Terbangkan Harapan Hingga Bunyikan Lonceng Kemenangan

Formadiksi UM News – Siapa yang tidak bermimpi menjadi mahasiswa dengan segudang prestasi dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan kampus, baik akademik maupun nonakademik? Menjadi mahasiswa merupakan sebuah privilege yang tidak semua orang bisa merasakannya. Dari sanalah muncul kesadaran untuk memanfaatkan privilege dengan semaksimal mungkin. Begitu halnya sosok Satya Eka Pangestu, mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan yang pada tahun pertamanya sebagai mahasiswa tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Pada tahun 2024 ini, Satya mendapatkan Juara II Desain Poster NEC (National Essay Competition) yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD) Administrasi Pendidikan di Universitas Negeri Malang. Reporter Formadiksi UM News akan mewartakan cerita di balik perlombaan yang diikuti Satya melalui wawancara pada Kamis (06/06/2024).  

Berawal dari ajakan teman berujung menang perlombaan, mungkin begitulah kalimat yang tepat dalam menggambarkan pengalaman Satya. Diketahui Satya mengikuti perlombaan di H-1 penutupan dan dibujuk teman karena sedikitnya anggota kelas yang ikut dalam perlombaan tersebut. Singkat cerita dengan keterbatasan waktu karena padatnya tugas kuliah dan organisasi, Satya berimajinasi dalam merepresentasikan esai yang dimiliki ke dalam gambar poster. Hingga pada akhirnya, saat awal pengumuman Satya tidak percaya bahwa poster nya masuk ke dalam penilaian dan mendapatkan juara II dalam perlombaan tersebut. Kesibukannya saat ini, Satya mengikuti Pelatihan Karya Tulis Ilmiah dan Esai (PKTIE) tahun 2024 untuk memperdalam kemahirannya di bidang kepenulisan terutama esai, yang diadakan oleh Formadiksi UM. Harapannya Satya mendapat ilmu dan pengalaman dalam membuat esai. 

Dalam sesi wawancara bersama Reporter Formadiksi UM News, Satya turut berbagi tips dan trik semangat dalam mengikuti perlombaan. Satya menjelaskan bahwa dalam mengikuti perlombaan jangan berharap menjadi juara atau pemenang tapi berharaplah mendapatkan pengalaman yang berkesan dan dari perlombaan mendapat sertifikat yang bisa menambah Sistem Kredit Ekstrakurikuler (SKE). Selain itu, Satya juga mengungkapkan ketika merasa jenuh, malas, dan stuck dalam menjalani sesuatu silakan beri waktu tubuh untuk istirahat dengan cara tidur, karena tidur merupakan waktu yang paling penting di tengah-tengah padatnya aktivitas. 

Satya juga menyampaikan pesan kepada teman-teman yang saat ini sama-sama berproses mewujudkan mimpi menjadi mahasiswa berprestasi dengan ikut berbagai perlombaan untuk tetap semangat. “Pesan saya tetap semangat serta jangan lupa menjaga pola tidur dan makan karena kalau sakit itu apa-apa tidak enak. Mau mengerjakan tugas kesusahan, mau lomba juga kesusahan apalagi berangkat kuliah. Jadi, lebih perhatikan kesehatan tubuh” tutup Satya. Berawal dari bujukan teman hingga akhirnya menjadi juara dalam perlombaan memacu semangat untuk terus berprestasi. Ayo manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin, karena kesempatan tidak datang dua kali!

 

Bidikmisi! Berprestasi Tiada Henti! 

KIP Kuliah! Generasi Muda, Semangat Berprestasi! 

Formadiksi UM! Sukses! 

 

Reporter: Cindy Mariska

Editor: Cindy Mariska dan Nailah Zahro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *