RAEKORWIL: Gaungkan Solidaritas Forum Bidikmisi Dan Kip Kuliah Se-Jawa Timur

Formadiksi UM News – Forum Mahasiswa Bidikmisi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) berkesempatan mennjadi bagian dari Rapat Evaluasi dan Koordinasi Wilayah (RAEKORWIL) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Banyuwangi, pada Sabtu (4/5/2024) hingga Minggu (5/5/2024). Inti kegiatan RAEKORWIL terletak pada evaluasi kinerja Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi dan KIP-K (FKMBK) Jawa Timur, serta menjadi wadah komunikasi antarpenerima Bidikmisi dan KIP Kuliah se-Jawa Timur untuk membahas permasalahan umum Forum Bidikmisi dan KIP Kuliah kampus. Reporter Formadiksi UM News berhasil mewawancarai Intan Mutiara, Ayu Pramitha Sari, dan Dea Aprilia Nur Hasanah selaku perwakilan dari Formadiksi UM. Yuk, simak liputannya!

Kegiatan RAEKORWIL bertujuan untuk  membahas permasalahan umum yang dihadapi oleh setiap Forum Bidikmisi dan KIP-Kuliah se-Jawa Timur dan sebagai evaluasi atas kerja dari masing-masing regional yang nantinya akan dilakukan diskusi secara bersama untuk menemukan solusi dari berbagai masalah tersebut, seperti yang diterangkan oleh Mutiara, “Tujuan dari kegiatan RAEKORWIL  yakni untuk melakukan evaluasi terkait kerja dari masing-masing regional mulai dari, regional Malang raya, Besuki raya, Kediri raya, dan  Suramadu. Kemudian, dilakukannya diskusi secara bersama-sama dengan kepengurusan wilayah Jawa timur, hingga menemukan solusi dari apa yang menjadi bahan diskusi, dimana hal tersebut digunakan untuk perbaikan kepengurusan baik regional maupun wilayah kedepannya.” 

Selain itu, Pramitha juga menjelaskan tujuan lain dari kegiatan RAEKORWIL yakni untuk menjalin dan mempererat tali silaturahmi dalam meningkatkan solidaritas dan kebersamaan serta rasa kekeluargaan antar mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP-Kuliah dari berbagai perguruan tinggi se-Jawa Timur, sebagai wadah komunikasi antar mahasiswa penerima Bidikmisi dan KIP-Kuliah se-Jawa Timur, salah satunya dalam merumuskan program kerja dan/atau agenda sebagai wujud pengabdian serta dedikasi terhadap bangsa dan negara.

Mutiara juga menyambung terkait rangkaian kegiatan. “Rangkaian dari kegiatan RAEKORWIL dimulai dari pembukaan, kemudian dilanjut pemaparan materi, FGD, evaluasi kerja masing-masing regional, makrab, field trip dan terakhir penutupan kegiatan,” jelas Mutiara.

Rasa syukur dan senang diungkapkan oleh Pramitha dan Aprilia karena menjadi bagian dari kegiatan RAEKORWIL. “Sangat bersyukur mendapatkan kesempatan ini karena bisa mendapatkan informasi dan pengalaman baru, salah satunya terkait apa saja permasalahan yang dihadapi oleh kampus lain dan bagaimana cara mengatasi permasalahan tersebut. Selain itu juga bisa mendapat relasi baru,” terang Pramitha. Perasaan antusias dan senang ditunjukkan oleh Aprilia ketika menjadi bagian dari RAEKORWIL, terlebih saat bertemu teman-teman dari mahasiswa penerima KIP Kuliah  lain dari ruang lingkup se Jawa timur. April juga mengungkapkan bahwa hal paling berkesan menurutnya ketika ia bisa bertemu secara langsung dengan pemateri dari ketua LLDIKTI.

Demikian liputan seputar kegiatan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Wilayah Jawa Timur, semoga melalui kegiatan ini, dapat menambah pengalaman dan wawasan baru, serta mempererat tali silaturahmi antarpenerima Bidikmisi dan/atau KIP Kuliah se-Jawa Timur. Yuk! ikuti terus informasi ter-update melalui media sosial Formadiksi UM.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses!

 

Reporter: Nailah Zahroh 

Editor: Aida Fachiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *