Gelorakan Inovasi Dalam Keterampilan Ilmiah Melalui Pktie 2024

Formadiksi UM News — Sebagai bentuk kepedulian Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) terhadap kemampuan dan kreativitas mahasiswa penerima KIP Kuliah UM, khususnya dalam bidang kepenulisan karya tulis ilmiah dan esai, Formadiksi UM menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai (PKTIE). Kegiatan yang diusung oleh Divisi Keilmuan dan Penalaran ini dibuka pendaftarannya pada tanggal 12 Mei 2024 hingga tanggal 27 Mei 2024. Selaras dengan tema yang diusung yaitu “Bersinergi, Eksplorasi Potensi Diri Guna Mengembangkan Prestasi di Era Penuh Inovasi”, di mana melalui pelaksanaan program kerja ini diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi para penerima KIP Kuliah UM untuk lebih mengembangkan potensi di bidang kepenulisan, utamanya untuk membekali diri dengan kemampuan kepenulisan di era sekarang yang penuh dengan kemajuan teknologi dan inovasi di berbagai aspek kehidupan. 

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai kegiatan PKTIE tahun 2024, Reporter Formadiksi UM News berkesempatan untuk mewawancarai Aminatul Hasana selaku Koordinator Divisi Keilmuan dan Penalaran, Ayu Widayanti selaku ketua pelaksana PKTIE tahun 2024 dan Yonita Shelly Anggraeni selaku peserta PKTIE tahun 2023.

Urgensi Kegiatan PKTIE Tahun 2024

“Sebagai seorang  mahasiswa, bagi saya bekal keahlian di bidang kepenulisan itu sangat penting, utamanya pada bidang karya tulis ilmiah dan esai. Oleh karenanya, kegiatan PKTIE ini perlu diselenggarakan, dimana pelatihan ini memiliki banyak benefit yang bisa didapatkan, salah satunya yakni dibimbing langsung oleh tentor berpengalaman dari kalangan mahasiswa berprestasi UM, ilmu yang lebih mendalam mengenai kepenulisan terutama karya tulis ilmiah dan esai, relasi baru maupun sertifikat elektronik dengan teman yang sama-sama memiliki ketertarikan di bidang kepenulisan, dan masih banyak lagi,” tutur Ayu Widayanti.

Tidak hanya itu, Yonita juga mengutarakan tentang benefit yang didapatkan setelah mengikuti kegiatan PKTIE tahun 2023 “Manfaat  yang saya dapatkan dari kegiatan PKTIE tahun 2023, yaitu sertifikat pelatihan, sesi pelatihan yang dibimbing oleh tentor yang sudah ahli dibidangnya, serta menambah pengetahuan dan wawasan saya terutama dalam bidang kepenulisan esai dan karya tulis ilmiah. Selain itu, saya juga harus lebih peka dengan lingkungan sekitar, karena isu-isu sosial yang ada di sekitar dapat menjadi topik dalam esai ataupun karya tulis ilmiah,” terang  Yonita, peserta PKTIE 2023.

Alur Pendaftaran dan Sasaran Kegiatan PKTIE 2024

Pendaftaran PKTIE telah berlangsung sejak tanggal 12 Mei hingga 27 Mei 2024. Pendaftaran PKTIE sendiri dapat diakses oleh calon peserta melalui media sosial  Formadiksi UM. Mahasiswa penerima KIP Kuliah Universitas Negeri Malang yang memiliki ketertarikan dalam bidang karya tulis ilmiah dan esai dapat mengikuti PKTIE dengan mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi ketentuan lain yang berlaku, kemudian calon peserta diwajibkan untuk melakukan konfirmasi pada narahubung yang telah disediakan. 

Bentuk Kegiatan PKTIE tahun 2024

Pada kegiatan PKTIE tahun 2024 akan dilakukan secara daring dengan diawali meet up yang diisi dengan pemaparan teknis pelaksanaan pelatihan, jadwal pelatihan, tata tertib peserta pelatihan, pengenalan tentor, dan sesi tanya jawab. Dalam tahap pelatihan, peserta akan dibimbing oleh tentor-tentor ahli dalam bidang karya tulis ilmiah dan esai. Berlanjut ke rangkaian acara selanjutnya yaitu sesi simulasi presentasi beserta sesi tanya jawab antara peserta dan tentor.

Untaian harapan diselenggarakannya PKTIE 2024

Amina mengungkapkan harapannya terkait kegiatan PKTIE tahun 2024 nantinya dapat menjadi wadah bagi peserta untuk mendapatkan relasi dan wawasan baru terutama wawasan mengenai karya tulis ilmiah dan esai yang kemudian mampu mendorong semangat peserta untuk mengikuti perlombaan karya tulis ilmiah dan/atau esai.

Ditinjau dari banyaknya benefit yang didapatkan tentunya sangat menarik untuk diikuti oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah mengingat juga dalam PKTIE ini akan didampingi oleh tentor-tentor ahli yang akan bermanfaat bagi peserta ke depannya. Untuk lebih memahami alur pendaftaran PKTIE tahun 2024 teman-teman dapat membaca pada pranala https://formadiksi.um.ac.id/panduan-pendaftaran-peserta-pktie-tahun-2024/ Tunggu apa lagi, mari berpartisipasi pada PKTIE 2024 dan peroleh manfaatnya!

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses! 

 

Reporter : Sasmita Ningtias

Editor : Ninis Supriatin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *