Teguhkan Tanggung Jawab Hingga Gapai Gelar Wisudawan Terbaik!

Formadiksi UM News – Wisuda adalah momentum yang dinanti oleh sebagian besar mahasiswa. Upacara pelantikan mahasiswa ini juga biasa dimanfaatkan sebagai wujud pembuktian kesungguhan dalam mengeksplorasi ilmu pengetahuan. Tak heran jika banyak mahasiswa yang berlomba-lomba menjadi lulusan terbaik saat wisuda tersebut, baik dalam prestasi akademik maupun nonakademik demi membanggakan semua pihak yang senantiasa mendukungnya. 

Keberhasilan diperoleh dari kerja keras yang diimbangi dengan doa dan kemauan kuat. Kerja keras yang tak kenal lelah akhirnya berbuah pada sebuah pencapaian. Kali ini Hartono, mahasiswa penerima Bidikmisi Fakultas Ilmu Sosial (FIS) angkatan 2019 dinobatkan sebagai Wisudawan Terbaik bidang akademik tingkat fakultas pada Wisuda Universitas Negeri Malang (UM) ke-124 yang digelar pada hari Sabtu (11/5/2024). 

Reporter Formadiksi UM News pada hari Minggu (12/5/2024) berhasil mewawancarai salah satu Wisudawan Terbaik, yakni Hartono. Penasaran dengan pengalaman dan kisahnya? Yuk, simak liputannya!

Perasaan Haru saat Pengukuhan Wisudawan Terbaik Tingkat Fakultas 

Tentu menjadi wisudawan terbaik tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Begitu pula dengan Hartono yang merasa senang, haru, dan bangga atas pencapaiannya tersebut. “Alhamdulillah, rasanya tidak menyangka bisa menjadi salah satu wisudawan terbaik pada wisuda ke-124 karena hal itu di luar ekspektasi saya,” syukur Hartono.

Motivasi dan Resep dalam Berprestasi

Penyulut semangat dalam diri setiap orang memang berbeda-beda. Penyulut semangat harus dicari bersama-sama agar dapat membakar semangat kita ketika semangat itu mulai turun. Salah satunya penyulut semangat menurut Hartono yakni tanggung jawab. Menjalankan kuliah dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab. Target dan tujuan juga tak kalah pentingnya selama menempuh pendidikan hingga menorehkan prestasi, salah satunya untuk membanggakan orang tua. Di sisi lain, Mengikuti organisasi ataupun perlombaan menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan. Meskipun begitu, Hartono sendiri mengaku lebih memilih mengikuti kegiatan organisasi, sebab ia beranggapan bahwa dampaknya bisa sampai kepada orang sekitar.

Pesan Untuk Mahasiswa KIP Kuliah UM

“Teruntuk adik-adik mahasiswa penerima KIP Kuliah UM, kita harus punya semangat lebih besar dalam belajar. Ingatlah bahwa kita adalah orang pilihan yang terpilih, orang-orang yang beruntung. Ingat pula KIP Kuliah adalah sebuah amanah besar yang tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas SDM dan mengentaskan kemiskinan. Oleh karena itu, kita harus sebisa mungkin untuk bermanfaat bagi orang lain, negara dan agama kita. Bukan hanya semangat, namun juga gaya hidup pun harus kita jaga. Jangan sampai menyalahgunakan atau mencederai amanah dan tanggung jawab yang telah diberikan kepada kita,” tutup Hartono.

Ulasan-ulasan yang telah dipaparkan pasti memiliki harapan kecil dibaliknya. Semoga penyulut semangat ini dan motivasi yang nantinya akan terbentuk dari benak para pembaca bisa menjadi pemantik untuk lebih semangat menjalani dunia perkuliahan. Selamat bagi para wisudawan yang telah menyandang gelar barunya dan semangat untuk menapaki satu langkah setelah perkuliahan ini.

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti!

KIP Kuliah! Generasi Muda Semangat Berprestasi!

Formadiksi UM! Sukses!

 

Reporter : Aida Fachiro

Editor : Aida Fachiro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *