4 Bulan Berlalu, Begini Kebermanfaatan Rumah Baca Yang Dibentuk Formadiksi UM

Wagir, Malang – Forum Mahasiswa Bidikmisi Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) melakukan silaturahmi ke Dusun Bedali, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang (21/04). Dusun Bedali merupakan daerah yang disinggahi Formadiksi UM untuk mengabdi melakukan program kerjanya yaitu Formadiksi Untuk Negeri (FUN #5) pada bulan Desember 2017 di kepengurusan sebelumnya. FUN #5 adalah salah satu program kerja dari Divisi Keilmuan dan Pengabdian (KP) yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa sosial di kalangan pengurus Formadiksi UM maupun mahasiswa Bidikmisi UM karena sejatinya mahasiswa Bidikmisi berkewajiban untuk mendedikasikan dirinya untuk masyarakat.

Formadiksi UM melakukan silaturahmi ke Dusun Bedali ini bertujuan untuk mengetahui kebermanfaatan atas renovasi, pembaharuan, dan fasilitas yang telah dilaksanakan oleh Formadiksi UM dalam kegiatan FUN #5.

“Kunjungan kami ke Dusun Bedali ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi dengan Bapak Romadhon dan warga dari Dusun Bedali agar tidak terputus. Selain itu kami juga ingin mengetahui seberapa besar kebermanfaatan dari rumah baca yang telah kami bangun yang bertempat di rumah Bapak Romadhon.” ujar Riduwan Prasetya yang saat ini menjabat sebagai Koordinator Divisi Keilmuan dan Pengabdian.

Memang selama FUN #5 Formadiksi UM melakukan banyak pembaharuan di Dusun Bedali seperti merenovasi Tempat Belajar Quran (TPQ) dan mendirikan rumah baca. Renovasi TPQ dan rumah baca ini bertempatkan di rumah Bapak Romadhon. Walaupun kegiatan FUN #5 terhitung kurang dari seminggu, kebermanfaatan dari kegiatan ini bisa dirasakan sampai saat ini.

“Tau ndek kene digawe KKN 3 wulan mbek baksos seminggu, hasile manfaatan baksos seng seminggu, kekompakane kompakan seng seminggu, akeh e arek ya akehan seng seminggu. Kebermanfaatane sampek saiki ya manfaatan seng seminggu (pernah disini digunakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) 3 bulan dan bakti sosial (baksos) selama seminggu, hasilnya lebih bermanfaat baksos yang seminggu. Kekompakannya lebih kompak yang seminggu, banyaknya anak yang berpartisipasi juga lebih banyak yang seminggu. Kebermanfaatannya (fasilitas) sampai saat ini lebih bermanfaat yang seminggu).” tutur Bapak Romadhon.

Banyak kebermanfaatan yang dirasakan oleh warga Bedali atas pembaharuan yang dilakukan oleh Formadiksi UM untuk Dusun Bedali. Tak henti-hentinya Bapak Romadhon dan sekeluarga mengucapkan terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh Formadiksi UM.

“Alhamdulillah, saben sore mesti onok arek seng ngaji mbek moco buku. Ono arek seng gaene mek moco ae, ono seng nyilih bukune digowo balek (Alhamdulillah, setiap sore selalu ada anak yang mengaji dan membaca buku (di ruang baca). Ada anak yang biasanya membaca buku saja, ada pula yang meminjam buku untuk dibawa pulang.” ujar Bapak Romadhon menjelaskan.

Pengabdian Formadiksi UM ke Dusun Bedali telah memberi kesan tersendiri bagi warga Dusun Bedali khususnya Bapak Romadhon. Dalam hal ini Formadiksi UM selalu menunjukkan rasa perhatian dan mengutamakan kekeluargaan. Renovasi TPQ dan didirikannya tempat baca adalah wujud nyata kepedulian Formadiksi UM kepada Dusun Bedali. (Khusnul Khotimah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *