Jejak Formadiksi UM: Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah

Formadiksi UM News – Dalam rangka mempererat solidaritas dan mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh Mahasiswa Penerima KIP Kuliah di Indonesia, Pusat Layanan Pendidikan Tinggi (Puslapdik) menyelenggarakan acara Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah selama 4 hari, yakni mulai pada hari Rabu (1/5/2024) hingga hari Sabtu (4/5/2024) yang bertempat Senayan–Jakarta. Acara yang dihadiri oleh 146 perwakilan mahasiswa tersebut menjadi momentum penting untuk berbagi pengalaman dan mendapat banyak motivasi dari para alumni penerima Bidikmisi berprestasi. Tidak hanya itu, Formadiksi UM juga turut serta dalam acara tersebut sebagai delegasi dari forum mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang, yang diwakili oleh Ketua Formadiksi UM tahun 2024, yakni Trisna Claudio.

Menyusuri Keseruan Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah tahun 2024

Selama empat hari, kegiatan Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah tahun 2024 pada hari pertama dimulai dengan pembukaan oleh Ketua Puslapdik RI dan Sekjen Kemendikbud Ristek RI, dilanjutkan dengan kunjungan ke Gedung Kemendikbud untuk bertemu langsung dengan Menteri Pendidikan, Bapak Nadiem Anwar Makarim. Selama acara, peserta mendapatkan materi inspiratif dan menghadiri puncak Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 di Stadion Gelora Bung Karno, di mana mereka diberi kesempatan untuk mendengarkan sambutan dari Menteri Pendidikan, yakni Bapak Nadiem Anwar Makarim. Selain itu, juga disuguhkan berbagai penampilan. Acara ditutup dengan perpisahan di hari keempat, peserta kembali ke daerah masing-masing dengan semangat baru untuk terus berjuang demi pendidikan yang lebih baik.

Tujuan dan Manfaat yang Diperoleh 

Dalam Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah diselenggarakan dengan tujuan utama untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional sekaligus untuk mempererat hubungan antar mahasiswa penerima KIP Kuliah di Indonesia. Tidak hanya itu, saling berbagi pengalaman dan diskusi seputar KIP Kuliah juga menjadi topik yang diperoleh dalam acara tersebut.

Selain itu dalam sesi wawancaranya bersama Reporter Formadiksi UM News pada Senin (6/5/2024), Claudio juga menambahkan, “Menurut saya, manfaat yang saya dapat setelah mengikuti kegiatan tersebut adalah bertambahnya jaringan relasi dengan mahasiswa dari berbagai instansi atau perguruan tinggi yang ada di Indonesia, sembari mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya.”

Pengalaman Paling Berkesan Bagi Claudio

Claudio, sebagai perwakilan Formadiksi UM merasa sangat senang bisa bertemu dengan orang-orang hebat dari seluruh penjuru Indonesia dan mendapatkan banyak ilmu setelah mengikuti kegiatan tersebut. 

Selain itu, Claudio juga memiliki pengalaman baru yang berkesan yaitu naik pesawat dan melihat Jakarta untuk yang pertama kalinya. “Pengalaman paling berkesan bagi saya yaitu bisa naik pesawat dan melihat Jakarta untuk yang pertama kalinya, ditambah bisa bertemu dengan orang-orang hebat,” ungkapnya.

Demikian liputan seputar kegiatan Temu Nasional Mahasiswa Penerima KIP Kuliah tahun 2024. Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi ajang yang tidak hanya memberikan ilmu, tetapi juga pengalaman berharga bagi para pesertanya. Diharapkan, kegiatan ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang dan memberikan manfaat yang lebih besar lagi bagi para mahasiswa penerima KIP Kuliah. Yuk! Ikuti terus informasi ter-update melalui media sosial Formadiksi UM.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses!

 

Reporter: Evi Himaturafiah

Editor: Evi Himaturafiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *