agustus 2024

“Manfaat dari Donasi 1% ini adalah dapat meningkatkan jiwa peduli sosial mahasiswa penerima KIP Kuliah UM dan bermanfaat untuk berbagai program kerja yang dijalankan oleh Formadiksi UM yang melibatkan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM agar bisa menyalurkan aspirasinya atau prestasinya dalam berbagai program kerja yang telah dibuat oleh Formadiksi UM,” ungkap Yunita Puspita Sari selaku Koordinator Divisi Dana dan Usaha pada wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News.

Pesan dan Harapan untuk Pelaksanaan Donasi 1% Periode Maret–Agustus 2024

Ada pula pesan dan harapan yang disampaikan oleh Trisna Claudio Battys Saputra selaku Ketua Formadiksi UM tahun 2024. Claudio berharap bahwa banyak mahasiswa penerima KIP Kuliah di Universitas Negeri Malang yang melakukan donasi karena dana hasil Donasi 1% ini nantinya akan digunakan untuk melaksanakan program kerja yang melibatkan mahasiswa penerima KIP Kuliah UM, seperti program kerja pelatihan. “Maka dari itu untuk seluruh mahasiswa penerima KIP Kuliah UM mari berdonasi agar kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk memfasilitasi mahasiswa penerima KIP Kuliah khususnya di Universitas Negeri Malang dapat terealisasikan dengan baik,” pesan Claudio.

Selain itu, Yunita Puspita Sari selaku Koordinator Divisi Dana dan Usaha juga mengungkapkan harapannya, “Harapannya semua mahasiswa penerima KIP Kuliah UM bisa berkontribusi untuk program kerja Donasi 1% karena manfaat dan tujuannya diperuntukkan bagi mereka dengan kata lain dana Donasi 1% ini kembali untuk mereka. Semoga apa yang sudah diberikan oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah UM dapat bermanfaat bagi kita semua.”

Jadi, diharapkan kepada mahasiswa penerima KIP Kuliah UM agar tidak ragu-ragu untuk mendonasikan dana living cost-nya karena hasil Donasi 1% ini dari kalian dan untuk kalian. Demikian informasi seputar Donasi 1%, semoga dana hasil donasi ini dapat bermanfaat bagi seluruh pihak khususnya penerima KIP Kuliah.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses!

 

Reporter: Najwa Azizah 

Editor: Najwa Azizah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *